Terakurat – Tips Meningkatkan Pengalaman Pengguna – Saat ini banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis yang Anda miliki. Anda dapat menggunakan situs web sebagai platform bisnis atau Anda dapat menggunakan aplikasi. Bahkan saat ini juga terdapat Progressive Web Apps (WPS) yang semakin populer karena bisa memberikan pengalaman menarik seperti memiliki aplikasi namun tetap berada di browser.

Tips Meningkatkan Pengalaman Pengguna dengan Progresive Web Apps

Kelebihan Progresive Web Apps

Kemandirian platform Progressive Web Apps membuatnya sangat menarik bagi developer karena dapat menghemat waktu dan uang saat menggunakan platform ini. Selain itu pengguna juga mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena untuk menggunakan WPA pengguna tidak perlu lagi mengunduh atau menginstal aplikasi yang tentunya akan mengurangi kapasitas penyimpanan pada smartphone miliknya.

Pengalaman pengguna atau biasa dikenal dengan User Experience (UX) sangat penting untuk meningkatkan kualitas suatu halaman website. Pengembang web dan pemilik bisnis berlomba-lomba mengupdate website yang mereka gunakan untuk memenuhi ekspektasi UX.

Lantas bagaimana caranya agar pengguna internet tetap mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan ekspektasi mereka dalam mengakses dan menjelajahi suatu situs? Simak tips berikut ini!

Buat ikon yang menarik

Satu hal yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna adalah memanjakan kebutuhan visual mereka. Maka dari itu, Anda harus bisa membuat ikon yang menarik dan mengikuti panduan aplikasinya. Anda bisa bermain dengan warna atau gambar yang sesuai dengan konsep yang Anda miliki.

Loading Time

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah Loading Time. Jika Anda memposisikan diri sebagai pengguna, tentunya Anda tidak ingin menunggu lama untuk bisa langsung masuk ke halaman utama. Setelah pengguna membuka Aplikasi Web Progresif, hal itu membuat mereka merasa seolah-olah tidak menggunakan situs web tersebut.

Baca juga  Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Berkebun!

Namun sebaliknya, membuat para pengguna tersebut seperti menggunakan aplikasi nyata yang berjalan secara natural. Tetapi masalah utama terjadi pada jaringan yang lambat, tetapi Anda dapat memperbaikinya dengan pendekatan cache.

Prioritaskan kecepatan

Salah satu hal yang harus Anda pikirkan saat membicarakan UX adalah kecepatan. Ini bukan hanya server dan jaringan, Anda harus tetap memikirkan desain aplikasi yang ramah dan menarik bagi pengguna.

Jadi mulailah dengan mengoptimalkan beberapa informasi yang ditampilkan di halaman, gambar, detail login jika diperlukan, dan sebagainya. Kemudian Anda juga dapat menguji aplikasi untuk mengetahui waktu pemuatan. Lakukan loadong time 2-3 detik jika membutuhkan lebih dari itu, Anda juga harus bisa memberikan beberapa hiburan sementara agar pengguna tidak merasa bosan.

Buat konten responsif

Dengan membuat konten responsif, ini adalah pelajaran penting tentang bagaimana Aplikasi Web Progresif dapat menawarkan UX terbaik bagi penggunanya.

Bangun komunikasi

Salah satu hal yang membuat pengguna merasa Ux-nya terpenuhi adalah karena situs web memiliki responsivitas dan komunikatif. Mau tidak mau kita harus bertanya apakah teknologi saat ini telah mengubah cara orang berinteraksi. Pengguna akan menginginkan umpan balik yang cepat.

Jadi jangan biarkan mereka menunggu feedback terlalu lama dan jangan berikan penjelasan yang membingungkan jika tidak ingin kehilangan pengguna website Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan notifikasi saat ada pesan masuk.

Hindari font yang mewah

Masih dari segi visual, jika menurut Anda penting untuk memilih font di Progressive Web Apps. Jadi sebaiknya gunakan font yang sederhana dan menyenangkan agar bisa membuat pengguna merasa nyaman saat berselancar dan berinteraksi.

Jangan ikuti desain situs web

Jika Anda ingin mulai membuat Progressive Web Apps (WPS) maka Anda bisa memulainya dengan desain yang sesederhana mungkin. Jika desain situs web asli Anda menggunakan latar belakang, Anda dapat mengesampingkannya dan memulai dengan desain yang lebih minimalis. Anda juga bisa mengesampingkan semua tentang meta-informasi. Gunakan juga tautan dan tombol yang sederhana dan dinamis. Anda bisa menggunakan desain dasar yang dimiliki oleh Google.

Baca juga  Tips Memilih Mukena Yang Nyaman.

Mengapa User Experience ini sangat penting untuk dipikirkan karena memenuhi kebutuhan dasar dari apa yang dibutuhkan pengguna pada setiap situs dan aplikasi dapat membuat pengunjung website Anda meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here