terakurat.commasjid-di-korea-selatan– Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musala, langgar atau surau. Istilah tersebut diperuntukkan bagi masjid yang tidak digunakan untuk salat Jumat, dan umumnya berukuran kecil. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Mesjid Pertama di Dunia.

Ketika Nabi Muhammad saw tiba di Madinah, dia memutuskan untuk membangun sebuah masjid, yang sekarang dikenal dengan nama Masjid Nabawi, yang berarti Masjid Nabi. Masjid Nabawi terletak di pusat Madinah. Masjid Nabawi dibangun di sebuah lapangan yang luas. Di Masjid Nabawi, juga terdapat mimbar yang sering dipakai oleh Nabi Muhammad saw. Masjid Nabawi menjadi jantung kota Madinah saat itu. Masjid ini digunakan untuk kegiatan politik, perencanaan kota, menentukan strategi militer, dan untuk mengadakan perjanjian. Bahkan, di area sekitar masjid digunakan sebagai tempat tinggal sementara oleh orang-orang fakir miskin.

Saat ini, Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjid al-Aqsa adalah tiga masjid tersuci di dunia.

Masjid adalah tempat ibadah bagi umat islam, berikut ini beberapa masjid yang ada di Korea Selatan:

Masjid Abu Bakar Al-Siddiq, Jeonju.

Berdiri pada 1985 dan berlokasi di distrik Deokjin-gu, Jeonju, Jeollabuk-do, Korea Selatan. Arsitekturnya megah dan merupakan perpaduan seni Islam dan Korea. Hal ini tampak pada atap masjid khas bangunan Korea dan kubah khas tempat ibadah untuk umat Islam.

  1. Masjid Sirothol Mustaqim, Ansan.
Baca juga  Destinasi Wisata Seindah Bali!

Pembangunan Masjid Sirothol Mustaqim dimulai pada 2007 lalu. Masjid ini terdiri atas empat lantai yang terbagi atas, lantai satu untuk lahan parkir, tempat wudu, dan ruangan imam.

Lantai kedua dan ketiga untuk ruang salat. Kemudian, lantai empat digunakan untuk kegiatan organisasi umat muslim di Kota Ansan.

Masjid Siul Al-Markaz (Masjid Pusat Seoul, Itaewon).

Dikenal pula dengan sebutan Seoul Central Mosque, masjid ini menjadi yang tertua di Korea Selatan. Diresmikan pada 21 Mei 1976, masjid ini bernama Masjid Si’ul Al-Markaz.

Bangunannya seluas 427 meter persegi dan mampu menampung hingga 800 orang jemaah. Masjid Pusat Seoul ini berada di distrik Yongsan-gu, Itaewon.

Masjid Al-Fatah, Busan.

Dibangun pada 1980, masjid ini merupakan yang kedua setelah Masjid Pusat Seoul. Kamu bisa mengunjungi Masjid Al-Fatah yang beralamat di Namsan-dong, Geumjeong-gu, Busan.

Gak cuma bisa melaksanakan ibadah saja, kamu bisa memelajari Islam di Korea Selatan lebih mendalam di sini. Terdapat fasilitas perpustakaan yang menyediakan banyak bacaan dan informasi seputar perkembangan Islam di Korea Selatan.

Masjid Anyang.

Masjid Anyang dibangun di 618-132, Anyang 5-dong, Anyang-si, Gyeonggi-do. Dengan demikian, lokasinya tidak jauh dari Seoul yang merupakan Ibukota Korea Selatan. Sebagian besar, jamaah masjid ini adalah imigran Korea Selatan sebagaimana jamaah di Masjid Ansan. Anda akan banyak menjumpai imigra dari Bangladesh dan Pakistan jika beribadah di masjid ini.

Masjid Bupyeong.

Masjid Bupyeong berlokasi di antara Seoul dan Incheon. Lebih tepatnya, masjid ini terletak di bagian ujung timur dari Incheon. Jamaah yang paling banyak menggunakan masjid ini sebagai tempat ibadah ialah umat muslim yang bekerja di sekitar Kompleks Industri Namdong di Incheon. Jika diamati lebih lanjut, sangat sedikit orang muslim asli Korea yang beribadah di masjid ini. Sebagian besar jamaahnya adalah penduduk imigran. Anda dapat menemukan masjid ini di di 574-19, Sipjeong-dong, Bupyeong-gu, Incheon, Korea Selatan.

Baca juga  Wisata Taman Kalijodo, Tempat Wisata Menarik di Jakarta

Masjid Umar bin Khattab, Gwangju.

Kalau mampir ke masjid ini, mungkin kamu akan terheran-heran dengan bangunannya yang berbeda dari masjid kebanyakan. Bangunannya tanpa berhias kubah, tapi masjid ini menjadi salah satu penggerak muslim di Gwangju. Dibuka pada 1981, Masjid Umar bin Khattab terletak di Yangsan-Dong, Buk-Gu, Gwangju.

Masjid Al-Ikhlas Uijeong-bo, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

Terletak sekitar 40 Kilometer dari Kota Seoul mesjid ini juga banyak melakukan kegiatan keagamaan dan sering juga di hadiri oleh Warga Negara Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here