Terakurat.com – Sumber Vitamin C Saat Sahur – Pada saat kita sedang berpuasa, maka asupan dan makanan anda pasti tidak sama seperti pada hari biasanya. Kurangnya asupan makanan dan minuman ini dapat membuat kebutuhan gizi dan vitamin anda tidak terpenuhi dengan baik. Salah satunya adalah kebutuhan Vitamin C untuk tubuh.

Nah, kamu juga masih bisa memenuhi kebutuhan vitamin C pada saat sahur. Kira-kira apa saja? simak berikut ini makanan dan minuman yang mengandung vitamin C.

Buah dan Sayuran Sumber Vitamin C Saat Sahur

Vitamin C atau asam Askorbat adalah salah satu bagian yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dikarenakan Vitamin C bermanfaat sebagai anti oksidan yang bertugas untuk melindungi kerusakan sel-sel tubuh yang di akibatkan dari paparan radikal bebas. Asupan vitamin C ke dalam tubuh bisa melalui konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C, Suplemen, maupun bisa juga dengan suntik vitamin C.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C saat berpuasa maka kamu bisa memasukkan buah dan sayuran berikut ini ke dalam menu sahur anda.

Jambu biji

Selain buah jeruk salah satu buah yang bisa menjadi sumber vitamin c adalah buah jambu biji karena kandungan vitamin C pada 100 gram jambu biji bisa mencapai 108 mg vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah jambu biji bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk.

Vitamin C yang terdapat pada buah jambu biji bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh serta memiliki sifat sebagai zat anti inflamasi. Jika kamu tidak menyukai memakannya secara langsung maka kamu juga bisa menjadikan buah ini sebagai jus.

Buah apel

Kandungan vitamin C yang terdapat Apa baik itu buah apel merah ataupun buah apel hijau juga cukup tinggi. Yang terdapat pada 100 gram buah apel sebanyak  5 MG vitamin C. Kamu dapat mengonsumsi buah apel ini untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada saat sahur, Selain itu kamu juga bisa menyantap buah ini sebelum makan makan utama pada saat sahur.

Baca juga  Efusi Pleura, Gejala dan Penyebabnya

Buah pepaya

Selain kandungan vitamin c-nya yang tinggi pada buah pepaya ternyata buah Pepaya juga mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C pada 157 gram buah pepaya bisa mencapai 95, 7 mg. Manfaat lain dari buah pepaya adalah mampu melancarkan metabolisme pencernaan tubuh.

Strawberry

Strawberry merupakan salah satu jenis buah dari kelompok buah Berry. Kandungan vitamin C pada 100 gram buah strawberry yaitu sebanyak 83 MG vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah strawberry ini sangat bermanfaat membantu mencegah radikal bebas dan mencegah peradangan serta mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

Markisa

Buah yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C pada saat sahur adalah buah markisa. Buah markisa ini memiliki beberapa kandungan diantaranya vitamin C, serat, kalori dan juga protein. Kandungan vitamin C pada 100 gram buah markisa adalah sebanyak 72 MG vitamin C.

Kubis

Meskipun banyak orang yang tidak menyukai kumis karena rasanya yang sedikit khas namun kubis juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Karena 100 G mengandung 92,6 MG vitamin C.

Mengkonsumsi kopi setiap hari bisa mencukupi kebutuhan serat sekitar 5 gram, 50 kalori dalam 3,76 gram protein.

Brokoli

Berapa kali dimasak sebagai sup, bubur, atau masakan lain. Brokoli yang memiliki bentuk seperti kembang kol namun berwarna hijau padat. Di dalam 100 gram brokoli ditemukan 49 MG kandungan vitamin C, 3 gram serat, dan 1,76 gram protein. Kandungan vitamin C yang terdapat di brokoli sangat baik untuk mencegah kanker dan sebagai antioksidan tubuh.

Labu kuning

Labu kuning banyak disukai oleh orang tua karena labu kuning memiliki rasa yang lembut dan juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan selain itu labu juga bisa dijadikan Sumber Vitamin C Saat Sahur. Di dalam 100 gram labu kuning ditemukan kandungan 23 MG vitamin C, Selain itu labu juga mengandung serat hingga 2,1 gram, 23 protein. Kandungan vitamin C di dalam buah labu kuning juga berperan untuk melawan radikal bebas, mencegah kanker dan mengurangi resiko efek penuaan dini.

Baca juga  Susu Peninggi Badan Terbaik Berkalsium Tinggi Cocok Untuk Anak dan Remaja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here