terakurat.comtempat-wisata– Munculnya tempat-tempat wisata baru diakui memang sempat menggeser kepopuleran tempat wisata lama yang dahulu juga tak kalah indahnya. Namun, beberapa tempat wisata yang terlihat tertinggal itu nampaknya sudah diperbarui. Tak disangka setelah diperbarui, ternyata jauh lebih bagus dan menarik. Penasaran dimana saja tempatnya? Yuk simak ulasan berikut:

Titik Nol Kilometer, Yogyakarta.

Kawasan Nol Kilometer merupakan sejumlah bangunan peninggalan Belanda. Disebut juga dengan loji, saat malam hari bangunan-bangunan di kawasan ini dihiasi lampu merkuri kekuningan yang memancarkan kesan romantis.

Di sini terdapat banyak spot foto bagi yang menyukai fotografi, selain itu banyak pedagang yang lalu lalang menjajakan kopi. Duduk-duduk santai di tempat wisata Jogja malam hari satu ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Alun Alun Kidul, Yogyakarta.

Salah satu spot tempat wisata Jogja malam hari yang banyak dikunjungi orang-orang di Jogja adalah alun-alun kidul. Di sana ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menyewa sepeda hias dan berkeliling.

Selain itu, wisatawan di alun-alun kidul juga bisa berwisata kuliner, karena di sana ada banyak pedagang makanan yang berjualan. Wisatawan bisa memilih makanan ringan ataupun makanan berat dan menikmati suasana Jogja di malam hari dengan teman-teman.

Alun-alun kidul juga identik dengan tradisi Masangin yang berkaitan dengan dua pohon beringin di alun-alun.

Sindu Kusuma Edupark, Yogyakarta.

Tempat wisata malam Jogja malam hari lainnya bisa kamu nikmati di Sindu Kusuma Edupark, di sini kamu akan menjumpai bianglala raksasa. Kalau kamu naik bianglala itu pada malam hari, maka kamu akan melihat keindahan kota Jogja malam hari. Wisata ini bisa menjadi wisata keluarga, jadi kalau kamu mau ngajak anak-anak boleh banget.

Baca juga  Wisata Realigi, Keraton Surosowan Banten.

Tak hanya satu wahana saja yang bisa kamu nikmati di sini, melainkan ada 10 wahana menarik yang bisa kamu coba. Harganya juga relatif murah. Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung menyambanginya di Jl Magelang KM 2, Sinduadi Mlati.

Tebing Breksi, Yogyakarta.

Tebing Breksi pada awalnya belum dijadikan tempat wisata Jogja malam hari. Kini, suasana malam yang ditawarkan di tempat ini memang terbukti indah. 

Jika kamu ke sini pada siang hari dan merasa sangat panas, kamu bisa mencoba kembali menjelang sore atau memasuki malam hari. Kawasan ini akan terasa begitu tenang dan romantis.

Seperti tempat-tempat wisata populer lainnya, kamu juga bisa memilih berbagai spot foto untuk mengabadikan momenmu di sini. Untuk lokasinya, Tebing Breksi terletak di Unnamed Road, Gn Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman.

Museum Angkut, Batu-Malang.

Museum Angkut Malang dibuka pada 9 Maret 2014 dan langsung menjadi salah satu rujukan para wisatawan di Jawa Timur. Bisa dibilang Museum Angkut Malang ini menjadi dahaga bagaimana kebutuhan edukasi mengenai transportasi yang ada di Jawa Timur.

Ditambah lagi museum yang dikembangkan oleh Jawa Timur Park Group ini juga mengombinasikan antara edukasi dan juga entertainment. Jadi, wajar jika kamu akan melihat banyak sekali keluarga yang mengunjungi museum ini, nggak hanya anak-anak atau orang tua saja.


Buat kamu yang ingin menuju ke Museum Angkut Malang, kamu bisa menuju ke pusat Kota Batu terlebih dahulu. Dari Surabaya, jarak menuju Malang ini hampir 100 kilometer dengan jarak tempuh rata-rata 2 jam. Sekarang sudah ada tol yang menghubungkan Surabaya-Malang, jadi kamu bisa lebih cepat menuju ke Malang atau sebaliknya.

Dari Malang, kamu bisa menuju ke arah utara untuk menuju ke Alun-Alun Kota Batu. Kota Batu merupakan daerah perbatasan antara Kediri, Jombang, dan juga Mojokerto.

