Terakurat – Tips Melihat Spesifikasi Laptop – Jika kamu hendak membeli game di Steam, harap hati-hati! Jangan sampai game-nya sudah kamu beli, tetapi ternyata game tersebut tidak dapat dijalakan di laptop-mu karena spesifikasinya yang tidak sesuai. Meskipun kamu masih bisa melakukan refund jika game nya tidak berjalan mulus, tetapi tidak ada salahnya jika mencocokan spesifikasi laptop yang kamu gunakan dengan system requirement pada game yang di inginkan sebelum membelinya.

Kamu bisa melakukanya tanpa harus menggunakan jaringan internet ataupun menginstal aplikasi apapu, karena pada tips berikut ini hanya mengandalkan peranti lunak bawaan pada sistem operasi yang terinstal di laptop mu. Namun, sebelum membahas tips mengetahui spesifikasi dari sebuah laptop, simak terlebih dahulu alasan kenapa harus melihat spesifikasi pada laptop.

Agar tidak salah beli

Jika kamu membeli sebuah laptop secara online, ada kemungkinan jika laptop yang kamu beli bukanlah yang kamu inginkan. Karena, meskipun memiliki nama model yang sama persis, bisa saja kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, atau jenis CPU nya berbeda.

Nah, pada saat uang masih tertahan di rekening bersama, ada baiknya kamu melakukan pengecekan spesifikasi laptop terlebih dahulu saat laptop baru sampai di tangan kamu. Dengan begini, maka kamu bisa mencocokan jika spesifikasi pada deskripsi penjual telah sesuai dengan spesifikasi aslinya.

Agar lebih tahu game dan aplikasi apa saja yang dapat dijalankan

Jika kamu seorang gamer pastinya sudah tahu manfaat yang satu ini? Seperti sebelumnya yang sudah dijelaskan, jika tidak semua game dapat dijalankan pada laptop. Pasalnya, terdapat beberapa game yang di port dari konsol PS4 atau XBOX, sehingga membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Contohnya seperti pada game Red Dead Redemtion 2, Horizon Zero Dawn dan lainnya.

Baca juga  Tips Uninstall Aplikasi di PC atau Komputer Windows, Mudah dan Aman

Hal yang mungkin akan terjadi jika kamu membeli beberapa game tersebut tanpa mengetahui spesifikasi laptop yang saat ini kamu gunakan adalah resolusi pada game tersebut harus diturunkan hingga terendah dan pengaturan lainnya diatur ke paling rendah.

Sebagai Patokan Ketika Akan Ganti Laptop

Jika kamu sudah bertahun-tahun menabung untuk membeli sebuah laptop, dan sekarang uangnya sudah terkumpul untuk membeli laptop idaman. Hal ini patut disyukuri tentunya, yakni dengan memastikan laptop yang hendak kamu beli memiliki spesifikasi diatas laptop yang saat ini kamu miliki.

Jika tidak tahu apa-apa mengenai spesifikasi laptop yang lama, bisa jadi ketika kamu membeli laptop baru justru malah akan kebingungan mana yang lebih baik, yang lama atau yang baru.

Nah, agar kamu tidak kebingungan, maka lebih baik kamu mengetahui spesifikasi laptop yang lama agar kamu mendapatkan peningkatan performa yang lebih baik.

Tips Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Mudah

Setelah kamu tahu manfaat mengetahui spesifikasi laptop. Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara yang paling mudah, maka berikut ini cara yang bisa kamu pilih. Berikut ini beberapa tips mengetahui spesifikasi sebuah laptop.

Melalui Control Panel

Tips Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Mudah

Untuk cara yang pertama ini kamu tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga apapun. Cukup mengikuti beberapa langkah dibawah ini, dan kamupun sudah bisa melihat beberapa informasi dari spesifikasi laptop.

Tutorial ini berjalan pada sistem operasi Windows 10, jadi buat kamu yang memiliki versi berbeda mungkin navigasinya tidak persis sama namun langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

Buka Control Panel dengan cara menekan tombol Windows lalu ketikan ‘control panel’ pada kolom pencarian lalu klik OPEN. Saat jendela Contol Panel telah muncul, lalu pilih System and Security > System.

Baca juga  Tips Mudah Download File dari Google Drive!

Kemudian akan muncul sebuah jendela yang akan menampilkan versi sistem operasi yang saat ini kamu gunakan, CPU yang terpasang pada laptop, ukuran RAM, serta arsitektur sistem operasi.

Untuk mengetahui jenis VGA yang digunakan oleh laptop mu, pilihlah menu Device Manager yang terletak di sebelah kiri atas. Setelah itu, carilah Display Adapter dan klik pada menu tersebut. Kemudian akan muncul informasi VGA yang  terdapat pada laptop. Jika laptop kamu memiliki VGA yang terintegrasi dengan CPU dan VGA tambahan, maka kamu akan melihat keduanya disini.

Tidaklah sulit bukan? Ini merupakan cara yang paling sederhana jika kamu hanya ingin melihat spesifikasi pada laptop secara mendasar.

Melalui DxDiag

Tips Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Mudah

Diseluruh versi sistem operasi Windows, sudah tersedia alat diagnosa untuk menampilkan keseluruhan spesifikasi laptop secara terperinci, namanya DxDiag alias DirectX Diagnosis Tool. Karena ini merupakan fitur bawaan Windows, maka kamu tidak perlu melakukan instalasi apapun lagi. Cukup hanya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

DxDiag tidak tampil sebagai pintasan di layar dekstop dan juga tidak muncul pada daftar aplikasi ketika logo Windows di klik. Untuk membukanya, pertama klik Start lalu ketikan DxDiag pada kolom pencarian, lalu klik Open.

Setelah itu akan muncul sebuah jendela yang akan menampilkan berbagai informasi lengkap mengenai laptopmu. Inilah yang dinamakan DxDiag. Pada aplikasi ini kamu bisa melihat versi sistem operasi berserta arsitektur yang digunakan, ukuran RAM, BIOS, prosesor, versi DirectX dan lain sebagainya.

Untuk melihat informasi lainnya seperti GPU on-board tambahan, kamu bisa memilih menu Display dan juga Render. Selain itu, kamu juga bisa melihat informasi seputar driver audio yang digunakan pada tab Sound, serta mengetahui peripheral apa yang “menyangkut” atau terpasang di laptop pada tab Input. Nah, untuk menyimpan semua informasi ini dalam bentuk .txt tinggal klik saja Save all information dan pilih folder untuk lokasi file tersebut.

Baca juga  Cara Melacak Smartphone yang Hilang! Tenang Jangan Panik!

Selesai, meskipun tanpa menggunakan aplikasi tambahan, aplikasi DxDiag ini cukup ampuh dalam menawarkan informasi spesifikasi dari laptop yang kamu gunakan secara lengkap dan terperinci. Bahkan kamu bisa menyimpan semua informasi tersebut kedalam bentuk teks.

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah tahu dua metode praktis diatas untuk mengetahui spesifikasi laptop yang kamu gunakan, sudah tidak perlu bingung lagi bukan? Ternyata melihat spesifikasi laptop itu sangatlah penting.

Jika kamu tidak mengetahui spesifikasi laptop itu sendiri, hal itu menunjukan jika kamu tidak begitu peduli dengan laptop yang kamu pakai. Jangan sampai ketika ada teman kamu yang bertanya spesifikasi laptop milikmu, kamu hanya bisa terdiam saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here