http://memilih-sepatu-lari– Lari adalah olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain ekomis, olah raga ii juga tidak membutuhkan alat khusus dan sangat praktis. Kapapun dan dimanapun kita bisa melakukan olah raga yang satu ini. Namun dalam pelaksanaannya kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti sepatu yang digunakan agar kaki tidak terasa sakit.

Menggunakan sepatu yang tidak nyaman saat berlari akan membuat kaki terasa sakit, tidak nyaman, dan bisa menimbulkan luka atau lecet. Hal ini tentu akan berlanjut dan mengganggu dalam keseharian. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah sepatu yang baik untuk melakukan olaraga ini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu, beberapa diantaranya sebagai berikut.

Meperhatikan bentuk kaki.

Memperhatikan bentuk kaki adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. Karena, setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda. Memilih sepatu berdasarkan bentuk kaki juga bisa menyesuaikan kenyamanan saat digunakan. Kenyamanan dalam berlari merupakan hal yang sangat penting, karena dapat mempengaruhi kecepatan dalam berlari dan meminimalisir cedera pada kaki.

Mengenali jalur lari/trek.

Tips memilih sepatu yang berikutnya adalah mengenali jalur lari/trek. Berikut ini beberapa jenis sepatu lari berdasarkan jalur larinya, yaitu road-running shoes, trail-running shoes, dan cross-training shoes.

Road-running shoes bermanfaat untuk pelari yang biasanya melakukan olahraga lari di jalan, trotoar, atau di permukaan apa saja yang datar dan keras.

Trail-running shoes merupakan jenis sepatu lari yang biasa digunakan pada track yang terjal dan berbatu. Misalnya naik turun bukit yang penuh dengan batu, lumpur, dan akar-akar besar.

Cross-training adalah sepatu lari yang dirancang untuk para pengguna gym atau latihan cressfit.

Menyesuaikan dengan berat badan.

Berat badan juga bisa mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan sepatu lari. Jika kamu memiliki berat badan berlebih sebaiknya kamu menggunakan sepatu lari dengan sol yang lebih tinggi dan tebal. Sepatu jenis ini sangat berguna untuk meredam benturan antara kaki dengan permukaan yang akan semakin besar.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi yang Wajib di Install di Laptop Baru

Perhatikan ukuran, kelenturan, dan material sepatu.

Setelah memilih sepatu yang pas untuk anda gunakan, ada satu lagi hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih sepatu. Kamu juga harus memperhatikan ukuran, kelenturan, dan material yang digunakan dalam memilih sepatu. Sebaiknya hindari ukuran sepatu yang terlalu pas atau ketat, hal ini dapat menyebabkan lecet pada kulit kaki serta kuku yang menghitam.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan kelenturan dari sepatu yang akan kamu gunakan. Sepatu yang lentur akan membuat gerakan kaki menjadi lebih fleksibel. Sebalikna, sepatu yang kaku akan membuat kaki terasa tidak nyaman dan berpotensi besar mengalami cedera.

Kelenturan sepatu juga berguna untuk membuat gerakan kaki menjadi fleksibel. Sepatu yang kaku akan membuat kaki tidak nyaman dan berpotensi besar mendapat cedera.

Membeli sepatu di malam hari.

Membeli sepatu sebaiknya di malam hari, karena pada saat malam hari biasanya telapak kaki akan membesar dan melebar maksimal setelah terus menerus dipakai berjalan seharian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here