Terakurat – Tips Merawat Sepatu Suede – Suede merupakan jenis kulit fuzzy dengan sentuhan akhir yang terbuat dari bagian bawah kulit hewan, sehingga lebih lembut dan lebih lentur dibandingkan bahan kulit lainnya. Suede sendiri memiliki kelemahan, yaitu tidak tahan terlalu lama seperti bahan kulit yang diambil dari lapisan kulit luar. Bahan ini biasanya digunakan untuk jaket, dompet, furnitur, pakaian dan juga sepatu.

Terkadang, orang menjadi “sayang” ketika akan memakai sepatu suedenya karena dikhawatirkan rusak. Meskipun kamu sudah memakainya secara hati-hati, tetapi tetap saja tidak mungkin menghindarkan sepatu dari kotoran dan kerusakan.

Nah berikut ini sedikit tips merawat sepatu suede agar sepatu kamu selalu terlihat seperti baru dan terawat.

Tips Merawat Sepatu Suede yang Baik dan Benar

Tips Merawat Sepatu Suede

Menggunakan Sikat Khusus

Perawatan yang paling dasar adalah membersihkannya dari debu, baik jika sepatu suede tersebut baru dipakai atau hanya disimpan saja. Menyikatnya juga tidak boleh asal-asalan, sebaiknya gunakanlah sikat khsusu untuk sepatu suede.

Sikat sepatu juga harus dalam keadaan kering, karena suede memiliki partikel halus sehingga cara yang paling benar adalah disikat dalam keadaan kering dan menggunakan sikat khusus.

Sikat Perlahan untuk Menghilangkan Noda Ringan

Ketika terdapat noda ringan pada sepatu suede yang kamu miliki, maka sikat saja secara perlahan menggunakan sikat khusus. Sikat sepatu dengan gerakan satu arah terulang, jangan bolak-balik karena dapat merusak tekstur bulu suede. Jadi sapukan sikat dengan lembut ke area yang ternodai. Menyikat dalam satu arah  membantu menghilangkan lapisan permukaan kotoran dari serat kulit suede.

Setelah selesai menyikatnya secara perlahan lalu sikat lagi noda menggunakan gerakan maju mundur. Kali ini kamu boleh menyikatnya dengan menambah sedikit tekanan. Cara ini juga cocok untuk mengangkat noda tanah atau noda lumpur kering yang terperangkap di bawah permukaan suede.

Baca juga  Cara Mendaftar Instagram - Cara Membuat Akun Instagram

Menggunakan Penghapus untuk Noda yang Membandel

Kategori noda membandel adalah noda gores atau noda yang tidak bisa dihilangkan dengan sikat. Untuk menghilangkanya, kamu bisa menggunakan karet penghapus pensil atau karet krep (bahan yang berkerut untuk membuat sol sepatu). Tentunya, kamu juga bisa menggunakan penghapus khusus suede (rubber suede eraser).

Gosok pada sepatu suede dengan penekanan sedang, kamu bisa menambah tekanan gosokan untuk menghilangkan noda yang membandel. Jika kamu berencana menghilangkan noda yang mengering, jangan lupa beri alas dibawah sepatu, karena kotorannya akan bertebaran ke bawah.

Menggunakan Cuka/Alkohol untuk Menghapus noda Besar

Jika noda pada sepatu suedemu masih tidak hilang juga meskipun telah melewati beberapa cara diatas, kini saatnya menggunakan senjata pamungkas seperti Cuka atau Alkohol. Cuka putih mampu mengangkat noda ringan ataupun noda berat, contohnya noda soda, sup, kopi dan lain sebagainya. Cara  menggunaannya tuanglah cuka ke kain bersih lalu gosokan pada noda di sepatu suede hingga bersih.

Lalu setelah mengering, gunakanlah sikat khusus untuk membersihkan sisa noda yang terlepas berkat cuka tapi masih menempel pada sepatu suede. Alternatif lain kamu bisa menggunakan cuka, kamu juga bisa menggunakan rubbing alcohol.

