Terakurat – Tips Mengatasi Kecanduan Gadget – Di era milenial seperti sekarang ini, gadget merupakan hal yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari manusia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Seiring dengan berkembangnya zaman yang membuat teknologi semakin canggih membuat gadget menjadi salah sesuatu yang amat dibutuhkan oleh manusia.

Selain dapat mempermudah komunikasi dengan orang lain, gadget juga sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, namu berbeda halnya dengan seorang pecandu. Gadget tak hanya sekedar alat komunikasi, tetapi juga sebagai dewa bagi para pecandunya dan merupakan racun yang sangat berbahaya jika tidak bijak dalam menggunakannya. Berbicara mengenai gadget dan pecandunya, berikut ini tips mengatasi kecanduan gadget pada orang dewasa.

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget

Niat, usaha dan berusaha

Hal penting yang harus kamu lakukan adalah memulainya dengan niat terlebih dahulu. Meski banyak orang-orang terdekat akan menegur, tetapi diri masih menolak maka semua itu sia-sia. Kamu akan bisa bergerak jika ada niat dan tekad yang kuat dalam diri.

Setelah niat maka mulailah dengan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mengulangi lagi, meski terasa amat berat namun harus yakin bahwa seiring dengan berjalannya waktu kamu akan terbiasa dan bisa melakukannya dan yang terakhir adalah serahkan semuanya kepada tuhan dengan cara berdoa agar selalu diberikan kemudahan dalam setiap urusan anda.

Ketahui dampak dari kecanduan

Ada banyak sekali dampak negatif yang kamu dapatkan ketika kecanduan gadget dan hal ini tidak mengenal tempat, dimana saja kamu berada tentunya tidak akan jauh dari gadget. Baik itu sedang makan, sedang mengobrol atau saat dikampus dan dimana saja. Selain itu, ketika kecanduan kamu akan lebih boros waktu yang dimana hanya akan melakukan hal-hal yang sama sekali tidak bermanfaat seperti bermain game atau menggunakan media sosial.

Baca juga  Cara Mudah Mengatasi Google Play Error

Parahnya kecanduan ini mempengaruhi kesehatan, bukti yang paling sering kita temukan adalah saking sibuknya dengan gadget bahkan hingga lupa dengan makan dan istirahat ketika malam lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget sehingga menjadi kebiasaan untuk begadang.

Hal tersebut tentunya harus kamu ketahui agar lebih paham tentang dampak dari kecanduan, dengan begitu kamu bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan gadget.

Konsultasi ke psikiater

Ketika seseorang kecanduan gadget, mungkin kamu tidak akan sadar dengan apa yang sudah dilakukan, berbeda halnya dengan orang-orang disekitar kamu akan sangat mudah melihat perubahan dalam diri anda terutama keluarga.

Ketika hal tersebut sudah dapat terjadi maka cobalah untuk konsultasi ke psikiater untuk memeriksa keadaan anda. Selain itu, psikiater juga akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi rasa candu anda terhadap gadget.

Lakukan secara bertahap

Ketika kamu berusaha untuk mengurangi rasa candu terhadap gadget, maka tidak perlu terburu-buru. Lakukan secara bertahap sesuai dengan prosedur agar lebih tersistematis dan terarah. Mulailah dari hal-hal yang sederhana terlebih dahulu, misalnya dengan menggunakan sosial media secukupnya saja. Gunakan gadget untuk hal-hal yang bermanfaat seperti mencari informasi dan sebagainya.

Menekuni hobi

Untuk beberapa waktu maka cobalah untuk melakukan aktivitas atau kegiatan lain dengan menekuni hobi. Mungkin selama ini kamu terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget sehingga lupa dengan hobi sendiri. Mulailah isi waktu anda dengan melakoni hobi, selain bisa menjauhkan diri dari gadget kamu juga bisa mengembangkan bakat melalui hobi.

Refreshing

Selama ini mungkin kamu terlalu fokus dengan dunia gadget hingga menjadikan anda sebagai pecandu yang lupa dengan dunia luar yang lebih menyenangkan dibandingkan menghabiskan waktu dengan gadget. Maka sesekali kamu keluar untuk refreshing bisa dengan keluarga maupun teman. Kamu bisa memilih pergi refreshing ke pantai atau kepuncak agar pikiran anda lebih segar dan perasaan menjadi lebih tenang.

