Terakurat.com – Tips ngabuburit dirumah – Bulan Ramadhan sangatlah erat kaitannya dengan ngaburit atau jalan-jalan pada saat sore hari menunggu adzan maghrib berkumandang.

Namun sayangnnya puasa tahun ini tentunya akan sangat berbeda karena wabah pandemi Covid-19. Hal ini tentunya tak bisa ngabuburit lagi keluar rumah karena pemerintah telah menetapkan agar masyarakat Indonesia untuk tetap berada di rumah saja guna memutus rantai penyebaran virus Corona.

Meskipun begitu, jangan kecewa meski puasa ramadhan tahun ini tidak bisa ngabuburit jalan-jalan sore sambil mencari takjil di luar rumah. Karena masih ada banyak kegiatan sore yang dapat kamu lakukan bersama keluarga. Dengan begitu maka ngabuburit di rumah tak hanya semakin seru namun mendapatkan keberkahan. Nah agar kamu tak semakin penasaran apasaja kegiatan ngabuburit tersebut, simak berikut ini tips ngabuburit dirumah tetap seru.

Tips Ngabuburit Dirumah Selama Pandemi

Menonton Film Serial Favorit

Menonton sebuah film memang menjadi salah satu kegiatan yang diminati oleh banyak orang, baik itu orang dewasa hingga anak kecil sekalipun. Ngabuburit kali ini bisa kamu isi dengan menonton film serial favorit bersama keluarga.

Tak hanya itu saja, kamu dan keluarga juga bisa menonton film yang bernuansa islami. Seperti My name is Khan, Ketika Cinta Bertasbih dan masih banyak lagi.

Tadarus

Pada umumnya selain menjalankan ibadah puasa penuh selama 30 hari, umat muslim juga melengkapi ibadahnya dengan menghatamkan kitab suci agama Islam yaitu Al-Quran. Mengaji atau tadarusan bersama keluarga juga bisa di jadikan sebagai ajang ngabuburit. Jika tadarusan dilakukan secara rutin setiap harinya maka 30 jus dapat diselesaikan dalam waktu 30 hari.

Menonton Ceramah

Agar ilmu agama kamu dan keluarga terus bertambah, maka tak ada salahnya apabila ngabuburit dengan menonton ceramah di stasiun tv. Karena di setiap bulan Ramadhan, hampir semua stasiun tv menayangkan ceramah yang di isi oleh beberapa ustadz atau ustadzah ternama di Indonesia.

Baca juga  Tips Membersihkan Lensa Kacamata yang Kotor dengan Mudah

Selain itu, saat ini juga sudah banyak ustadz dan ustadzah yang sengaja membuat channel Youtube untuk membagikan ilmu agama islam. Nah, kamu dan keluarga hanya perlu mencari nama ustadz atau ustadzah atau mencari topik islam yang di inginkan.

Olahraga Bersama Keluarga di Rumah

Jika pada hari-hari biasanya kamu dan keluarga melakukan olah raga jalan santai keliling komplek rumah, maka untuk kali ini dilakukan ngabuburit olahraga dirumah saja. Meskipun begitu, masih banyak olah raga yang dapat dilakukan bersama misalnya seperti Yoga, peregangan tubuh, aerobik dan lainnya.

Masak Menu Berbuka

Daripada membeli menu masakan untuk berbuka di luar rumah, alangkah baiknya memasak sendiri bersama keluarga. Selain hemat membuat menu berbuka sendiri lebih sehat daripada membeli makanan diluar.

Tak hanya membuat ngabuburit menjadi lebih seru, tetapi masak sendiri juga lebih terjamin kesehatannya dan rasanya juga lebih lezat.

Membuat Cemilan

Buat kamu yang belum mengantuk setelah sholat tarawih, biasanya kamu dan keluarga akan menonton serial tv bersama dan ditemani dengan cemilan kekinian. Nah, cemilan seperti ini dapat kamu buat pada saat sore hari sebagai kegiatan ngabuburit.

Banyak ragam cemilan kekinian yang bisa kamu buat tentunya, dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Misalnya seperti pie susu, mie risol, pudding oreo dan lainnya.

Berkebun

Jika halam rumah kamu ada yang kosong, ubah menjadi kebun bisa menjadi ide yang bagus. Waktu berkebun ini dapat kamu lakukan bersama keluarga saat ngabuburit sore hari. Tanamlah beberapa pohon rindang, sayuran, buah atau juga bunga-bunga.

Mini kebun yang kamu dan keluarga buat akan menjadi sebuah pemandangan yang indah dan hasil dari berkebun tersebut bisa di panen dan langsung dimasak.

Baca juga  Menghapus Cache di Android Hingga Bersih Dengan CC Cleaner

Membuat kerajinan tangan

Daripada ngabuburit hanya bengong-bengong saja, lebih baik ngabuburit dengan membuat kerajinan tangan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kerajinan tangan ini dapat kamu pajang untuk menghiasi dinding atau meja pojok yang berada di rumah. Selain itu, kerajinan tangan juga bisa kamu jugal loh.

Beraneka ragam kerajinan tangan yang bisa kamu coba buat dengan menggunakan beberapa bahan-bahan bekas. Misalnya membuat anyaman dari koran bekas kemudian di cat dengan warna-warna yang cantik, bingkai foto dari stik es cream atau lampuhias dari botol dan lainnya.

Nah itulah beberapa tips ngabuburit dirumah yang bisa kamu coba. Meskipun di rumah aja bukan berarti kamu beserta keluarga tidak dapat melakukan apa-apa saat waktu ngabuburit. Banyak kegiatan seru lainnya yang dapat kamu lakukan bersama keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here