terakurat.comvirus-corona– Pengumuman resmi yang disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, tentu saja membuat seluruh masyarakat Indonesia lebih waspada terhadap penyebaran virus Corona.

Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. Menyatakan bahwa 2 orang Warga Negara Indonesia positive terkena virus Corona. Kedua WNI tersebut tinggal di Depok, merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan anak perempuannya yang berusia 31 tahun.

Pasien yang dinyatakan positive virus Corona tersebut saat ini telah dimasukan ke ruang isolasi Rumah Sakit Sulianti Saroso. Mereka dikabarkan tertular oleh Warga Negara Jepang yang datang bertamu ke rumahnya. Warga Negara Jepang itu sendiri terdeteksi positive virus Corona saat tiba di Malaysia.

Nah Guys, Jangan Panik!

Selain harus menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, kita juga perlu menjaga kebersihan diri agar terlindung dari COVID-19.

Gunakan Masker saat melakukan aktivitas di luar rumah, pastikan tangan selalu dalam keadaan yang bersih, bersihkan rumah dan pekarangan dengan rutin, jaga daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, serta perbanyaklah mengkonsumsi air putih.

Menggunakan Hand Sanitizer? Benarkah Ampuh Menghadapi virus Corona?

Jangan Pakai Hand Sanitizer.

cnnindonesia.com

Membersihkan tangan menggunakan hand sanitiser juga akan menimbulkan dampak negatif. Hand sanitizer mengandung desinfektan yang bisa membunuh flora bakteri normal. Flora bakteri ini dapat berfungsi untuk melapisi kulit dan membantu melawan serangan petogen, seperti norovirus.

Hand sanitizer juga mengandung alkohol yang dapat menyerap minyak dan air pada kulit sehingga kulit akan menjadi kering. Hal ini dapat membuat kulit menjadi kasar dan pecah-pecah jika digunakan secara berlebihan.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Tangan.

halodoc.com

Mencuci tangan dengan sabun memang bagus, namun jika dilakukan terlalu sering justru dapat menyebabkan pneumonia (Infeksi yang menimbulkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru, yang dapat berisi cairan) dan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga  Manfaat Dan Jenis Vaksin di Indonesia.

Mencuci tangan berlebihan bisa menyebabkan pengikisan kulit dan melemahkan kemampuannya untuk bekerja sebagai barrier kulit guna menjaga kelembapan dan zat-zat berbahaya keluar. mencuci tangan dengan sabun dalam jumlah sedang selama lebih dari 30 detik secara efektif, lebih baik daripada mencuci tangan beberapa kali sehari.

Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih. Hal ini disarankan karena tangan yang basah bisa menyebabkan gangguan kulit dan patogen menempel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here