Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Disetiap pelosok negeri ini menyimpan banyak keindahan alam yang luar biasa dan sangat memukau. Salah satunya terdapat di kepulauan Kalimantan. Seperti yang kita ketahui bahwa Pulau Kalimantan disebut juga dengan Pulau Borneo dan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu, Kalimantan Barat, kalimantan Selatan,Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah.

Walaupun tak begitu terkenal seperti Pulau Bali, Kalimantan juga menyimpan banyak tempat wisata yang tidak biasa dan patut diakui keindahannya. Memiliki tempat wisata yang beragam, berlibur ke Pulau Kalimantan tentu tidak akan terasa membosankan. Tempat wisata yang ada di Kalimantan ini wajib jadi list dalam daftar kunjunganmu berikutnya.

1. Pasar Terapung Lok Baintan.

Masih ingat salah satu iklan satsiun TV jaman dulu yang menampilkan pasar terapung dengan ikon seorang nenek mengacungkan jempol ok ? Nah, Gambar dari slogan TV tersebut diambil dari pasar terapung ini. Pasar Terapung Lok Baintan berlokasi di Kalimantan Selatan dan sudah menjadi ikon tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Pasar ini juga biasa disebut dengan Pasar Terapung Sungai Martapura. Merupakan tempat favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktunya.

Selain karena unik pasar terapung ini juga bisa jadi spot foto yang keren untuk menggiasi instagrammu. Selain itu kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal yang ada disana, berbelanja di pasar terapung merupakan salah satu tradisi yang masih terpelihara hingga saat ini. Aktivitas jual beli di Pasar Terapung Lok Baintan dimulai sejak jam 6 pagi sampai jam 8 pagi.

2. Bukit Kelam.

Gunung batu raksaasa yang terdapat di Pulau Kalimantan Barat ini juga recomended untuk kamu kunjungi. Bukit Kelam yang sudah menjadi ikon tempat wisata di Sintang ini sampai sekarang masih menyimpan berbagai misteri. Bongkahan batu raksasa yang monolit diakui sebagai bongkahan batu yang terbesar di dunia.

Baca juga  Alasan Tujuan Kenapa Taman Situ Lembang ditutup?

Kawasan perbukitan ini menyajikan panorama keindahan alam yang tidak ada duanya. Kamu bisa loh, tracking ke atas Bukit Kelam untuk melihat-lihat keindahan kota Sintang. Jangan takut, kamu nggak perlu susah payah untuk mendaki, karena sudah disediakan tangga yang akan mempermudah para pendaki untuk naik ke atas.

3. Sungai Kapuas.

Sungai terpanjang di Indonesia ini juga menjadi tempat wisata di Kalimantan yang tidak boleh dilewatkan. Menjadi urat nadi kehidupan masyarakat Pontianak ini banyak memiliki peranan. Salah satunya sebagai sarana transportasi yang mempermudah mobilitas warga lokal. Kamu juga bisa mencoba menyusuri Sungai Kapuas sambil melihat-lihat keindahan alamnya.

4. Taman Nasional Tanjung Puting.

Bicara tentang tempat wisata di Pulau Kalimantan, Taman Nasional Tanjung Puting nggak boleh terlewat. Taman nasional yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah ini sudah menjadi ikon cagar alam dan suaka margasatwa.

Berkunjung ke sini kamu bisa menikmati suguhan alam berupa hutan tropis khas Kalimantan, ditambah lagi dengan kehadiran orang utan yang dijaga di taman nasional ini. Selain bisa melihat orang utan dari jarak yang cukup dekat, kamu juga bisa melihat satwa lain seperti beruang, rusa, bekantan, dan kucing liar.

5. Danau Tahai.

Indahnya Danau Tahai yang berada di Palangkaraya juga wajib masuk daftar wisatamu yaa. Pasalnya, Objek wisata alam ini menawarkan keindahan danau yang masih asri dan nggak ada duanya. Buat kamu yang hobi tracking juga bisa mengelilingi Danau Tahai dan mengabadikannya. Jika sedang beruntung kamu bisa bertemu hewan khas “uwak-uwak”, yaitu sejenis kera yang hidup di sekitar Danau Tahai.

