Apa itu Obat Asam Mefenamat? Apa Manfaatnya Asam Mefenamat?

asam mefenamat

Mengenal Asam Mefenamat

Asam mefenamat merupakan salah satu obat yang berfungsi untuk meringankan rasa sakit ringan hingga menengah, bahkan bisa mengurangi peradangan.

Obat ini termasuk dalam jenis obat anti inflamasi nonsteroid. Salah satu contoh penyakit yang bisa diredakan dengan asam ini adalah arthritis, nyeri yang disebabkan oleh menstruasi, serta nyeri setelah operasi.

Khusus untuk meredakan nyeri menstruasi, obat ini juga bisa mengurangi volume pendarahan.

Asam ini bekerja dengan menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin. Prostaglandin merupakan suatu senyawa yang menyebabkan rasa sakit serta reaksi pada radang.

Berikut adalah definisi lebih lanjut mengenai asam berkategori NSAIDs ini.

Asam ini merupakan jenis obat reda dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak di atas 12 tahun dan dewasa. Obat ini bisa berbentuk sirup, tablet maupun kapsul.

Dosis Asam Mefenamat

Asam mefenamat pada umumya dianjurkan untuk dikonsumsi 3 kali sehari dengan dosis maksimal 500 mg.

Namun sebenarnya, dosis bisa saja berubah sesuai kondisi pasien, tingkat rasa sakit serta reaksi tubuh.

Khusus untuk anak diatas umur 6 bulan, dosisnya adalah 25mg/kg, tiga kali sehari serta maksimal dikonsumsi dalam waktu 7 hari saja.

Konsumsi Asam Mefenamat

Mengonsumsi asam mefenamat harus dengan benar. Sebaiknya, gunakan sesuai resep dokter dan baca petunjuk pada kemasan. asam ini sebaiknya dikonsumsi sesudah makan.

Untuk wanita yang ingin meredakan nyeri menstruasi, maka disarankan untuk minum obat ini beberapa hari sebelum menstruasi berlangsung. Atau untuk amannya, hanya konsumsi ketika nyeri muncul.

Obat ini pada umumnya diberikan dalam waktu yang singkat. Anda tidak perlu menggunakannya jika rasa sakit telah reda. Salah satu hal terpenting adalah jangan menggandakan konsumsi obat ini.

Baca juga  Inilah Informasi Seputar Disleksia

Peringatan

Peringatan mengenai penggunaan obat jenis ini telah dipublikasikan. Salah satu di antaranya adalah untuk menghindari konsumsi obat ini jika berencana untuk hamil.

Sebaiknya setelah mengkonsumsi obat ini tidak mengendarai kendaraan sendirian untuk bepergian jauh. Dalam beberapa kasus obat ini menimbulkan rasa kantuk.

Dengan penjelasan di atas, maka Anda diharapkan untuk lebih paham dalam penggunaan obat ini. Jika suatu saat membutuhkan asam mefenamat, perlu diingat kembali hal-hal yang dilarang.

Baca artikel tentang Flu Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *