Pandemi COVID-19 memang masih terus bertambah, namun pendidikan harus tetap berjalan. Karna jika kita melumpuhkan semua aktifitas, maka Negara juga akan mengalami mati suri, dan hal tersebut bisa semakin membahayakan kehidupan masyarakat yang ada di dalamnya.

Jika kamu yang baru saja menyelesaikan studi di SMA /sederajat, dan bingung memilih perguruan tinggi mana yang cocok dan bagus untuk kamu? beberapa tips ini mungkin bisa membantu:

Cek Peringkat Universitas yang Akan Dituju.

Memilih universitas terbaik pasti memiliki peringkat yang tinggi dari banyak lembaga yang kredibel dan bisa dipercaya.

Jangan lupa juga untuk mencari tahu akreditasi jurusan yang akan kamu pilih di universitas tersebut. Akreditasi jurusan akan menentukan kualitas tenaga pengajar dan lulusan dari jurusan tersebut.

Pastikan kamu sudah Memilih Jurusan yang Tepat.

Dalam memilih universitas kamu juga harus memilih jurusan yang tepat. Karena ini merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan, sebab kamu akan menghabiskan waktu sekitar 4 tahun untuk mempelajari bidang tersebut.

Tidak hanya itu saja, kamu juga kemungkinan besar akan bekerja pada lingkup bidang tersebut. Jika ragu dengan pilihan yang akan diambil, sebaiknya kamu membaca berbagai hal yang berkaitan dengan jurusan tersebut. Atau bisa juga meminta saran dan rekomendasi kepada guru, keluarga, atau orang yang kamu percaya.

Akomodasi yang kamu Perlukan.

Tidak sedikit mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar daerah asal mereka dan tinggal jauh dari orangtua.

Saat ini terjadi, maka sangat penting untuk mempertimbangkan masalah akomodasi saat akan memilih universitas. Pastikan kamu mengetahui transportasi yang perlu digunakan, biaya hidup selama sebulan disana, sewa tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Bertanya Langsung Dengan Mahasiswa di Sana.

Jika kamu masih ragu universitas yang akan dituju, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung dengan mahasiswa yang ada disana. Karena, mahasiswa yang ada di dalam kampus tersebut biasanya lebih tahu dan bisa menilai secara objektif.

Baca juga  Aneka Lomba Yang Selalu Ada Saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebelum memilih universitas, cari tahu apa yang hebat dan apa yang menjadi kekurangannya dari kampus tersebut untuk menjadi bahan pertimbangan.

Komunitas yang ada di Dalam Universitas.

Manusia merupakan makhluk sosial yang pasti membutuhkan teman dan orang lain untuk berbagi dan berkumpul bukan?

Komunitas merupakan sarana berkumpul yang tepat untuk mengembangkan bakat dan memperoleh banyak teman.

Cari Tahu Kualitas Perpustakaannya.

Seorang mahasiswa pasti akan menghabiskan banyak waktu di dalam sebuah perpustakaan untuk belajar dan memahami pelajaran atau materi yang diajarkan.

Jadi, sudah seharusnya untuk kamu mencari tahu kualitas perpustakaan yang dimiliki oleh universitas tersebut.
Hal yang paling penting adalah perpustakaan tersebut mempunyai banyak koleksi buku berkualitas yang menunjang proses belajar dan memiliki fasilitas yang membuat kamu merasa nyaman saat berada disana.

Aktivitas dan Organisasi yang Ada Disana?

Aktivitas perkuliahan tidak hanya berkutat pada buku pelajaran dan belajar di dalam kelas saja lho, kamu juga harus aktif untuk mengikuti berbagai aktivitas menarik yang ada di dalamnya.

Semua universitas pasti akan menawarkan banyak aktivitas kampus dan kegiatan ekstrakurikuler yang kamu sukai. Oleh karena itu, saat kamu memilih universitas hal ini jangan sampai luput dari perhatianmu ya!

Dalam memilih universitas cari tahu juga apakah di dalam universitas tersebut ada komunitas mahasiwa yang memiliki latar belakang daerah yang sama denganmu.

Atau memiliki komunitas yang melakukan hal yang sangat kamu sukai, misalnya saja fotografi, seni, jurnalistik, atau yang lainnya.

Memiliki komunitas dan lingkungan sosial di dalam kampus membuat kamu bisa belajar mengembangkan keterampilan sosial dengan baik.

Keterampilan sosial dan keterlibatan dalam organisasi seperti inilah yang nantinya akan menjadi salah satu bahan pertimbangan pihak pemberi kerja untuk merekrut kamu sebagai karyawan mereka.

Baca juga  Mengenal Suku Dayak di Kalimantan.

Berdasarkan tips tersebut semoga kamu bisa memilih perguruan tinggi terbaikmu ya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here