Softlens merupakan benda lunak yang cara pemakaiannya hanya ditempelkan pada kornea mata, soflens sangat berfungsi untuk kamu yang memiliki mata minus, tapi ingin penampilan selalu tetap cantik tanpa terhalang oleh bingkai kacamata.

Soflens juga harus dirawat dan dijaga kebersihannya, biasanya dirawat menggunakan air pembersih soflens. Berikut ini macam-macam jenis air pembersih soflens diantaranya :

A. Multi-purpose Contact Lens Solutions.

Multi-purpose contact lens solutions atau yang sering disebut juga dengan air pencuci softlens, produk ini berfungsi untuk membersihkan serta menghilangkan kuman untuk lensa. Beberapa multi-purpose solutions juga banyak merekondisi lensa kontak, air pencuci ini-lah yang paling dikenal di Amerika Serikat.

B. Hydrogen Peroxide-Based Lens Care Systems.

HPB contact lens care atau perawatan lensa kontak yang berbasis Hidrogen Peroksida, produk ini memiliki satu atau dua tahap proses pembersihan tergantung dari produknya yang digunakan. Sistem HPB menggunakan Hidrogen Peroksida untuk membunuh kuman serta bakteri, untuk lebih steril lagi HBP membutuhkan tahap kedua permbersihan.

C. Saline Solutions.

Jenis ini biasanya sering digunakan untuk membilas dan merendam lensa kontak ketika panas, juga untuk mendisinfeksi lensa. D. Daily Cleaners lalu ada Daily cleaner atau pembersih sehari-hari juga digunakan untuk membersihkan lensa kontak. Tetapi, fungsi utama dari daily cleaners bukan untuk benar-benar membasmi kuman ataupun bakteri. Untuk dapat melakukan itu semua, daily cleaners perlu menggunakan produk tambahan lagi.

Cairan pencuci soflens, atau tetes mata?

Kamu harus bisa membedakan dahulu antara cairan pencuci softlense dan obat tetes mata yang bisa digunakan saat memakai softlense. Cairan pencuci softlense ini mengandung komponen preservatif dan disinfektan yang jika digunakan langsung ke dalam mata dapat menimbulkan iritasi, sedangkan obat tetes mata telah disesuaikan kandungannya, seperti komponen air mata yang diproduksi oleh tubuh.

Baca juga  Bedak Bayi Terbaik

Saat ini sudah terdapat pencuci softlense yang juga sudah bisa digunakan sebagai obat tetes mata, namun penggunaannya tetap harus diperhatikan, jika timbul reaksi harus segera dihentikan. Sebaiknya baca terlebih dahulu indikasi (tujuan), instruksi cara pemakaian dan larangan yang tertera pada label masing-masing produk yang sudah dibeli.

Selain itu, berikut ini tips untuk menjaga kesehatan mata sebagai pengguna soft lense diantaranya:

  • Cuci tangan terlebih dahulu sebelum memakai soflens.
  • Lepas softlense sebelum tidur atau saat hendak berenang.
  • Jangan menggunakan softlense yang sama bergantian pada orang lain Bersihkan softlense secara rutin dengan cairan pembersih khusus, dan jangan gunakan air keran.
  • Ganti softlens sesuai dengan masa berlaku waktu yang tertera pada label, Gunakan artificial tears (tetes mata air mata buatan) jika mata mulai terasa kering. Segera pergi ke dokter bila terdapat tanda-tanda iritasi atau peradangan yang terjadi pada mata.

Berikut ini beberapa rekomendasi air soflens terbaik yang dapat kamu coba untuk membersihkan soflensmu :

1. Opti-Free Puremoist Multi-Purpose Contact Lens Solution.

Di posisi pertama merk cairan softlens terbaik jatuh pada Opti-Free Puremoist Multi-Purpose Contact Lens Solution. Cairan ini dibuat dari HydraGlyde® Moisture Matrix yang menciptakan bantalan diantara lensa kontak dan kornea, menjaga matamu agar terus terhidrasi dan terasa nyaman sepanjang hari.

2. Saline Solution.

Cairan yang satu ini tidak dapat dipakai sebagai disinfektan, karena hanya berfungsi untuk membilas lensa kontak yang sudah dibersihkan dan didesinfeksi dengan menggunakan larutan lainnya. Misalnya, lensa kontak pertama-tama dibersihkan dengan menggunakan cairan hidrogen peroksida, setelah itu dinetralkan kembali oleh saline solution. Sebaiknya, diskusikan dengan dokter mata apakah kamu membutuhkan cairan saline ini atau tidak.

