Terakurat.com – Teknik Dasar Sepak Bola – Sudah tidak diragukan lagi apabila sepak bola merupakan salah satu cabang olah raga yang penggemarnya paling banyak di dunia, bahkan disebut-sebut sebagai yang terpopuler di Indonesia. Hampir di setiap negara memiliki liga sepak bola mereka masing-masing.

Namun, beberapa negara di Eropa telah menjadi kerajaan bagi sepak bola, dimana setiap para pemain bola selalu ingin bermain di Eropa. Bahkan beberapa tim seperti Barcelona, Juventus, Manchester United serta tim besar lainnya memiliki fan base yang masif dan fanatik di seluruh penjuru dunia.

Saat ini sepak bola telah memudidaya di masyarakat dunia, termasuk juga indonesia. Hal ini dapat dilihat dari fanatisme tiap pendukung tim sepak bola yang mereka kagumi, serta euforia yang sudah terbentuk sepeti mengharuskan seseorang untuk dapat bermain sepak bola.

Nah, maka dari itu, berikut ini informasi mengenai teknik dasar sepak bola beserta penjelasanya.

Teknik Dasar Sepak Bola

Teknik menggiring bola

Teknik yang pertama ini merupakan teknik yang sangat dasar dan wajib kamu kuasai sebelum menguasai teknik-teknik lainnya. Teknik menggiring bola atau dribbling dilakukan dengan cara membawa bola menggunakan kaki sekaligus mengontrol lajunya.

Speed Dribbling dan Closed Dribbling

Dalam dribbling, dikenal juga dengan teknik speed dribbling, dimana kamu akan berlari membuang bola ke depan dan mengejarnya. Selain itu ada juga teknik closed dribbling. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara menggiring serta mengontrol bola dengan seksama dan dapat dilakukan ketika kamu sedang di himpit oleh para pemain dari tim lawan.

Tak hanya itu saja, terdapat beberapa teknik lainnya seperti menggiring bola menggunakan punggung kaki, kaki bagian dalam serta kaki bagian luar.

Baca juga  Cara Menggunakan Aplikasi Trello dengan Mudah

Menggiring bola dengan punggung kaki

Teknik menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki dapat dilakukan dengan tahapan:

  • Pandangan mata lurus ke arah depan.
  • Lalu taruh bagian dengan kaki di ujung bola.
  • Setelah itu dorong bola menggunakan punggung kakimu.
  • Lakukan hal ini beberapa kali, kemudian hentikan dengan telapak kaki.

Menggiring bola dengan kaki bagian dalam

Teknik yang kedua adalah menggiring dengan kaki bagian dalam, teknik ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Pandangan lurus kedepan setelah itu putar pergelangan kaki ke luar.
  • Kemudian mulailah dorong bola menggunakan kaki bagian luar.
  • Lakukan beberapa kali setelahnya hentikan bola dengan telapak kakimu.

Menggiring dengan kaki bagian luar

Teknik yang terakhir adalah menggiring bola dengan kaki bagian luar, cara melakukannya tidak jauh beda dengan menggiring dengan kaki bagian dalam. Lakukan hal yang sama dengan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Namun, kamu perlu memutar pergelangan kaki ke dalam, setelah itu dorong bolanya.

Teknik menendang bola

Teknik selanjutnya yang harus kamu kuasai adalah teknik menendang bola. Teknik ini sangat diperlukan guna membobol gawang lawan serta untuk melakukan teknik passing yang akan dibahas setelah teknik ini.

Kamu dapat menggunakan tiga teknik tendangan, yakni dengan menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam serta punggung kaki.

Ketiga teknik tendangan ini dapat kamu lakukan dengan cara memfokuskan pandangan pada sisi gawang yang mana akan dijadikan target, lalu posisikan badan dan taruh kaki kiri atau kanan pada samping bola.

Kemudian ayunkan kaki yang dijadikan untuk menendang dengan memfokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki dan pandangan ke arah yang ditargetkan.

Teknik passing

Teknik ini akan lebih berguna jika dibandingkan dengan teknik dribbling yang hanya mengandalkan kemampuan individu. Kamu tidak akan sendiri dalam memainkan bola, kamu wajib memiliki 10 teman di lapangan selain kiper yang siap untuk membantu sama lain.

Baca juga  Resep Sederhana Menu Buka Puasa Sederhana yang Mudah Dibuat

Teknik mengoper bola akan sangat efektif untuk menembus pertahanan lawan. Teknik seperti ini dapat dilakukan dengan cara passing pendek, panjang atau trough pass serta jauh yang lebih dikenal dengan sebutan umpan lambung.

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara memposisikan badan menghadap bola, fokus kepada pemain yang akan kamu oper kemudian tarik dan ayunkan kaki yang akan menendang bola menuju pemain tersebut, sesuaikan tenaga pada kakimu sesuai dengan jarak pemain yang akan di oper.

Teknik menghentikan bola

Setelah kamu mempelajari teknik dasar di atas tadi, kamu juga perlu mengetahui cara menghentikan bola yang di oper padamu. Kamu dapat menghentikan laju bola dengan kaki, dada dan paha.

Untuk menghentikan bola menggunakan kaki, kamu bisa menggunakan kaki bagian dalam, telapak, punggung dan bagian luar.

Menghentikan bola menggunakan kaki

Caranya adalah dengan memanfaatkan pandangan pada bola yang mengarah ke kamu, kemudian hentikan bola tersebut dengan bagian kaki, tergantung arah datangnya bola.

Menghentikan bola dengan dada

Cara menghentikan bola dengan dada, lakukan dengan fokuskan pandangan pada bola yang sedang menuju ke arahmu, maju atau mundurkan badan setelah itu lebarkan kedua tangan dan dada, lalu tahan bola.

Menghentikan bola menggunakan paha

Selanjutnya cara menghentikan dengan paha, hal yang perlu kamu lakukan sama halnya dengan cara menghentikan bola lainya. Tetapi ketika bola datang, angkat satu kakimu dan pada saat menahan bola dengan paha. Perlu sedikit digerakan agar bola dapat jatuh dengan sempurna di depanmu.

Teknik menyundul bola

Teknik yang satu ini akan kamu gunakan ketika kamu tidak bisa menggapai bola yang terlalu tinggi, dan pastinya untuk membobol gawang lawan dan juga passing. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk lompat menyambut bola.

Baca juga  Resep Kue Kering, Cemilan Manis yang Lezat dan Gurih

Kemudian gunakanlah dahimu untuk menyundul, bukan bagian ubun-ubun. Agar kamu dapat dengan mudah mengarahkan bola sesuai dengan keinginan dan bola akan meluncur dengan terarah dan bertenaga.

Juggling bola

Teknik yang satu ini dapat kamu lakukan untuk menunjukan kelihaian kamu dalam bermain bola. Teknik yang satu ini juga dapat melatih kamu dalam mengontrol bola, bahkan mempermainkan dan menipu musuh di lapangan.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk teknik yang satu ini adalah fokuskan pandangan ke arah bola, lalu tarik bola menggunakan telapak menuju ujung kaki. Ketika bola sudah menyentuh ujung kaki, angkat kaki sehingga bola juga terangkat. Tetap fokus dan usahakan bola tidak terjatuh ke arah tanah.

Nah, itulah tadi beberapa teknik dasar sepak bola yang perlu kamu kuasai dan latih hingga mahir bermain bola. Tentunya kamu jangan pernah melupakan teknik dasar, pasalnya hal inilah yang akan terus dipakai ketika kamu bermain bola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here