terakurat.com – Tips Mengelem Sepatu yang Rusak – Sepatu, semahal apapun, memiliki umur yang terbatas. Terkadang tali sepatu terlepas, kulit terkelupas, atau sol sepatu patah. Jangan buru-buru membuang sepatu yang rusak ke tempat sampah. Selama kerusakannya tidak parah, tidak sampai merusak sepatu menjadi dua, kerusakannya bisa diobati dengan lem.

Untuk merekatkan sepatu, Anda membutuhkan lem yang memiliki daya rekat yang kuat dan tahan lama. Akan lebih baik jika Anda menemukan lem yang cocok untuk diterapkan pada bahan sepatu apa pun, baik itu sepatu kulit, karet, atau kanvas. Peralatan dan bahan untuk merekatkan sepatu tidak sulit ditemukan. Biasanya tersedia di toko sepatu.

Tips Mengelemb Bagian Sol Sepatu

Tak ada yang lebih menjengkelkan daripada sol sepatu yang terkelupas ketika sepatu kesayanganmu sedang digunakan. Tentunya, sol sepatu yang terkelupas tersebut dapat membuat rasa tidak nyaman ketika dikenakan berjalan. Berikut ini adalah tips mengelem sepatu yang rusak agar bagus kembali.

Membersihkan Kedua Permukaan Sepatu

Sepatu yang sudah dipakai cenderung memiliki banyak debu halus di permukaannya. Bahkan debu bisa masuk ke celah kecil di sepatu. Termasuk lem kering yang menempel pada sepatu saat pembuatan pertama.

Sebelum mengoleskan lem sepatu, pastikan sepatu Anda bersih dari debu dan kotoran dan rekatkan permukaan yang akan direkatkan. Gunakan kain lembab atau amplas untuk menghilangkan lem yang membandel.

Gosok permukaan sepatu hingga bersih. Debu, kotoran dan lem yang menempel pada permukaan dapat mencegah lem menempel dengan baik.

Aplikasikan Lem

Pertama, lepaskan tutup lem. Cukup keluarkan isi lem dari tabung. Gunakan aplikator yang disertakan dengan lem atau sikat kecil. Oleskan tipis-tipis sampai semua permukaan merata.

Baca juga  Cara Mengatasi Pemain Toxic di Game, Di Jamin Ampuh!

Tekan Sepatu dengan Kuat

Agar sepatu menempel dengan maksimal, jadi Anda perlu menekan sepatu dengan kuat. Gunakan pemberat yang dapat memberi tekanan pada sepatu dan tempelkan agar Anda tidak melewatkan bagian yang membuat celah pada sepatu.

Diamkan Beberapa Saat

Lem sepatu ada yang dapat kering dalam beberapa menit, ada pula yang membutuhkan waktu sampai berjam-jam. Semua itu tergantung pada jenis lem sepatu yang kamu gunakan. Jika sepatumu telah selesai dilem, diamkan beberapa lama.

Jangan lepas pemberat sepatu yang digunakan untuk menekan lem dan sepatu sampai lem benar-benar kering. Untuk hasil maksimal, diamkan semalaman sebelum kamu mengenakan sepatu tersebut.

Bersihkan Sisa Lem pada Permukaan Sepatu

Saat Anda merekatkan sepatu, akan selalu ada lem yang menodai permukaan sepatu lainnya. Saat lem mengering di permukaan, tentu akan membuat sepatu menjadi kurang indah karena sepatu tampak tertutup lem.

Oleh karena itu, bersihkan sisa lem yang menempel pada permukaan sepatu. Gunakan kain lembab atau aseton yang biasa Anda gunakan untuk menghilangkan cat kuku. Anda dapat menggunakan penghapus cat kuku yang tersedia di toko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here