6. Goa Haji Mangku atau Goa Biru.

Goa Haji Mangku atau lebih dikenal dengan Goa Biru ini memiliki keindahan yang menakjubkan. Danau dengan airnya yangberwarna biru ini sangat eksotis dan masih terjaga keasriannya. Jika kamu ingin menyaksikan keindahan alam Goa Haji Mangku datanglah ke Pulau Maratua yang terletak di Kalimantan Timur. Dan bersiaplah untuk terpesona dengan keindahannya.

Baca juga  Tempat Wisata di Belitung - Deret Pantai Yang Menawan

7. Pulau Pasir Putih, Kepulauan Derawan.

Surga tersembunyi begitulah julukan untuk tempat wisata yang satu ini. Berada di ujung timur Pulau Kalimantan. Keindahannya terbukti telah banyak memikat hati para wisatawan. Di Kepulauan Derawan ini kamu juga bisa mengunjungi beberapa pulau kecil menggunakan kapal. Salah satunya adalah Pulau Gusung yang terkenal dengan pasir putih bersihnya. Kamu yang hobi foto-foto juga bisa mendapatkan banyak spot unik.

8. Danau Labuan Cermin, Biduk Biduk.

Tempat wisata cantik ini terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau Labuan Cermin menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin begitu menenangkan karena dikelilingi rimbunan pohon dan suasana alam yang asri. Tempat ini disebut juga dengan nama Danau Labuan Cermin karena permukaan airnya bisa membuat cahaya matahari memantul sehingga terliat sangat jernih seperti cermin.

9. Air Terjun Gunung Rian.

Wisata Air Terjun Gunung Rian terletak di Desa Safari Rian, Kabupaten Sesayap, Kalimantan Utara. Keindahan air terjun dengan ketinggian 90 meter ini memikat wisatawan untuk datang berkunjung karena Air Terjun ini menyuguhkan keindahan alam yang alami, asri dan sangat menenangkan hati. Untuk bisa datang ke tempat ini kamu harus melalui 7 tingkatan yang sangat terjal.

10. Long Bawan.

Daerah Pegunungan Long Bawan terletak di Desa Krayan, Kabupaten Nunukan. Desa ini tersembunyi dan tidak bisa diakses melalui jalur darat, hanya bisa melalui jalur udara saja. Tersembunyi di balik pegunungan di belantara Kalimantan membuat tempat ini berudara sejuk dan dingin.

Pengunjung dapat melakukan penjelajahan hutan, melihat-lihat flora dan fauna, menikmati pemandangan sawah serta peternakan kerbau. Uniknya, pengunjung juga dapat menikmati tarian parisanan dan bari tubing yang diperagakan oleh suku Dayak Lundaye yang menempati desa ini.

Baca juga  Tebing Keraton, Tempat Wisata Terfavorit di Bandung

11. Sunset di Pantai Melawai, Balikpapan.

Menilik dari letak geografisnya yang menghadap ke arah Timur, sepertinya sulit untuk melihat matahari terbenam di Balikpapan, Kalimantan Timur. Tapi, anggapan itu terbantahkan jika kamu datang berkunjung ke pantai Melawai yang letaknya tidak jauh dari pusat kota. Posisi pantai yang berada di sebuah teluk kecil membuatnya menjadi lokasi untuk melihat sunset terindah di Balikpapan.

Untuk tiba di pantai ini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar lima menit dari pusat kota. Sedekat itu guys… Selain pemandangan sunset-nya yang cantik , kamu juga bisa melihat kapal pengangkut yang wara-wiri di pelabuhan Semayang. Ada juga Pulau Babi yang bisa kamu datangi hanya dengan berjalan kaki saat air surut.

12. Pulau Kakaban.

Pulau Kakaban dikaruniai keunikan yang sangat terkenal diantara wisatawan domestik ataupun mancanegara. Sebabnya, pulau ini memiliki sebuah danau dengan air payau.

Lebih menggemaskannya lagi yaitu ubur-ubur yang tidak memiliki sengat hidup di danau Kakaban dan bertebaran dimana-mana, jadi kamu bisa berenang bebas dengan ribuan ubur-ubur dan nggak takut tersengat. Yang membuatnya hebat adalah keunikan seperti ini ternyata hanya ada 2 di dunia, Wow bangganya jadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here