Baca juga  5 Tempat Wisata Anak di Bali Yang Seru & Juga Romantis


Harga tiket Museum Angkut Batu Malang di hari biasa maupun di akhir pekan:

Hari Senin-Kamis (weekdays)  : Rp. 70.000,-
Hari Jumat-Minggu (weekend) : Rp. 100.000,-


*Tiket tersebut sudah termasuk masuk ke dalam wahana D’Topeng dan juga Runway 27 yang ada di dalam Museum Angkut Malang.

Jam operasional dari Museum Angkut Malang: 12:00WIB – 20:00WIB.

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang charge tambahan yang ada di Museum Angkut Malang:

Tinggi badan 85 cm ke atas akan dikenakan pembayaran tiket penuh kamu harus membayar tiket kamera jika kamu membawa kamera berjenis Polaroid, DSLR, Kamera Digital, Handycam, dan sejenisnya. Perkecualian adalah smartphone.

BNS, Kota Batu-Jawa Timur.

Batu Night Spectacular (BNS) adalah sebuah lokawisata yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. Hanya beroperasi pada malam hari. BNS menggabungkan konsep pusat perbelanjaan, permainan, olahraga, dan hiburan di dalamnya.

BNS berada dalam grup Jatim Park Group. Memiliki sebuah arena penampilan multimedia dengan panjang layar 50 meter yang diklaim sebagai yang terpanjang di Indonesia.

Malang Night Paradise, Malang-Jawa Timur.

Malang Night Paradise adalah tempat wisata keluarga di Malang dengan tema glowing atau gemerlap yang unik di Malang Jawa Timur. Menawarkan 2 taman hiburan di satu lokasi yaitu taman dinosaurus dan taman lampion.

Wisata ini menghadirkan beberapa replika Dinousaurus yang berjaya pada jamannya dahulu. Malang Night Paradise diciptakan dengan sangat mempesona yang akan memanjakan mata dan mengoda kamu untuk segera mengabadikan momen tersebut.

Daya tarik utama dari MNP berupa Taman Lampion yang begitu cantik seperti halnya Lampion Garden di Batu Night Spectacular dan festival of light Sindu Kusuma Edupark. Berbagai bentuk lampion bisa kamu temukan di sana, mulai dari lampion burung merak, guci rusia, angsa, bunga mawar, panda, jamur, colosseum Italia, hingga kincir angin khas Belanda.

Baca juga  Inilah Kampung Pelangi Semarang yang Inovatif dan Unik, Patut untuk Dikunjungi!

Tak hanya itu, terdapat pula kerlap-kerlip lighting tunnel yang bagus untuk spot foto futuristik karena seolah-olah sedang masuk ke lorong waktu. Asyiknya lagi, ada dancing water fountain (air mancur menari) dan flower shop LED warna-warni sehingga membuat suasana menjadi semakin romantis.

Sebagai salah satu destinasi wisata Malang terbaru untuk keluarga, Malang Night Paradise terbilang sukses dalam menarik minat wisatawan. Terbukti dengan cukup banyaknya pengunjung pada akhir pekan atau pun libur panjang. Hal ini tentu saja berkat dukungan fasilitas di dalamnya yang membuat pengunjung betah.

Harga tiket masuk ke Malang Night Paradise dibanderol sekitar 50 ribu rupiah saat weekday (Senin – Kamis), dan 65 ribu rupiah ketika weekend (Jumat – Minggu).

Harga tiket tersebut sudah termasuk tarif wahana, kecuali Magic Journey, Adventure Land, dan Museum Ganesya.

Jam buka operasional MNP mulai pukul 18.00 – 23.00 WIB, sedangkan museum Ganesya buka pukul 10.00 – 22.00 WIB.

  • Tiket Masuk Weekday (Senin – Kamis) : Rp.50.000,-
  • Tiket Masuk Weekend (Jumat – Sabtu) : Rp.65.000,-
  • Magic Journey : Rp.40.000,-
  • Adventure Land : Rp.20.000,-
  • Museum Ganesya : Rp.40.000,-

Lokasi :

Jl. Graha Kencana Raya Jl. Raya Karanglo No.66, Karanglo, Balearjosari, Kec. Blimbing, Malang, Jawa Timur.

Rute jalan menuju ke sana sebenarnya mudah, tapi alangkah baiknya kamu memakai kendaraan pribadi. Hal ini karena jam bukanya malam hari sehingga kemungkinan angkot sudah tak beroperasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here