Terakurat – Tips Mengelem Sepatu – Sepatu, baik itu harganya mahal ataupun murah tetap saja memiliki masa pakai yang terbatas. Terkadang talinya lepas, kulitnya terkelupas bahkan sol sepatunya telah patah. Namun, jangan terburu-buru membuangnya ke tong sampah. Pasalnya, selagi kerusakannya tidak parah, tidak sampai membuat sepatu menjadi terbelah dua, kerusakan-kerusakan seperti itu masih bisa ditangani dengan cara di lem.

Untuk mengelem sepatu, kamu hanyalah memerlukan lem yang mempunyai daya rekat yang kuat dan awet. Akan lebih baik lalgi jika kamu menemukan lem yang cocok diaplikasikan pada material sepatu apapun, baik itu sepatu dengan material kulit maupun karet atau kanvas. Peralatan dan bahan-bahan untuk mengelem sepatu tidaklah sulit dicari. Sebagian besar tersedia di toko-toko sepatu.

Tips Mengelem Sepatu yang Mudah dan Awet

Tidak ada yang lebih menjegkelkan daripada sol sepatu yang telah mengelupas ketika sedang kamu kenakan. Sol sepatu tersebut tentunya sangat membuat tidak nyaman ketika dipakai berjalan. Sehingga jalanmu menjadi terhambat. Nah berikut ini tips mengelem sepatu yang bisa kamu lakukan.

Bersihkan Permukaan Sepatu

Sepatu yang pernah dipakai biasanya terdapat banyak debu-debu halus di permukaannya. Bahkan debu-debu tersebut bisa masuk ke celah-celah kecil yang terdapat pada sepatu. Termasuk lem kering yang telah menempel pada sepatu saat pembuatan pertama.

Nah, sebelum kamu mengaplikasikan lem sepatu, pastikan sepatumu sudah bersih dari debu dan kotoran serta lem pada permukan yang akan dilem. Gunakan kain basah atau amplas untuk membersihkan lem yang membandel.

Gosok permukaan sepatu hingga permukaan tersebut bersih dari debu, kotoran dan sisa lem yang masih menempel pada permukaan tersebut.

Aplikasikan Lem

Pertama, buka lemnya terlebih dahulu. Setelah itu keluarkan isi lem dari tempatnya secukupnya. Selanjutnya gunakan aplikator yang ada pada lem atau kuas kecil. Setelah itu aplikasikan secukupnya dengan cara melumasinya pada permukaan hingga rata.

Baca juga  Tips dan Trik Android yang Jarang Orang Tahu!

Tekan Sepatu dengan Kuat

Agar lem yang telah dioleskan pada permukaan sepatu menempel dengan kuat, maka kamu perlu menekan sepatu kuat-kuat. Gunakan pemberat yang bisa menekan sepatu dan lem sehingga tidak ada bagian yang terlewat agar nantiya akan membuat celah pada sepatu.

Diamkan Beberapa Saat

Lem sepatu yang telah dilekatkan ada yang dapat kering dalam beberapa menit, ada juga yang membutuhkan waktu sampai berjam-jam. Itu semua tergantung pada jenis lem sepatu yang digunakan.

Jika sepatu telah selesai di lem, lalu diamkan beberapa saat. Jangan lepas pemberat sepatu yang digunakan untuk menekan lem dan sepatu hingga lem benar-benar kering. Nah, untuk hasil yang maksimal maka diamkan semalaman sebelum kamu mengenakan kembali sepatu tersebut.

Bersihkan Sisa Lem pada Permukaan Sepatu

Setelah kamu mengelem sepatu, akan selalu ada saja sisa lem yang mengotori bagian permukaan sepatu lainnya. Ketika lem sudah mengering pada permukaan tersebut, tentunya akan membuat pemandangan menjadi kurang indah pada sepatu karena sempatu terlihat belepotan.

Maka dari itu, bersihkanlah sisa lem yang menempel pada permukaan sepatu. Gunakan kain basah atau aseton yang biasa digunakan untuk menghapus cat kuku. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan penghapus varnish yang tersisa di toko-toko.

