terakurat.com-snorkeling– Tempat wisata di pulau Bali selalu menyajikan keindahan dan keunikannya yang khas. Hingga tidak akan pernah habis untuk dibahas. Selain menunjukkan keindahan alam di daratan, budaya dan seni juga keindahan alam bawah lautnya.

Spot tempat menyelam (scuba diving dan snorkeling) yang cukup terkenal dan populer serta menjadi lokasi favorite wisatawan baik domestik maupun turis asing sangat banyak tersedia. Lokasinya juga menyebar di seluruh pulau Dewata.

Menariknya lagi, beberapa spot bisa digunakan oleh pemula tanpa harus memiliki sertifikat menyelam, karena memang digunakan sebagai tempat diving bagi pengunjung umum (amatir).

Kamu pasti penasaran, bukan? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Berikut ini lokasi scuba diving dan snorkeling terfavorite di Bali diantaranya:

Pantai Tanjung Benoa.

dasubalitours.com

Tempat ini sepertinya bukan lokasi idaman bagi penyelam profesional. Lokasinya memang diperuntukkan sebagai bagian dari hiburan untuk para wisatawan. “Sea Walker” adalah sebutan dari atraksi menyelam di Tanjung Benoa, Kamu juga tidak perlu repot membawa tabung oksigen maupun bernafas dari mulut.

Silakan kenakan “helm kaca” dan kamu bisa bernafas seperti biasa selayaknya di darat. Wah seperti spongesbob ya guys, kamu juga bisa turun hingga kedalaman 7 meter untuk melihat keindahan taman laut, koral dan terumbu karang tentunya didampingi penyelam profesional.

Selain itu, di sekitar pantai ini juga banyak terumbu karang yang bisa kamu eksplor dengan snorkeling.

Pantai Tulamben.

snorkelaroundtheworld.com

Pantai ini adalah spot penyelaman yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Sejak seorang fotografer Amerika datang ke tempat ini dan membuat dokumentasi hunting foto underwater, maka alam bawah laut di pantai Tulamben pun menjadi pusat perhatian. Istilah yang sering digunakan untuk lokasi penyelaman ini adalah Bali Reef Divers.

Yang menarik di taman laut Tulamben adalah adanya bangkai kapal Usat Liberty yang karam sejak tahun 1942. Tetapi, kamu tidak bisa melihatnya jika kamu hanya melakukan kegiatan snorkeling saja.

Baca juga  Vapor Terbaik

Selain itu, area penyelaman di Tulamben ini juga beberapa kali sempat digunakan sebagai lokasi foto prewedding. Pemandangannya yang menggambarkan keindahan bawah laut yang unik dan memikat.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke sini, arahkan kendaraan menuju ke Karangasem (Bali Timur). Bahkan kamu juga dapat mengkombinasikan dengan melihat keindahan daratan wilayah Karangasem, yaitu berkunjung ke taman air Tirta Gangga yang masih dalam satu area dengan Tulamben.

Pantai Sanur.

astaribalitour.com

Dive spot di kawasan pantai sanur, Bali ini juga bertujuan untuk atraksi wisata seperti di Benoa. Lokasi penyelaman di sini bernama “sanur sea walker” namun tidak seramai di Tanjung Benoa. Hal tersebut dikarenakan tempat permainan water sport di Sanur tidak selengkap yang di selatan Bali.

Jika kamu tertarik menyelam di pantai Sanur, perhatikan waktunya. Karena pada saat tertentu musim ombak besar datang, hal ini akan menyulitkan pengelihatan di bawah air. Spot untuk snorkeling juga tersedia di sekitar pantai Sanur, akan tetapi taman lautnya tidak luas.

Spot Diving Nusa Lembongan.

balitravelguides.com

Inilah yang disebut surga tempat penyelaman bagi yang profesional maupun wisatawan yang ingin melakukan snorkeling. Namun, kamu butuh sertifikat khusus jika ingin mengeksplorasi keindahan bawah laut di sekitar Nusa Lembongan Bali.

Spot yang paling terkenal di kawasan ini yaitu Blue corner, Lembongan Bay dan mangroves. Jangan heran, kamu akan menemukan lebih banyak penyelam berwarga negara asing. Tentunya mereka datang karena ingin menikmati alam underwater Lembongan Bali Timur.

Salah satu atraksi yang paling menarik di Nusa Lembongan adalah berenang bersama ikan pari Manta dan mola mola yang jinak serta terumbu karang dan koral yang juga tidak kalah indah. Bagi kamu yang suka snorkeling, wilayah Blue lagoon yang berbatasan dengan Nusa Penida juga direkomendasikan.

Spot Nusa Penida & Ceningan.

thetripguru.com

Di sekitar Bali Timur, terdapat sebuah pulau yang terkenal. Yaitu tempat menyelam yang sangat eksotis bernama Nusa penida.

