Terakurat – Tips Melemaskan Rambut Kaku – Banyak pria dan wanita mengalami masalah rambut kaku seperti ini, tetapi biasanya pria lebih banyak mengalaminya karena rambut pria lebih tebal helainya dibandingkan rambut wanita. Tidak ada masalah yang tak bisa di atasi, begitu pula dengan melemaskan rambut kaku berikut ini. Dengan rutin menerapkan beberapa langkah berikut ini, maka rambutmu bisa menjadi lemas dan lembut. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Tips Melemaskan Rambut Kaku dengan Cepat dan Mudah

Menggunaan Shampo yang Tepat

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar mendapatkan rambut yang lemas dan tidak kaku adalah dengan mengganti shampo. Jika shampo andalan kamu selama ini malah membuat rambut menjadi kaku, mungkin saja sebenarnya kamu tidakĀ  cocok dengan produk tersebut.

Maka dari itu, sebelum kamu mencoba shampo lain, lebih baik membeli botol ukuran kecil atau kemasan sachetĀ­-nya terlebih dahulu. Jika cocok, maka dapat dilanjutkan dengan membeli ukuran botol besarnya. Pastikan juga shampo tidak mengandung sulfat, karena sulfat dapat mengeringkan rambut.

Dengan menggunakan sampo tanpa sulfat, maka rambut akan terbebas dari kekeringan. Jika rambutmu tidak kering, maka rambutpun tidak akan mudah kaku. Biasanya, sampo bebas sulfat mengandung minyak alami seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun dan lain-lain.

Keramas Rambut dengan Benar

Cara keramas yang keliru juga dapat menyebabkan rambut menjadi terlalu kering. Kebanyakan orang beranggapan ketika helaian rambut kering, berarti rambut mereka berjenis kering. Padahal,kenyataannya mereka juga ada yang memilki kulit kepala yang berminyak, begitupun sebaliknya.

Karena hal itulah, sebaiknya kita mengenali dengan jelas jenis rambut dan kulit kepala kita. Jika kamu memiliki ujung rambut yang kering, namun kulit kepala yang cenderung berminyak. Sebaiknya kamu hanya keramas lebih rutin untuk membersihkan kulit kepala saja.

Baca juga  Cara Efektif Mengatasi Dinding Kamar Lembab dan Berjamur Dengan Mudah

Kamu juga perlu menggunakan kondisioner hanya pada bagian ujung rambut yang kering saja setelah berkeramas, sementara untuk kamu yang memiliki kulit kepala kering. Sebaiknya keramas 1-2 kali dalam seminggu dan jangan pernah melewatkan kondisioner.

Gunakan Konidisioner

Setelah keramas, selalu gunakan kondisioner. Mungkin ketika kamu sedang terburu-buru, kamu melewati kondisioner karena dianggap tidak terlalu penting. Atau mungkin untuk para pria malah tidak mengetahui kondisioner sama sekali. Padahal, baik pria maupun wanita sama-sama membutuhkan kondisioner untuk mendapatkan rambut yang lembut dan mudah diatur.

Jika tidak sempat menggunakan kondisioner sehabis keramas, kamu bisa beralih ke leave in conditioner. Produk ini memilki manfaat yang sama dengan kondisioner, hanya saja lebih praktis karena tidak perlu di bilas. Selain itu, leave in conditioner juga bisa kamu pakai lagi pada siang haru atau di sela-sela aktivitas untuk membuat rambut menjadi lemas lagi.

Membilas Rambut dengan Air Dingin

Jika kamu sering mandi menggunakan air hangat, mungkin kamu tidak menyadari jika suhu air yang tinggi dapat menyebabkan rambutmu menjadi kering dan mudah rusak. Hal ini dikarenakan air yang panas dapat menarik minyak alami yang terdapat pada helaian rambut. Selain itu, konon air panas juga dapat membuka lapisan kutikula helai rambut dan menyebabkan kesehatan rambut mudah terganggu.

Oleh karena itu, maka usahakan untuk menyeimbangkan dengan air dingin untuk membuat kutikula rambut kembali datar. Sehingga rambut akan sulit untuk rusak dan menjadi lembut serta lemas. Akan lebih baik lagi jika kamu mengganti rutinitas keramas dari membilas dengan air hangat menjadi dingin.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Jika kamu ingin mendapatkan rambut yang lemas dan sehat, alangkah baiknya jika kamu tidak terlalu sering melakukan ritual keramas tersebut. Pasalnya, semakin sering keramas ternyata dapat membuat rambut semakin kering.