Cara Mengelem Sepatu yang Bolong

Jika sepatu yang sering kamu gunakan mulai menunjukan tanda-tanda usang, maka kamu bisa melakukan perbaikan sendiri dirumah. Sebagian besar sepatu mulai menunjukan tanda-tanda usang jika sepatu sudah tidak nyaman lagi. Tanda-tanda lainnya adanya bolong yang terdapat pada kain sepatu.

Jejali Sepatu dengan Kertas Koran

Stuffing sepatu dengan kertas koran berguna untuk menjaga bentuk sepatu agar tetap seperti bentuk semula selama proses perbaikan dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan kortas koran, majalan atau kertas yang agak tebal untuk memenuhi sepatu bagian dalam.

Baca juga  Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android Yang Mudah Digunakan

Metode yang satu ini paling baik dilakukan pada sepatu dengan material kain yang lebih halus, misalnya pada sepatu kulit suede atau sepatu kulit yang terbuat dari kulit domba atau kanvas.

Membeli Material Untuk Menambal Sepatu

Kain yang kamu beli juga harus disesuaikan dengan warna dan material sepatu yang akan kamu perbaiki. Jadi usahakan material yang digunkan untuk menambal lubang pada bagian kain sepatu warnanya seragam sehingga tidak membuat tambalannya terlihat.

Belilah material kain secukupnya saja, yang peting dapat menutupi lubang pada permukaan sepatumu. Gunakan material terbaik, atau kamu juga bisa menggunakan material yang warna dan bahannya kontras untuk membuat fashion unik sebagai kamuflase.

Tempel Bagian Dalam dengan Lakban

Untuk melindungi lem sepatu agar tidak merembes kedalam, maka kamu harus menempeli bagian dalam sepatu dengan lakban. Gunakan duct tape atau lakban yang kedap air.

Penggunaan lakban atau tape itu sendiri agar lem dapat diratakan dengan sempurna pada permukaan sepatu yang berlubang.

Mengaplikasikan Lem Sepatu

Jika sepatumu sudah ditempeli lakban, selanjutnya kamu bisa memulai mengaplikasikan lem untuk menutup lubang pada permukaan sepatu. Gunakan lem dengan daya rekat terbaik agar tidak ada lagi celah yang mungkin timbul ketika sepatu dipakai.

Karena lem sepatu biasanya mudah kering, untuk meratakan lemnya, maka gunakanlah es batu. Es batu tidak akan menempel pada lem. Ratakan lem hingga benar-benar menutupi bagian yang berlubang tersebut.

Selanjutnya, tekan-tekan pada bagian sepatu yang telah diberi lem agar merekat dengan maksimal. Gunakan benda berat untuk menekan permukaan tersebut, dan jangan lepaskan benda tersebut sebelum lem mengering.

Gunting Material Secukupnya

Buat potongan melingkat atau kotak untuk menutupi lubang pada bagian sepatu. Tergantung dari lokasi lubang tersebut berada. Mungkin kamu perlu menyesuailkan ukuran tambalan kain tersebut dengan lubang yang ada sehingga dapat menutupi dengan sempurna.

Baca juga  Cara Mudah Mengatasi USB Not Recognized

Jika sepatumu berlubang pada bagian ujung jari kaki, maka gunakan tambalan yang dapat menutupi seluruh jari kaki daripada hanya menutupi bagian yang berlubangnya saja.

Hal ini merupakan salah satu cara yang unuk untuk membuat tambalan tak terlihat menumpang.

Jahit Tambalan pada Permukaan

Jahit sekeliling tambalan dan sepatu yang berlubang, kamu bisa membuat pola jahitan yang seragam atau menggunakan pola kompleks. Sehingga menghasilkan tampilan jahitan yang unik.

Kamu bisa membuat pola yang sama pada sepatu pasanganya agar terlihat unik. Buatlah pola yang sama sehingga sepatumu terlihat dimodifikasi alih-alih diperbaiki karena terdapat lubang pada permukaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here