tips-memilih-matras– Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan untuk peningkatan kesehatan mental dan fisik. Olahraga yang berasal dari India ini  sudah dipraktikkan sejak lama dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi. Bagi pemula, disarankan untuk melakukan jenis dan variasi gerakan yoga mulai dari yang mudah terlebih dulu.

Adapun Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Tubuh Adalah Sebagai Berikut :

  •     Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh
  •     Mengurangi risiko penyakit kronis
  •     Meningkatkan massa otot dan memperbaiki bentuk tubuh
  •     Meningkatkan keseimbangan tubuh
  •     Menurunkan berat badan

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja, yoga juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan mental, seperti meningkatkan suasana hati magar enjadi lebih baik serta bisa membantu mengelola gejala kecemasan, stres, dan depresi.

Cara Memilih Matras Yoga Untuk Pemula.

Masing-masing orang mempunyai pilihannya sendiri untuk memilih jenis yoga dan dimana tempat untuk melakukannya. Berdasarkan hal tersebut pertimbangan dalam memilih matras juga pasti berbeda. Berikut ini cara memilih matras yoga yang bisa kamu jadikan panduan sebeum membeli.

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan postur tubuh Penggunaanya.

Ukuran umum dari matras yoga adalah 170 cm x 60 cm. Kamu bisa menjadikan ukuran ini sebagai acuan sambil membayangkan postur tubuh. Jangan lupa kamu juga harus mempertimbangkan Lama pemakaian matras. Pilihlah matras berukuran compact yang bisa dilipat, agar kamu dapat membawanya kemana-mana. Jika kamu memiliki ukuran badan yang cukup besar, pilihlah matras yang berukuran lebar agar kamu bisa melakukan yoga dinamis dan gerakan yang intens.

Pilih ketebalan dan berat sesuai Kebutuhan.

Untuk memilih ketebalan matras yoga, kamu harus memperhatikan kebutuhan pemakaiannya. Pastikan tali pengikatnya nyaman digunakan untuk dibawa atau digantung. Matras yoga dengan ketebalan 3-5 mm merupakan pilihan yang paling ideal. Kekuatan cengkeraman dari matras yoga juga sangat penting untuk menjaga stabilitas.

Baca juga  Inilah Informasi Lengkap Tentang Sakit Pinggang Yang Kamu Harus Tahu

Poin penting lainnya dalam memilih matras yoga adalah kemudahan sebuah produk saat disimpan. Baik hanya digunakan di rumah atau untuk dibawa bepergian, hal ini perlu dipertimbangkan. Ada beberapa matras dijual dengan tali pengikat dan tas khusus.

Perhatikan bahan dasar matras.

Bahan dasar utama matras yoga yang disarankan untuk pemula adalah PVC, TPE, dan karet alami. Namun jika kamu memiliki alergi, kamu bisa memilih bahan rubber. Sebaiknya matras menggunakan bahan yang ringan, anti-slip, dan mudah dibersihkan.

Pilih warna dan desain favorit untuk meningkatkan mood.

Yang terpenting di antara semua itu adalah memilih warna dan desain favorit sesuai yang kamu inginkan. Memilih produk sesuai dengan warna dan desain favorit akan motivasimu untuk melakukan olahraga, yoga juga akan meningkat dan lebih bersemangat. Saat membeli matras yoga untuk di rumah, sebaiknya pilih matras yang sesuai dengan interior ruangan. Pilih juga desain yang akan membuat kamu lebih termotivasi untuk melakukan yoga.

Merek Matras Yoga Yang Direkomendasikan Untuk Pemula.

Sama seerti alat olahraga lainnya, harga matras yoga juga dijual bervariasi sesuai dengan jenis bahanya. Semakin bagus bahannya, harganya juga tentu mengikuti. Namun matras dengan harga mahal belum tentu bahannya lebih bagus. Oleh karena itu kita harus lebih teliti lagi dalam memilih matras yang sesuai dengan keinginan.

Berikut ini merek matras yang bisa menjadi pilihan.

Manduka : Lebih dikenal sebagai merek yang gunakan seluruh Dunia.

Manduka merupakan merek matras yoga kelas dunia dengan daya tahan dan cengkeraman yang sangat bagus. Tidak heran jika banyak instruktur dan loyalis profesional di seluruh dunia juga menggunakan merek ini. Matras ini dibanderol dengan harga yang terbilang cukup tinggi karena kualitasnya juga sangat baik.

Baca juga  Hias Pekarangan Rumah Dengan Tanaman Obat Ini!

Jade Yoga : Tipis dan empuk saat digunakan.

Jade Yoga merupakan merek asal Amerika Serikat. Matras yoga ini memunyai bantalan yang empuk, stabil, dan berdaya cengkeram luar biasa. Banyak instruktur profesional yang menggunakan matras yoga keluaran Jade ini. Selain itu, matras ini juga menggunakan bahan karet alami karena mencanangkan program peduli lingkungan dengan menanam satu pohon setia embelian satu matras. Bobotnya yang ringan juga memudahkan matras ini mudah dibawa beergian keluar rumah.

Adidas : Busa kokoh, nyaman, antislip.

Sebagai salah satu merek terkenal di bidang olahraga, Adidas juga memproduksi matras yoga  berkualitas tinggi. Dengan harga yang cukup bersaing, Adidas menjadi salah satu alternatif pilihan matras yoga bagi para pemula. Matras yoga dari Adidas menggunakan bahan busa sehingga lebih empuk dan tentunya antiselip. Meski busanya tebal, matras dari Adidas mudah digulung dan dibawa bepergian.

Lululemon : Matras yoga yang reversible.

Terkenal sebagai produsen pakaian olahraga untuk wanita dengan desain yang cantik, Lululemon juga menyediakan matras yoga! Keunikan dari matras Lululemon adalah Anda bisa menggunakan kedua sisi matrasnya (reversible). Kedua sisi ini memiliki bahan dan fitur yang sama. Hal ini tentu sangat membantu bagi Anda yang sering lupa membersihkan matras yoga. Anda cukup membalikkan matras dan memakai sisi sebaliknya.

Nike : Bahan ramah lingkungan dengan kualitas tinggi.

Nike merupakan salah satu produsen perlengkapan olahraga terbaik di dunia. Jadi, Anda tidak perlu meragukan kualitas matras yoga yang diproduksi oleh merek yang satu ini. Penggunaan bahan-bahan berkualitas yang ramah lingkungan menghasilkan produk matras yoga yang berkualitas pula. Hal ini menjadi salah satu faktor tingginya permintaan matras Nike di kalangan pencinta yoga.

Baca juga  Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Reebok : Desain sederhana dan memilik banyak pilihan warna.

Tidak ingin kalah dengan para pesaingnya, Reebok juga memproduksi matras yoga yang dapat menjadi alternatif pilihan. Matras Reebok memiliki desain sederhana dalam berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera atau mood penggunanya. Dengan kualitas dan harga yang bersaing, matras dari Reebok masuk dalam kategori favorit para praktisi yoga. Tidak heran, peminat matras yoga ini termasuk tinggi.

Itulah beberapa tips memilih matras yang yang nyaman digunakan untuk berolahraga yoga. Berbagai merek ternama juga bisa menjadi pilihan terbaik, mulai dari Nike, Adidas, Reebok, dan Manduka. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berolahraga dan salam sehat selalu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here