Terakurat – Tips Agar Lancar Berbicara – Berbicara di depan umum merupakan salah satu teknik atau seni berbicara yang harus dimiliki oleh pembicara agar mampu menarik perhatian pendengar. Berbicara di depan umum memanglah tidak semudah seperti yang biasa dilihat meskipun setiap hari kita berbicara, tapi rasanya sulit jika berbicara di depan orang banyak.

Cara agar berbicara di depan umum menjadi lancar, maka kamu harus mengetahui cara komunikasi kamu dengan pendengar berhasil. Berhasil di sini berarti apa yang kamu sampaikan bisa di terima semuanya agar terasa lebih mudah, serta grogi dan malu bisa di atasi. Nah, berikut ini beberapa tips agar lancar berbicara di depan umum.

Tips Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

Lakukan persiapan dengan baik

Jika kamu menjadi pembicara atau melakukan prestasi di depan umum, maka kamu harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Lakukan persiapan sebaik mugkin yang menyangkut materi presentase, peralatan pendukung yang diperlukan dan kesiapan anda.

Setelah itu, berlatihlah sebelum melakukan presentasi. Dengan melakukan persiapan sebaik mungkin, maka kamu akan semakin menguasai dan bisa memprediksi suasana yang akan terjadi. Selain itu, persiapan ini juga akan memberikan rangsangan atau getaran yang positif sehingga semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Berlatih berbicara di hadapan teman

Agar semakin lancar ketika berbicara di depan umum tentunya harus di awali latihan terlebih dahulu. Karena latihan sangat penting untuk dilakukan sebelum kamu berbicara di depan umum.

Namun, apakah dengan berlatih sendirian itu akan cukup atau berlatih di depan cermi yang biasa dilakukan setiap orang mampu mengatasi atas ketidak lancaran kita berbicara di depan umum?

Baca juga  Tips Menonaktifkan Windows Defender Dengan Mudah di Windows 10

Tentu saja tidak, itu saja kurang cukup untuk melatih mental kita, karena dengan latihan seperti itu tidak akan memberikan kamu respon apapun yang kamu katakan.

Maka dari itu, cobalah untuk latihan di depan orang lain, yang paling mudah adalah teman kamu sendiri. Te,am kamu akan menjadi pendengar, sekaligus meminta teman kamu untuk memberikan koreksi mengenai dari penampilan kamu seperti apa, apa yang kurang dan apa yang harus di perbaiki.

Terus fokus pada apa yag akan kamu sampaikan

Ketika kamu berbicara di depan umum, pasti kamu sering melihat para audiens saling berbisik-bisik, berisik atau bahkan tertawa yang bisa membuat kamu gugup. Jangan khawatir akan hal ini, kamu harus tetap tenang. Kamu juga harus tetap fokus pada apa yang akan kamu sampaikan. Jangan terlalu memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang anda ketika itu.

Tetap fokus saja pada tujuan kamu saat itu, yakni bisa disampaikan maksud yang kamu bawakan dengan baik ke telinga pendengar atau para audiens. Yakainkan pada diri anda bahwa mereka saat itu sedang menunggu apa yang ingin kamu bicarakan atau apa yang ingin kamu sampaikan.

Biasakan tampil di depan orang banyak

Banyak sekali orang yang menghindar ketika diminta berbicara di depan orang banyak, banyak alsan yang mereka berikan. Padahal jika, dibiasakan maka berbagai alasan menghindar itu bisa teratasi.

Hindari kata “OO” dan “EEM”

Untuk memperlancar berbicara di depan umum kamu harus menghindari kata “OO” dan “UMM”, karena kata ini akan memperlambat berbicara kamu. Usahakan kamu berhenti dan tenang pada saat ketika kamu akan mengucapkan kata itu. Cobalah untuk mengganti kata tersebut dengan mengambil nafas dan memikirkan lagi apa yang akan kamu sampaikan.

Baca juga  Ide Gorengan Lezat Untuk Cemilan Menu Buka Puasa

Gunakan bahasa tubuh yang baik

Beberapa diantara pembicara tidak menggunakan bahasa tubuh seperti menggerakan tangannya ketika berbicara di depan umum. Terkadang mereka hanya berbicara saja, padahal gerakan tangan atau bahasa tubuhbisa memberikan penegasan atas informasi yang kamu sampaikan. Selain itu, bahasa tubuh juga bisa mengatasi rasa gugup dan takut ketika kamu berbicara di depan umum, sehingga ketika kamu berbicara akan terlihat lebih santai dan lancar ketika berbicara.

Latihan dengan merekam atau vidio ketika berbicara

Hal ini sudah sama seperti pada point kedua berlatih sebelum berbicara di depan umum. Hanya saja latihan ini dengan merekam atau memvidiokan ketika kita sedang berlatih berbicara. Dengan cara ini maka kamu bisa menilai sendiri apa yang harus ditingkatkan dan apa yang harus dihilangkan. Selain itu, cara ini juga dapat melatih keseriusan kamu ketika berbicara di depan umum.

Membiasakan menjawab dan mengajukan pertannyaan

Cara ini juga termasuk langkah agar kamu bisa lebih lancar berbicara di depan umum, seperti terbiasa menjawab dan mengajukan pertannyaan. Maka berlajarlah untuk menjawab dan bertanya ketika kamu sedang berbicara atau ada yang sedang presentasi di depan.

Hilangkan rasa ketakutan jika pertanyaan atau jawaban kamu dianggap tidak masuk akal, karena dengan kamu terbiasa bertanya dan menjawab. Maka untuk berbicara di depan umum tidak akan merasa takut dan demam panggung, jadi biasakanlah memberikan jawaban atau pertannyaan.

Yang terakhir adalah berdoa, cara yang satu ini jangan pernah kamu sepelekan karena kekuatan doa bisa mempermudah semua kegiatan yang kamu lakukan jika kamu yakin terhadapnya. Selain itu, berdoa juga mampu menjernihkan pikiran dan memberikan rasa tenang pada diri anda tentunya.

Baca juga  Hadiah Valentine Untuk Orang Tersayang!

Nah, itulah beberapa tips yang bisa membuat kamu lancar dalam berbicara di depan umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here