Sikat dengan Kuat untuk Menghilangkan Goresan

Noda yang satu ini sering juga menimpa sepatu suede, yaitu goresan. Suede terdiri dari partikel yang lembut, sehingga ketika tergores akan sangat terlihat. Cara mengatasinya adalah dengan menggosok bagian sepatu yang tergores dengan cara menggosoknya secara bolak-balik. Dan jangan lupa juga menggunakan sikat khusus untuk sepatu suede.

Hilangkan Noda Berminyak dengan Bedak

 Jika terdapat noda minyak pada sepatu suede yang kamu miliki, maka jangan panik dulu. Pasalnya dapat diatasi dengan mudah hanya meangaatkan bedak tabur ke atas noda. Dan noda minyak akan hilang dengan sangat baik. Setelah itu diamkan bedak selama 1-2 jam lalu kamu akan melihat bedaknya seperti menggenang dengan minyak. Jika sudah begitu lalu sikatlah dengan sikat khusus.

Baca juga  Inilah Perbedaan Sepatu Wakai Asli dan Palsu yang Harus Kamu Tahu!

Tetapi kamu harus melakukan trik ini dengan secepat mungkin, jangan sampai noda minyaknya sudah mengering. Jika tidak ada bedak tabur kamu juga bisa memanfaatkan cornstarch untuk menghilangkan noda berminyak.

Angkat Noda Lilin dan Karet dengan Membekukannya

Namanya noda, pasti bisa kapan saja mengenai sepatu. Baik ketika tidak sengaja menginjak permen karet dijalan ataupun noda lilin ketika kamu sedang membawa lilin. Seperti halnya cara menghilangkan noda pada permen karet dari celana jeans, kamu perlu membekukan sepatu untuk menyingkirkan noda permen karet dan lilin.

Masukan sepatu suede yang terdapat noda permen karet atau lilin ke dalam freezer selama beberapa jam. Setelah itu permen karet akan mengeras dan lilin akan mengelupas dengan sendirinya dalam suhu dingin. Jika sudah membeku, sikat lagi sepatu suede kamu untuk menghilangkan sisa noda jika masih ada.

Jika diatas tadi adalah cara menghilangkan noda pada sepatu suede, maka berikut ini cara merawat sepatu suede.

Mencukur Bulu Sepatu Suede

Cara ini mungkin terdengar aneh, tetapi untuk merawat sepatu suede maka disarankan untuk mencukur bulunya. Langkah ini berguna untuk mengembalikan tekstur suede menjadi halus kembali seperti waktu pertama kamu membelinya.

Karena suede bahan kulit yang berbulu, maka seiring berjalannya waktu bulunya akan menjadi berserabut. Nah, untuk mengembalikan keindahannya maka diperlukan metode mencukur bulunya dengan pisau cukur jenggot. Caranya tekan pisau cukurnya tetapi jangan terlalu dalam, setelah mencukur bulu sepatu suede lanjutkan dengan menyikatnya menggunakan sikat khusus.

Mengembalikan Kulit yang Kusut

Setelah semua sikatan, bedak tabur, dan metode-metode lainnya untuk menghilangkan noda, selanjutnya sepatu kammu bisa saja akan nampak kusam. Tapi jangan khawatir, kamu bisa meremajakan kembali sepau suede yang telah kusam. Cukup dengan menggunakan cuka atau alkohol saja, setelah itu gosok permukaan suede dengan kain yang sudah dituang cuka atau alkohol. Lalu biarkan sepatu mengering dengan sendirinya. Setelah itu, kembangkan kembali bulu-bulu pada sepatu suede menggunakan sikat khusus. Dengan metode ini, maka sepatu suedemu akan bersih berkilau layaknya baru.

Baca juga  Tips Cek Garansi iPhone yang Asli dengan Mudah dan Praktis!

Lindungi Sepatu Suede

Terakhir, lindungi sepatu suede. Lumasi sepatu suede yang baru saja kamu beli denga menyemprotkan pelindung suede. Semprotan ini biasanya akan membuat sepatu menjadi taha air, minyak, saus dan apapun yang bisa meninggalkan noda pada sepatu. Semprotan ini juga akan mencegah terjadinya goresan.

Jangan takut memakai sepatu suede karena kamu bisa menghilangkan semua noda dan membuat tampilan sepatu layaknya seperti baru lagi dengan mengaplikasikan beberapa langkah di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here