3. Multipurpose Solution.

Dari namanya saja mungkin sudah bisa ditebak, jika cairan ini sangat serbaguna, bisa dipakai sebagai apa saja, mulai dari membersihkan, mendesinfeksi, sampai menyimpan softlens. Cairan ini paling populer dan paling banyak dijual di pasaran karena sangat praktis. Kamu tidak perlu membeli cairan pembersih dan penyimpan softlens dengan terpisah lagi.

Baca juga  Whey Protein Terbaik

4. Enzymatic Protein Remover.

Enzymatic Protein Remover membersihkan benda yang menumpuk di lensa kontak. Tentu penumpukan benda tersebut tidak bisa kamu lihat dengan kasat mata, tapi mereka ada di sana dan dapat mengganggu. Banyaknya benda yang menumpuk tergantung dari jenis lensa kontak yang kamu gunakan.

Pembersih enzymatic protein remover ini berupa cair dan tablet. Digunakan sehari-hari atau mingguan, tergantung pada keterangan yang terdapat dalam kemasan enzymatic protein remover. Tanyakan dokter matamu sebelum memutuskan untuk menggunakan pembersih ini.

5. Hydrogen Peroxide Solution.

Berikutnya ialah Hydrogen Peroxide Solution. Cairan ini hanya berfungsi untuk membersihkan dan mendesinfeksi lensa kontak saja, namun tidak bisa untuk menyimpan. Tipe cairan softlens ini biasanya direkomendasikan untuk orang yang matanya sensitif terhadap bahan pengawet dari cairan softlens lainnya.

Ketika membersihkan softlens dengan cairan hidrogen peroksida, kamu tidak bisa langsung menggunakannya ke mata, karena bahan kimianya didalamnya dapat membuat matamu iritasi. Lakukan rangkaian proses desinfeksi dan penetralan sebelum menggunakan softlens.

Hydrogen Peroxide Solution hadir dengan bentuk botol pembersih khusus. Botol pembersih ini biasanya dibagi menjadi dua bagian, satu untuk mendesinfeksi dan satu lagi untuk menetralisir.

Agak sedikit ribet memang, tapi jika kamu adalah tipe orang yang peduli dengan kebersihan mata, maka cairan hidrogen peroksida ini bisa kamu pertimbangkan.

6. ICE ALL-IN-1 MULTI-PURPOSE CONTACT LENS SOLUTION.

Air soflens ini sudah diformulasikan sebagai larutan serbaguna untuk lensa kontak lunak. Larutan ini dapat membersihkan, melepaskan dan menghancurkan timbunan lemak, protein, kotoran lain dan debu pada lensa kontak. Disamping itu juga dapat membunuh bakteri pada permukaan lensa, serta dapat membilas dan merendam lensa kontak.

Baca juga  BB Cream Terbaik

7. X2 Comfort.

X2 Comfort merupakan larutan yang diformulasikan untuk semua merk lensa kontak lunak. Yang berfungsi untuk membersihkan, menghilangkan timbunan lemak, protein, debu & kotoran.

Mengandung Antimicroba yang bisa menghancurkan mikroorganisme dari permukaan lensa kontak. X2 Comfort Extra diperkaya kandungan HPMC yang juga berfungsi untuk menjaga kelembaban pada permukaan lensa kontak sehingga memberikan kenyamanan saat lensa kontak dipakai.

8. O2 Oksigen.

Cairan soflens yang berfungsi untuk membersihkan, merendam, dan dapat juga digunakan sebagai obat tetes mata. Dapat digunakan untuk berbagai merek soflens dan jenis mata.

9. Re-nu Solution.

Cairan ini dapat membantu membersihkan soflens dari kuman dan memberikan protein hingga menimbulkan efek segar pada soflens ketika digunakan kembali.

10. Aqua Soft Comfort Multi Purpose Solution by Avizor.

Cairan ini dapat digunakan untuk mencuci, membilas, membersihkan, mensterilkan, dan melembabkan soflens milikmu yang kering.

11. Omega O2 Comfort Drops.

Tetes softlens ini dikemas ke dalam ukuran 15 ml. Memiliki dua fungsi, yaitu untuk membasahi ulang lensa supaya tetap lembab sekaligus nyaman saat digunakan serta mencegah mata kering akibat pemakaian softlens yang terlalu lama.

Omega 02 Comfort Drops mengandung formulayang bisa mencegah penumpukan protein, sehingga sangat cocok digunakan oleh pemilik mata dengan masalah mata minus dan juga mata sensitif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here