Baca juga  Face Mist Terbaik

Jika kamu ingin melihat Manta dan Mola-Mola dalam kumpulan yang banyak terumbu karang serta coral cantik, maka diving spot di Nusa Penida dan Nusa Ceningan adalah habitat-nya.

Penyelaman di kawasan ini juga harus memiliki sertifikat penyelam profesional. Kedalaman taman bawah laut yang dapat kamu eksplorasi berada di sekitar 5-25 meter di bawah laut.

Lokasi terbaik untukmu adalah Manta Cove, Manta point, Batu Abah, Malibu Point, Crystal bay, Gamat Bay, Ceningan wall, SD, Pura Ped, Pura Mas Gading dan Bunyuk. Cukup banyak titik penyelaman terkenal di sini.

Snorkeling & Diving Menjangan.

befreetour.com

Tempat penyelaman dan kegiatan snorkling favorite lainnya adalah di pulau Menjangan yang masuk sebagai kawasan Taman Nasional Bali Barat. Lokasinya di sebelah barat pulau ini yang berbatasan dengan wilayah utara.

Kami menyarankan untuk menginap di sini, apalagi tersedia sebuah resort super nyaman bagi para wisatawan. Keindahan alam bawah laut maupun taman koral dan terumbu di sekitar pulau Menjangan, Prapat Agung, teluk Terima, Bakungan dan Klatakan jangan kamu lewatkan.

Pemuteran.

pemuteranbay.com

Spot diving ini berada di wilayah Bali utara. Tempat menyelam ini berjarak sekitar 40KM dari lokasi pantai Lovina. Pantai ini bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan dengan mobil. Di Pemuteran juga banyak ditemukan lion fish, lobster dan table corals.

Bahkan untuk melihat itu semuanya, cukup dengan berenang dan snorkeling di pinggir pantainya yang jernih. Nama tempat menyelam ini sempat surut karena banyak koral yang rusak diserbu parasit perusak. Namun, kini penyelematan telah dilakukan.

Pantai Amed Karangasem.

snorkelingbali.com

Terletak di wilayah Bali Timur yaitu di Karangasem. Juga terdapat tempat penyelaman yang indah yaitu, pantai Amed. Di bawah laut kawasan ini juga terdapat bangkai kapal milik Jepang yang telah lama karam. Jika kamu ingin melihat koral yang indah dengan snorkeling, kamu bisa mengunjungi Tanjung Vienna, Jemeluk dan Buntutan.

Ketika ombak sedang tenang, jarak pandang di bawah laut Amed mencapai hingga lebih dari 10 meter. Ini menunjukkan bahwa di pantai ini airnya sangat jernih. Para penyelam pasti menyukainya.

Baca juga  Laptop Gaming terbaik 2019.

Pantai Green Bowl.

pegipegi.com

Pantai Green Bowl sebenarnya cukup dekat dengan dengan obyek wisata taman Garuda Wisnu Kencana. Jarak dari taman tersebut hanya sekitar 2,5 kilometer saja.

Masalahnya, untuk dapat mencapai Bali Cliff beach membutuhkan stamina yang kuat. Pasalnya, Bali Cliff merupakan pantai yang letaknya tersembunyi di balik bukit. Namun rasa lelah akan terbayar setibanya disana, karenabanyak hal menarik dan pemandangan yang memukau.

Pantai Jimbaran.

inspirock.com

Berada di wilayah Kabupaten Badung. Lokasinya sekitar 30 menit dari kota Denpasar dan 10 menit dari bandara Ngurah Rai, melalui jalan By Pass Ngurah Rai ke arah selatan, itupun jika tidak terjadi kemacetan.

Lokasinya juga searah dengan tempat wisata air Tanjung Benoa dan kawasan hotel berbintang di Nusa Dua. Pantai Jimbaran Bali merupakan salah satu pantai pasir putih di pulau Bali yang sangat terkenal. Tekstur pasirnya yang halus dan berwarna putih ke kuning – kuningan.

Kebersihan di pantai yang satu ini selalu terjaga, karena banyak petugas kebersihan yang membersihkan area pantai.

Di sepanjang pinggir pantai banyak dibangun hotel, spa dan villa. Seperti hotel Intercontinental dan Four Seasons Jimbaran, pihak hotel juga selalu menjaga kebersihan di sekitar tepi pantai, dengan mengadakan acara gotong royong membersihkan pantai dari berbagai sampah.

Karena pemandangan pantainya yang indah, memiliki pasir putih serta pemadangan matahari terbenam yang menakjubkan, maka banyak hotel yang berdiri dipinggir pantai menggelar berbagai acara.

Dari tepi pantai kamu dapat melihat bandara Ngurah Rai, yang merupakan satu-satunya bandara berstandar international di Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here