Telur adalah bahan makanan paling simpel yang bisa dimasak untuk menu sahur. Selain sebagai sumber protein, telur juga memiliki banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, kalsium, dan seng. Karena kandungan gizi yang banyak tersebut, telur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut Macam-macam Olahan Telur yang bisa kamu coba!

Telur Dadar Gulung.

Kalau kamu pecinta drama Korea, pasti sudah gak asing lagi dengan telur dadar gulung yang satu ini. Cara buatnya mudah kok.

Kocok telur ayam, campur dengan irisan daun bawang, potongan dadu kecil wortel, serta masukan garam. Panaskan teflon dengan api sedang, lalu tuang sedikit adonan telur tadi.

Jika sudah agak matang tapi adonannya masih basah, lipat telur dan sisakan sedikit ujung telur. Tuang lagi sisa adonan telur sebelumnya, lakukan lipatan beberapa kali sampai membentuk gulungan.

Setelah telur matang kuning keemasan, angkat dan potong potong sesuai selera.

Kentang Goreng Telur Ceplok.

Bahan dan cara pembuatannya simpel banget. Bisa kamu coba untuk menu sarapan.

Parut memanjang kentang dan wortel yang sudah dikupas menggunakan parutan keju,lalu rebus selama 5 menit.
Potong halus daun bawang.

Campurkan parutan kentang dan wortel daun bawang dengan satu butir telur, tambahkan garam merica, lalu aduk rata.
Setelah tercampur, goreng adonan menggunakan teflon. Bentuk bulat dan beri lubang di tengah seperti donat.

Setelah agak matang, beri kuning telur mentah di tengahnya. Goreng hingga matang atau setengah matang sesuai selera.

Sandwich Telur Mayo.

Lezat, simpel, murah, praktis, dan bisa dibawa ke mana-mana, mungkin itu definisi masakan ini.

Baca juga  Makam Raja Sidabutar, Wisata Bersejarah di Danau Toba

Hancurkan telur rebus dengan menggunakan garpu. Campur telur yang sudah hancur dengan mayones, aduk sampai rata.

Olesi roti tawar kupas dengan mentega, lalu isi roti dengan telur mayo, keju slice, telur mayo lagi di atasnya, kemudian ditutup dengan roti kupas. Potong roti menjadi 2 bagian.

Omelet.

Sajian telur yang awalnya berasal dari luar negeri ini terbuat dari telur kocok yang biasanya ditambah susu dan keju agar lebih lezat. Omelette atau omelet ini sebenarnya sama seperti telur dadar di Indonesia tapi teksturnya dibuat lebih lembut dan tebal.

kamu juga bisa membuat omelet versi lokal dengan tambahan daun bawang, cabai rawit, dan bawang merah serta tambahan sedikit terasi untuk sensasi gurih.

Telur Balado.

Jika yang gemar rasa pedas, kamjnbisa membuat telur ceplok/ bulat dengan sambal balado yang pedas. Tapi kalau untuk sahur, sebaiknya kurangi jumlah cabai merah yang digunakan dan tambahkan tomat sebagai penggantinya.

Agar sambal balado yang dibuat lebih tahan lama, hindari penambahan air saat menumisnya.

Scramble Egg.

Scramble egg atau telur orak-arik dapat menjadi menu yang cocok untuk kamu yang tak ingin menyantap makanan yang terlalu berat saat sahur. Selain itu, scramble egg juga cocok dikombinasikan sebagai lauk nasi, disajikan bersama roti gandum, atau campuran salad sayur segar.

Untuk membuatnya, kocok dua butir telur, lalu bumbui dengan merica dan sedikit garam. Kemudian, masak dengan api kecil agar hasil jadi scramble egg lebih lembut dan creamy. Agar rasanya lebih nikmat, kamu juga dapat menambahkan parutan keju dan beberapa sendok susu cair ke dalam kocokan telur.

Omurice lembut ala Jepang.

Omurice merupakan omelet khas Jepang yang bertekstur lembut berisi nasi goreng, omelet telur, dan siraman saus tomat asam manis. Porsinya yang cukup mengenyangkan sangat cocok disajikan saat sahur agar badan tetap segar selama berpuasa.

Baca juga  Jajanan Unik Dari Berbagai Negara

Cara membuatnya, kocok dua butir telur, merica, dan garam, lalu dadar hingga setengah matang dengan api kecil agar teksturnya tetap lembut. Beri nasi goreng di permukaan telur setengah matang lalu lipat hingga membentuk setengah lingkaran. Kamu juga dapat mengombinasikan omurice dengan daging ayam atau cacahan brokoli agar gizinya lebih seimbang.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here