terakurat.comyahoo-mail-ditutup– Belum lama ini dunia internet dikagetkan dengan berita akan ditutupnya Yahoo Groups. Layanan diskusi online buatan perusahaan internet Yahoo ini tiba-tiba saja ditutup tanpa adanya alasan yang cukup jelas.

Meskipun Yahoo Groups akan ditutup, beberapa netizen cukup merasa cemas karena takut akun Yahoo Mail mereka juga akan ikut ditutup. Yahoo Groups memang menggunakan Yahoo ID sebagai salah satu metode login-nya, dan aktivitas diskusi Yahoo Groups juga dapat dilakukan lewat email.

tribunnews.com

Namun benarkah Yahoo Mail juga akan ditutup bersama dengan Yahoo Groups?

1. Fungsi Yahoo Groups.

Pertama, Yahoo Groups merupakan layanan diskusi online dari Yahoo yang sudah beroperasi mulai dari tanggal 30 Januari 2001 silam. Apa yang membedakan Yahoo Groups dengan sarana diskusi online lainnya adalah dari cara komunikasinya. Diskusi Yahoo Groups ini dapat dilakukan melalui thread ala situs forum diskusi tradisional, maupun melalui email ala mailing list.

Untuk bergabung dengan Yahoo Groups, sebenarnya tidak harus menggunakan Yahoo ID, tapi ada beberapa fitur khusus yang hanya bisa digunakan pemilik akun Yahoo ID.

2. Fungsi Yahoo Mail.

Sementara itu, Yahoo Mail merupakan layanan email yang disediakan Yahoo mulai dari tanggal 8 Oktober 1997. Per tahun 2017, Yahoo Mail punya pengguna aktif sebanyak 225 juta orang.

Fungsi Yahoo Mail serupa dengan layanan email lainnya, dimana pengguna bisa mengirim surat elektronik ke alamat email lain. Berbagai macam lampiran seperti foto, video, dan file lainnya bisa disertakan ke dalam email.

Jika memiliki akun Yahoo Mail, pengguna juga bisa menggunakan produk Yahoo lainnya tanpa perlu membuat ID baru karena sudah termasuk ke dalam Yahoo ID.

Baca juga  Cocok Untuk Anak Muda, Ini Cara Investasi Reksa Dana Untuk Pemula

3. Ditutupnya Yahoo Groups.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Yahoo Groups akan segera ditutup oleh induknya yaitu Yahoo. Proses penutupan dimulai sejak tanggal 21 Oktober 2019 dengan memblokir fitur upload konten baru.

Kemudian pada tanggal 14 Desember 2019, Yahoo akan menghapus konten Yahoo Groups. Konten yang dihapus adalah file ter-upload, polling, link, foto, folder, database, kalender, percakapan, hingga riwayat pesan.

Meskipun fitur upload sudah diblokir, namun pengguna masih bisa men-download konten-konten dari Yahoo Groups. Bahkan hal ini sangat disarankan oleh Yahoo yang menganjurkan pengguna membuat backup sebelum batas waktu yang ditentukan.

4. Yahoo Mail tetap aman

Lalu apa dampak dari penutupan Yahoo Groups terhadap Yahoo Mail? Tidak ada.

Meskipun saling berkaitan, penutupan Yahoo Groups tidak akan memiliki pengaruh terhadap Yahoo Mail karena keduanya adalah produk yang berbeda. Tentunya kamu bisa terus menggunakan Yahoo Mail di tahun 2020 nanti, saat Yahoo Group benar-benar hilang jejaknya dari internet. 

Apalagi di bulan September 2019 lalu, Yahoo mengumumkan upgrade untuk aplikasi Yahoo Mail di Android dan iOS; bertepatan dengan peluncuran logo barunya. Artinya, Yahoo masih akan mengembangkan produk Yahoo Mail ke depannya.

Jadi, jangan kuatir kehilangan email-email penting dan nggak bisa login medsos dengan Yahoo Mail lagi, karena layanan email terbesar ketiga di dunia ini masih bisa terus dipakai oleh pengguna setianya.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here