Baca juga  Cara Mudah Cek KTP Secara Online, Berbagai Area di Seluruh Indonesia

Luangkan waktu bersama orang terdekat

Pada saat-saat tertentu tinggalkan gadget dengan menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat seperti keluarga dan teman, kamu bisa berbagi cerita dan saling bertukan pikiran atau berbagi pengalaman.

Matikan gadget sebelum tidur

Seorang pecandu gadget biasanya menggantikan waktu istirahatnya dengan bermain gadget pada malam hari. Misalnya hingga larut malam bahkan hingga tembus pagi, hal inilah yang akan merusak kesehatan dan menghabiskan waktu karena seringnya begadang dan saking candunya bahkan rela menahan ngantuk demi terpenuhinya keinginan yang hanya akan merugikan diri sendiri.

Maka dari itu, sebelum tidur matikan gadget agar tidak terganggu sehingga kamu bisa tidur dengan baik.

Hapus beberapa aplikasi

Candu terhadap gadget tentunya karena dipicu oleh beberapa aplikasi, seperti game dan aplikasi lainnya. Maka dari itu, jika kamu benar-benar ingin mengatasi rasa kecanduan ini maka hapuslah beberapa aplikasi yang hanya akan membuat kamu kecanduan dan tidak membawakan manfaat sama sekali. Simpanlah aplikasi yang sekiranya kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan.

Memberi batasan waktu

Sebagai orang yang mampu memimpin dirinya, tentu harus lebih tegas seperti  dengan memberikan batasan waktu dalam penggunaan gadget.

Kamu bisa membuat alarm sebagai pemberitahuan bahwa waktunya telah selesai. Dengan membuat alarm seperti ini maka akan sangat membantu karena jika tidak menggunakannya mungkin kamu akan lupa dan terlena dengan gadget hingga lupa akan waktu.

Cari kesibukan yang bermanfaat

Carilah kesibukan yang positif dan lebih bermanfaat bagi anda dibandingkan dengan hanya bermain gadget saja. Misalnya dengan membaca buku, baik itu dirumah maupun di perpustakaan atau bisa menonton tv dengan melihat beberapa berita yang bisa menambah pengetahuan anda. Atau berolahraga agar meningkatkan kualitas kesehatan, dan masih banyak hal lainnya yang bisa kamu lakukan tanpa dibatasi oleh gadget.

Baca juga  Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Dari Rumah !

Hindari penggunaan Power Bank

Seorang pecandu tentu menginginkan gadgetnya terus aktif selama 24 jam tanpa ada hentinya dan biasanya seorang pecandu akan membawa power bank dimana dan kapanpun ia pergi.

Maka dari itu, jika ingin benar-benar berhenti menjadi pecandu gadget maka mulai saat ini usahakan untuk tidak menggunakan power bank yang dimana hanya akan membuat anda terus membuat gadget aktif sepanjang haru dan canduan tidak dapat dihindari.

Simpan gadget ketika bepergian

Bagi seorang pecandu, gadget adalah segala-galanya. Tanpa gadget hidupnya akan terasa kosong, sehingga ketika sedang dalam perjalananpun seroang pecandu akan tetap menggengam gadgetnya bahkan terkadang seorang seperti ini lalai dan tidak memperhatikan jalannya. Sehingga sangat berisiko untuk diri sendiri dan berbahaya bagi orang lain.

Perbanyak bersosialisasi

Hidup tak selamanya tentang gadget, tapi hal ini tidak berlaku bagi seorang pecandu. Baginya gadget adalah dunianya, untuk mengurangi candu maka lebih banyaklah bersosialisasi dengan orang lain dan lebih sering berinteraksi dengan sesama hingga waktu dan pikiran anda tidak terfokus pada gadget. Dengan demikian maka kamu bisa mengurangi sedikit demi sedikit rasa kecanduan terhadap gadget.

Dengan bersosialisasi seperti ini mungkin kamu bisa menemukan seseorang yang pernah kecanduan gadget, hal ini merupakan kesempatan buat kamu untuk bertanya-tanya tentang bagaimana caranya agar tidak kecanduan lagi atau bisa denga meminta beberapa saran yang bisa kamu lakukan dan terapkan hingga menghilangkan rasa candu dalam diri anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here