memilih-mukena– Kenyamanan dalam menggunakan mukena memang sangat dibutuhkan agar seseorang dapat melaksanakan ibadah shalat dengan khusyuk dan sempurna. Mengingat fakta tersebut maka sudah semestinya jika kamu juga harus ekstra teliti dalam memilih mukena yang sesuai dengan kebutuhan.

Bukan hanya sekedar bagus di pandang mata saja tetapi kamu juga harus memperhatikan kesesuaian mukena dengan aktifitas. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan mukena yang nyaman dan paling sesuai.

Bahan Yang Tepat.

Pastikan mukena yang anda pilih terbuat dari material yang lembut, sejuk di kulit, dan tidak transparan. Beberapa pilihan bahan yang direkomendasikan diantaranya berupa kain katun, kain spandek, kain sutera, kain abutai, kain parasut, serta kain rayon.

Bahan katun rayon ialah bahan campuran dari katun dan rayon yang berbahan dasar kayu. Mukena dengan berbahan katun rayon ini paling digemari oleh para wanita muslimah karena selain harganya yang terjangkau, bahannya pun sangat adem, lembut dan nyaman untuk dipakai shalat sehari-hari.

Bahan sutra terkenal mempunyai sifat kuat, elastis, tidak akan membuat anda kegerahan saat panas serta tidak terasa dingin meskipun udara sedang dingin. Mukena bahan sutra ini relatif mahal. Oleh karena itu mukena jenis ini biasanya digunakan pada saat hari-hari spesial seperti saat shalat Idul Fitri dan shalat Idul Adha.

Katun silk merupakan bahan yang nyaman dipakai, mudah diatur serta adem dan memiliki daya serap keringat yang baik sehingga cocok digunakan untuk shalat sehari-hari ataupun di hari spesial. Jika dilihat bahan ini mirip dengan bahan sutra yang halus dan lembut serta memiliki ketebalan yang cukup sehingga tidak akan menerawang saat digunakan.

Baca juga  Simak Berikut Ini Cara Kalibrasi Batrai Android Dengan Mudah!

Ukuran Yang Pas.

Usahakan untuk memilih mukena yang ukurannya pas dengan tubuhmu (bisa menutupi seluruh permukaan tubuh kecuali telapak tangan dan wajah).

Mukena yang pas bagian lubang wajahnya harus sesuai dengan ukuran wajah, terutama untuk bagian dagu. Panjangnya harus bisa menutupi tangan dan kakimu namun tidak menyulitkan untuk bergerak.

Jahitan Pada Mukena.

Selain kesesuaian ukuran mukena dengan ukuran badan, kamu juga harus memperhatikan kualitas jahitan yang terdapat pada mukena. Jahitan mukena yang bagus akan terlihat rapi dan rata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here