Baca juga  Cara Memulai Toko Online yang Dapat Meningkatkan Penjualan

Terutama jika kamu menggunakan shampo dengan kandungan sulfat. Karena itu, jika jenis rambut dan kulitmu berminyak, maka cukup keramas 2-3 kali dalam seminggu. Sementara pemilik rambut dan kulit kepala kering, hanya diperbolehkan keramas 1-2 kali dalam seminggu.

Keringkan dengan Tepat

Setelah berkeramas, rasanya sangat ingin buru-buru mengeringkan rambut. Karena itulah, kebanyakan dari kita tak kuasa untuk segera mengambil handuk dan menggosoknya pada rambut denga harapan rambut dapat cepat mengering. Namun sayangnya, kebiasaan seperti ini ternyata kurang bersahabat dengan rambut.

Pasalnya, dengan menggosok-gosok rambut menggunakan handuk, tanpa sadar kita mengangkat minyak alami pelindung rambut. Padahal minyak tersebut sangat dibutuhkan untuk membuat rambut tetap lembut, lemas dan mudah diatur.

Maka dari itu, usahakan setelah keramas cobalah untuk mengurangi air yang terdapat pada rambut menggunakan tangan kosong terlebih dahulu lalu gunakan handunk untuk mengeringkannya. Penggunaan handuk juga bukan digosok, melainkan dengan menekan-nekan secara pelan pada rambut hingga air meresap dengan baik pada rambut.

Singkirkan Rambut Bercabang

Jika kamu memiliki rambut bercabang, maka segeralah singkirkan. Pasalnya, pencabangan pada rambut jika dibiarkan akan membuat seluruh helai rambut menjadi rusak dan mudah patah. Sehingga akan sulit jika ingin melemaskan rambut dalam keadaan seperti itu.

Kamu bida memotong pencabangan pada rambut, lalu menggabungkan kondisioner setelahnya untuk menjaga rambut yang lain tetap lembab, lembut dan juga sehat.

Perhatikan Cara Menyisir

Sudah banyak hairdresser serta hairstylist yang menyarankan untuk menyisir rambut menggunakan sisir bergerigi renggang dikala rambut dalam keadan basah atau setengah kering. Lalu setelah rambut benar-benar kering, barulah kamu dapat menggunakan sisir bergerigi rapat. Hal ini dilakukan agar mengurangi kerusakan akar-akar rambut yang mudah tertarik dan tercabut ketika kamu menyisir menggunakan sisir bergerigi rapat saat rambut masih basah.

Baca juga  Tips Melihara Hamster Dengan Baik dan Mudah Dilakukan Untuk Pemula

Selain itu, perhatikan juga pola arah menyisir. Pada saat rambut telah kering, sisir rambut menggunakan sisir bergerigi rapat dari ujung rambut menuju akar rambut. Cara ini disamping akan membuat rambut menjadi tetap sehar hingga akarnya, juga dapat membuat rambut tetap halus setelahnya.

Memakai Produk Dengan Kandungan Khusus

Cara lain yang mudah dan bisa kamu terapkan dalam mengatasi rambut kering, kaku dan rusak adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan keratin yang terhidrolis. Di Indonesia sendiri, produk seperti ini mungkin dapat dengan mudah ditemukan pada produk dengan klaim keratin untuk menggantikan protein rambut yang rusak. Mulai dari shampo, kondisioner, serum, hairmask ataupun vitamin rambut.

Sesuai dengan penggunaannya, rangkaian produk tersebut memang secara khusus berfokus pada perbaikan protein rambut yang telah rusak. Setelah menggunakan beberapa produk seperti ini dengan rutin, kamu akan merasakan sendiri perubahan drastis pada rambutmu yang menjadi lebih lembut, lemas dan mudah diatur.

Nah itulah beberapa tips melemaskan rambut yang kaku. Untuk perawatan lanjutan setelah keramas, lalu keringkan rambut menggunakan handuk saja. Selain itu, kurangi styling rambut menggunakan alat yang panas ataupun hairspray. Dan hindari rambut dari paparan sinar matahari langsung, kamu bisa menggunakan topi atau shawl ketika sedang beraktivitas diluar ruangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here