cara berwirausaha bisnis unik
Inspirasi

Cara Berwirausaha Hingga Melahirkan Bisnis Unik

Cara Berwirausaha

Cara Berwirausaha – Dalam memulai sebuah bisnis, seorang enterpreneur memiliki harapan membuat bisnisnya dikenal konsumen, oleh karena itu banyak diantaranya mencari cara membuat bisnis unik dan menarik.

Mulai dari merancang ide bisnis unik, melakukan tindakan nyata hingga ketekunan merupakan hal yang wajib dilakukan. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat bisnis unik yang menarik dan dapat menghasilkan penghasilan bagi Anda.

Berikut ini adalah hal-hal penting tentang bagaimana cara berwirausaha.

Merancang Ide Bisnis Unik 

Ide bisnis unik bisa ditemukan dimanapun. Ide bisnis unik dapat ditemukan dengan beberapa cara seperti melatih kepekaan terhadap sekitar lalu mengidentifikasi masalah, atau berpikir out of the box.

Terkadang persoalan yang kita alami secara personal bisa menjadi sebuah ide bisnis yang brilian. Ambil contoh adalah munculnya ide layanan ojek berbasis aplikasi Go-Jek.

Sang Founder Nadiem Makarim pernah mengatakan bahwa ide Go-Jek sebenarnya muncul lantaran ia sering mendapati ojek langganannya nongkrong begitu lama hanya untuk menunggu calon penumpang.

Terinspirasi oleh masalah itulah, akhirnya muncul ide bisnis unik Nadiem untuk membuat aplikasi yang bisa membantu tukang ojek menemukan calon penumpang, atau sebaliknya penumpang yang langsung menemukan tukang ojek melalui bantuan teknologi.

Salah satu contoh lainnya dari bisnis unik yang jarang dipikirkan orang lain adalah bisnis makanan duka cita yang dilakukan oleh David Storke.

Jika makanan identik dengan perayaan peristiwa suka cita maka tak ada salahnya Anda mencoba untuk membuat bisnis makanan duka cita sebagai referensi bisnis unik Anda.

David Storke mengembangkan bisnis makanan duka cita lantaran menurutnya bunga duka sering terbuang begitu saja. David mencoba berpikir untuk melakukan sesuatu hal yang kiranya bisa bermanfaat dirasakan bagi keluarga yang sedang berduka.

Mereka yang berduka umumnya tidak sempat memasak maka menurutnya makanan duka cita ini cocok untuk dijadikan sebuah bisnis unik. David mempromosikan bisnisnya ini melalui web sympathyfood.com.

Persiapkan Modal Selain Uang

Modal sering dikaitkan dengan kapital berupa uang. Tak bisa dipungkiri bahwa uang adalah hal yang penting. Namun untuk menjadi seorang wirausaha juga harus memiliki modal selain uang.

Modal selain uang antara lain adalah kejujuran dan kegigihan. Semangat kerja yang tinggi, mimpi, dan mental bisnis yang Anda miliki juga merupakan modal besar bagi kesuksesan seorang wirausahawan.

Banyak kisah inspiratif yang menceritakan kesuksesan seorang pengusaha karena dirinya memiliki modal selain uang tersebut.

Action ( Tindakan Nyata )

Selanjutnya, cara berwirausaha yang baik adalah dengan tindakan.Anda harus berani mengambil keputusan. Ide sederhana yang dikerjakan hari ini lebih baik daripada ide bisnis sempurna yang tidak kunjung dikerjakan.

Cara berwirausaha yang baik bagi para pengusaha tentunya tidak hanya berdiam diri melainkan lebih mengutamakan tindakan nyata.

Seorang yang ingin terjun berwirausaha harus memiliki action sebagai prinsip dalam hidupnya. Wirausahawan harus selalu siap mengambil tindakan dari setiap peluang yang ada.

Terbiasa untuk Kreatif 

Cara berwirausaha berikutnya adalah dengan menjadikan kreativitas sebagai habit Anda. Cobalah untuk menemukan ide kreatif yang jarang dipikirkan oleh orang lain.

Terlebih dalam menghadapi rantangan atau hambatan bisnis yang menghadang. Dibutuhkan kreativitas untuk memecahkan kerumitan sebuah hambatan bisnis.

Terbiasa untuk kreatif juga akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.

Membangun Kepercayaan

Cara berwirausaha yang berikutnya adalah membangun kepercayaan. Salah satu kunci sukses membangun kepercayaan adalah dengan menjaga komitmen untuk terus memberikan produk terbaik bagi market yang anda sasar..

Keunikan memang penting dalam menjaring perhatian khalayak dan dapat dilakukan dengan cepat. Akan tetapi trust dari market anda bagaikan lari maraton, kepercayaan adalah sesuatu yang dapat membuat bisnis Anda terus bertahan.

Berusaha Mandiri

Anda para pengusaha yang mencoba membuat usaha sendiri, tentunya ingin agar hidup Anda tidak diatur oleh siapapun, bukan? Oleh karena itu, ada baiknya Anda juga memahami dan siap menanggung resiko yang mungkin muncul.

Cara berwirausaha kali ini mewajibkan Anda untuk bersikap dewasa, open mind, tidak manja, sekaligus realistis. Setiap bisnis pastilah memiliki resiko. Jika Anda abai dalam mengkalkulasikan segala resiko alih-alih menjadi mandiri, Anda malah stress karena terlilit hutang.

Jeli Melihat Peluang

Selanjutnya, cara berwirausaha dalam membuat bisnis unik adalah Anda harus jeli dalam melihat peluang. Kejelian Anda melihat peluang yang ada tidak hanya menguntungkan bagi Anda pribadi, tapi juga bisa bagi orang lain.

Bagai seorang pemburu, Anda harus sabar, namun juga harus jeli melihat peluang bisnis.

Pantang Menyerah

Sejatinya para pengusaha tidak pernah menyerah dan pantang mundur. Kegagalan yang dialami hanya dirasa sebagai kesuksesan yang tertunda. Oleh karenanya, agar bisa membangun prinsip pantang menyerah, Anda perlu memilih bisnis yang Anda kuasai, membangun motivasi, memperkuat keyakinan kepada Tuhan.

Selanjutnya, buat produk yang berbeda dari yang lain, cari teman dari segala bidang untuk membuat tim, cobalah sabar diatas kesulitan yang Anda alami dan fokuslah dalam bekerja.

Prinsip pantang menyerah ini juga merupakan hal penting yang harus Anda miliki sebagai bagian dari cara berwirausaha.

Nah, dari tips cara berwirausaha dalam melahirkan bisnis unik yang telah dijabarkan diatas, yuk bangun usaha dari sekarang. Sebab, setiap detik yang Anda tunda untuk mulai bergerak, tertunda pula terwujudnya kesuksesan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: