terakurat.comhal-baik– Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan. Setiap umat muslim di dunia bersama melakukan amalan baik selama bulan ramadhan. Berikut hal baik yang bisa dilakukan saat bulan ramadhan.

Berpuasa.

Ibadah wajib saat bulan Ramadhan adalah berpuasa. Selain menahan diri dari lapar dan haus, berpuasa juga harus mampu menjaga diri dari emosi, perbuatan maksiat dan hawa nafsu. Saat berpuasa, berbagai amalan yang mengikuti secara otomatis. Setiap amalan saat berpuasa akan dilipatgandakan.

Dosa-dosa yang diperbuat di masa lalu akan diampuni oleh Allah SWT Dalam hadis HR. Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda,
“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.”

Selanjutnya, dalam hadis HR. Bukhari dan Muslim yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,
“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”

Membaca Al-Qur’an.

Salah satu kebaikan di bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an menjadi salah satu amalan yang wajib dilakukan. Walaupun hanya membaca satu huruf, Allah SWT mengganjar umatnya dengan pahala yang banyak.


Dalam hadis HR. At-Tirmidzi, diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”

Baca juga  Mengatasi Flashdisk Write Protected dengan Cara yang Mudah!

Bersedekah.

Kebaikan lainnya yang bisa dilakukan umat muslim adalah bersedekah. Allah taala menjanjikan pahala dan balasan bagi orang-orang yang suka bersedekah. Banyak keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan, yaitu menghapus dosa, mendapatkan naungan di hari akhir, memberi keberkahan pada harta, dan mendapat pahala berlipat ganda.

Melakukan Salat Sunnah dan Salat Malam.

Salah satu kebaikan di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan adalah melakukan salat sunnah dan salat malam. Rasulullah SAW menganjurkan salat sunnah dan salat malam di bulan suci, seperti salat tarawih, witir, hingga salat tahajud. Bahkan Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan salat tahajud di bulan Ramadhan dalam hadis HR. Bukhari dan Muslim. “Sesungguhnya Allah telah memfardu-kan puasa Ramadhan dan aku telah mensunnahkan bagimu salat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan salat sunnah di malam harinya karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya.”

Salat Wajib dan Tarawih Dilaksanakan dengan Keluarga.

Sebelum adanya wabah Covid-19 di Indonesia kebanyakan umat Muslim di Indonesia berusaha untuk setiap waktu salat dilaksanakan di masjid. Sebab, di bulan suci ini, Allah SWT menjanjikan setiap ibadah sunnah, maka akan mendapat ganjaran pahala seperti menjalan ibadah wajib.

Lalu, selain itu, aktivitas lain yang biasa dilaksanakan di masjid adalah salat sunnah Tarawih. Namun, sejak pandemi ini terus menyerang Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa agar melakukan salat Tarawih secara berjamaah bersama keluarga di rumahnya masing-masing. Hikmah yang bisa diambil, masyarakat bisa menunaikan salat bersama keluarga di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here