10 Cara Untuk Melatih Kreatifitas Yang Penting

terakurat.com - Melatih Kreatifitas, cara mengasah otak kanan dan kiri, cara berpikir kreatif dan inovatif, latihan mengasah otak, asah otak

satujam.com

Pentingnya Melatih Kreatifitas untuk memunculkan ide dan gagasan baru

Melatih kreatifitas dan asah otak – Bagaimana cara mengasah otak kanan dan kiri? Bagaimana cara berpikir kreatif dan inovatif ? Bagaimana latihan mengasah otak? Kita akan ulas dalam artikel inspirasi kali ini.

Melatih kreatifitas adalah kemampuan daya cipta yang di miliki oleh seseorang melalui proses mental yang melibatkan pemunculan ide dan gagasan baru.

terakurat.com - Melatih Kreatifitas, cara mengasah otak kanan dan kiri, cara berpikir kreatif dan inovatif, latihan mengasah otak, asah otak

Bagaimana latihan mengasah otak? Mengapa melatih kreatifitas perlu di asah ? setiap orang mempunyai potensi dalam bidang yang berbeda – beda,

Potensi yang ada dalam diri seseorang ini perlu dipupuk sejak dini agar bisa diwujudkan, dan dalam mewujudkannya perlu pendorong yaitu dari lingkungan maupun dalam diri sendiri.

Jadi, latihan mengasah otak akan menjadikan seseorang mampu menghasilkan sesuatu yang sifatnya baru dan menciptakan gagasan – gagasan baru serta ide – ide yang segar.

Bagaimana Cara Untuk Mengasah dan  Melatih  Kreatifitas

Bagaimana cara mengasah otak kanan dan kiri? Bagaimana cara berpikir kreatif dan inovatif ? Bagaimana latihan mengasah otak? Bagaimana Melatih Kreatifitas? Simak tips berikut ini:

1. Menemukan Hobi Baru

Menemukan hobi baru adalah salah satu cara agar melatih kreatifitas, apabila kamu sebelumnya belum pernah belajar hal lain.

Dengan mencari hobi baru maka kita melatih sebuah tantangan bagi otak agar tetap aktif.

Kamu bisa mencoba dengan bermain alat musik yang kamu belum kuasai seperti gitar, piano.

Atau dengan latihan visual seperti menggambar atau melukis.

2. Membaca Buku

Dengan membaca buku tentunya kamu dapat menambah asupan kata dalam otak, tentunya akan sangat berguna dalam mencari inspirasi.

Kemampuan menemukan ide – ide baru agar tetap melatih kreatifitas kamu, dan membaca juga dapat melenturkan otot – otot otak.

Baca juga  10 Tanda Kecerdasan Emosional Dari Perilaku Seseorang

3. Bermain Strategi Game dan Asah Otak

Dalam permainan strategi dan permainan asah otak seperti monopoli, catur atau banyak fitur Game Online yang menyediakan permainan strategi dan asah otak.

Tentunya selain merefleksikan pikiran, game ini juga akan memacu otak kanan untuk bekerja, dan akan membantu kamu untuk menjadi berfikir kreatif.

4. Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing juga merupakan salah satu cara untuk mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak anda mulai berbicara.

Seperti yang dilansir pada  York University di Toronto tahun 2007 dalam studinya.

Mereka mengemukakan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke  otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

5. Bergaul

Dalam kehidupan sosial, manusia akan berinteraksi dengan manusia lainnya, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial dan memerlukan bantuan orang lain.

Dengan bergaul kamu akan memiliki jaringan sosial yang memberikan perlindungan kepadamu,

Dan tentunya dapat mengaktifkan kreatifitas kembali dan mencegah seseorang terhadap penyakit Alzheimer seperti yang di ungkapkan oleh Dr David Benner dari Rush University Medical Center pada tahun 2006,

Dengan mempunyai jaringan sosial seseorang akan terhindar dari gejala klinis pada penyakit Alzheimer.

6. Menulis Dengan Tangan

Salah satu cara mengasah otak kanan dan kiri selanjutnya adalah dengan menulis. Aktivitas menulis akan menggunakan kedua belah otak yang berguna untuk mengasah kemampuan dan melatih kreatifitas seseorang.

Mungkin selama ini kamu melakukan kegiatan menulis dengan menggunakan microsoft word doc cobalah sesekali melakukannya dengan manual menggunakan pena dan kertas.

Hal baru seperti ini juga akan menghindari kamu dari kejenuhan dan aroma yang terdapat pada kertas dapat menambah kreatifitas mu.

Baca juga  Kumpulan Kata Gombal untuk Merayu Seseorang

7. Meditasi

Dalam menunjang daya kreatifitas seseorang meditasi akan berguna untuk membuat fikiran menjadi lebih fokus.

Karena ketika seseorang sedang dalam metidasi maka pikiran akan menjadi lebih terpusat, meditasi juga dapat meredamkan emosi yang ada dalam diri.

8. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik juga merupakan sebuah saran yang efektif untuk menambah daya kreatifitas seseorang.

Karena musik dapat merangsang bagian otak yang mengontrol tindakan motorik, emosi dan terutama pada musik – musik klasik seperti mozart dan lain sebagainya.

9. Habiskan Waktu lebih banyak di luar ruangan

Menghabiskan waktu terlalu lama di dalam sebah ruangan tentunya akan membuat seseorang mejadi cepat bosan dan pikiran menjadi pusing.

Cobalah pada waktu – waktu tertentu untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar seperti membaca buku di taman atau sesekali berpetualang ketempat yang belum pernah kamu jajaki sebelumnya.

Hal ini sangat membantu menunjang daya kreatifitas seseorang.

10. Berolahraga

Cara melatih kreatifitas yang terakhir yaitu berolahraga. Berolahraga juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya dan melatih kreatifitas karena dengan berolahraga otak menjadi sehat dan dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

Baca juga Infomania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: