tempat wisata di medan
Wisata

Tempat Wisata di Medan Yang Memukau Para Wisatawan

Tempat Wisata di Medan Yang Memukau – Medan merupakan ibu kota sumatera utara serta menjadi kota terbesar di pulau sumatera. Medan mayoritas dihuni suku batak dan melayu, merupakan kota yang sangat ramai dengan perekonomiannya yang berkembang.

Kota Medan adalah kota terbesar nomor tiga di Indonesia setelah Kota Surabaya dan Jakarta.

Perkembangan Kota Medan

Pada awalnya kota Medan didirikan oleh Guru Patimpus Sembiring Palawi pada tahun 1590.

Seiring berjalannya perkembangan zaman, tahun 1886 wilayah Medan memperoleh status sebagai kota secara resmi dan sejak tahun 1909 Medan telah menjadi salah satu kota terpenting di luar Pulau Jawa.

Kota Medan menjadi satu-satunya pintu gerbang Republik Indonesia di bagian barat. Selain itu Kota Medan merupakan pintu gerbang bagi destinasi wisata di Sumatra Utara.

Tempat Wisata di Medan – Wisata Alam Medan

Untuk urusan wisata Medan, terdapat berbagai obyek yang dapat menjadi tujuan berlibur Anda bersama keluarga. Berikut ini ulasan tempat wisata di Medan.

Danau Toba dan Pulau Samosir

tempat wisata di medan - danau toba pulau samosir
katalogwisata.com

 

Tempat wisata di Medan yang pertama adalah Wisata Danau Toba. Berkunjung ke Danau Toba dan pulau Samosir benar-benar pengalaman yang tak terlupakan. Dibentuk akibat letusan gunung Toba 75000 tahun silam, Danau Toba dan Pulau Samosir bagaikan lukisan alam yang tiada banding keindahannya.

Di sana kita dapat menemukan beberapa lokasi wisata sekitar Danau Toba selain pulau Samosir, ada Pulau Sibandang. Di mana pulau Sibandang merupakan tempat yang banyak memproduksi buah mangga untuk wilayah samosir dan sekitarnya.

Selain itu kita juga dapat berkunjung ke makam raja sidabutar dan melihat eksotisme rumah adat batak yang tak lekang oleh waktu di Desa Tomok, Desa Tongging dan lainnya.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit

tempat wisata di medan Air Terjun Dua Warna Sibolangit
nakarasido.com

 

Air terjun dua warna sesuai namanya, memukau wisatawan lewat campuran warna putih keabuan dan biru muda.

Berjarak sekitar dua jam dari pusat kota Medan yang dapat ditempuh melalui jalur darat, air terjun dua warna merupakan salah satu tempat wisata di Medan yang paling populer.

Dengan ketinggian sekitar tujuh puluh lima meter, air terjun dua warna menawarkan keindahan yang eksotis bagi para pengunjung.

Namun sayang, pada pertengahan Mei 2016 tempat wisata di Medan yang eksotis ini resmi ditutup hingga waktu yang belum ditentukan, karena sempat terjadi tanah longsor hingga membuat 19 wisatawan meninggal dunia.

Air Terjun Sipiso Piso

air terjun sipiso piso kabanjahe - tempat wisata di medan

Tempat Wisata di Medan yang berikutnya adalah air terjun sipiso-piso. Air Terjun Sipisopiso adalah sebuah air terjun yang berlokasi di Dusun Hutabaringin, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Sesuai namanya, derasnya air terjun ini tampak bagikan bilah-bilah pisau yang jatuh. Air terjun sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Wilayah perbukitan Desa Tongging akan membuat anda merasakan pengalaman liburan yang berbeda di tempat wisata ini.

Tempat Wisata di Medan – Wisata Budaya Medan

Jalan – Jalan di Kota Medan- selain pemandangan alam yang memukau, di kotanya juga terdapat banyak pilihan tempat wisata yang bisa kamu nikmati.

Banyak turis yang mencari pilihan tempat wisata Medan yang menarik, mulai dari wisata kuliner hingga berbagai macam objek wisata lainnya.

Lalu, tempat wisata Medan apa aja sih yang saat ini rekomended banget untuk di kunjungi ?

Ada beberapa alternatif bagi kamu yang sedang ingin berpetualang menjelajahi tempat wisata Medan.

Kali ini kita lihat dari warisan budaya atau heritagenya. Inilah tempat wisata Medan dilihat dari peninggalan budanya ataupun bangunan – bangunan yang menjadi simbol di kota Medan, berikut diantaranya :

Istana Maimun

backpackerjakarta.com

 

Istana Maimun adalah tempat wisata medan yang memang merupakan peninggalan dari kerajaan Deli.

Arsitektur Istana Maimun sendiri didominasi dengan warna kuning, warna kuning melambangkan keceriaan dan umumnya merupakan warna khas suku melayu.

Tempat wisata Medan satu ini terletak di Jl Brigadir Jendral Katamso, Medan.

Dibuka dari pukul 08.00 hingga pukul 05.00 sore waktu setempat. Kemegahan dari Istana Maimun ini menjadi daya pikat para wisatawan, dan jika kamu ingin berkunjung ke sini hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 8.000 untuk tiket masuknya.

Masjid Raya Al Mashun

http://infobimo.blogspot.co.id

 

Masjid Raya Al Mashun didirikan pada Agustus tahun 1906.

Bentuk bangunan masjid ini sangat unik karna dirancang dengan memadukan konsep Maroko, Melayu, Timur Tengah dan Eropa, bisa dilihat dari bangunan yang berbentuk bundar segi delapan.

Terdapat Empat Serambi utama di bagian depan, belakang, kiri dan kanan, yang merupakan pintu masuk utama ke dalam Masjid.

Sedangkan pada kubahnya memiliki konsep arsitektural khas dengan gaya Turki, bentuknya patah – patah besegi delapan. Diikuti dengan kubah lainya yang lebih kecil.

Namun, apabila dilihat dari bentuk khubahnya Masjid Raya Al Mashun juga memiliki kesamaan dengan Masjid Raya Banda Aceh.

Jangan lupa berkunjung ke Masjid Raya Al Mashun apabila kamu sedang jalan – jalan di kota medan. Alamatnya ada di Jl Sisisngamangaraja No. 718, Medan.

Graha Santa Maria Annai Velangkanni

sitohanguntuktapanuli.wordpress.com

 

Sebuah bangunan Gereja yang awalnya di peruntukan bagi umat katolik Tamil dan juga terbuka bagi seluruh umat.

Asal usul nama Anna Velangkani memiliki arti “Bunda”, dan nama ini merupakan sebuah persembahan kepada bunda Maria yang konon Bunda Maria pernah menampakkan diri di pesisir Velangkanni, Tamil Nadu, India pada abad 17.

Bentuk bangunan arsitekturalnya megah dan hampir mirip dengan sebuah kuil Hindu, namun Gereja ini tetap diperuntukan oleh umat Katolik.

Dan juga dibuka untuk semua umat. Dengan mengamati bentuk dan setiap sudut ketika kamu berkunjung kesana, kamu akan merasakan percampuran budaya Hindu – Budha dan Katolik yang kental.

Selain itu terdapat bangunan kecil yang diberi nama Kapel Maria, terletak di samping bangunan gedung utama gereja ini.

Kapel Maria adalah sebuah tempat berdoa kepad Bunda Maria. Tempat ini dipenuhi oleh bunga – bunga dari peziarah yang datang berkunjung dan berdoa.

Tempat Wisata Medan yang satu ini wajib di kunjungi letaknya ada di Jl Sakura III No. 7 – 10 Tanjung Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Medan

Merdeka Walk

http://www.backpackerauditor.com

 

Selain objek wisata bangunan dan peninggalan sejarah, tentunya kamu dapat berkunjung ke salah satu pusat kuliner yang menjadi trademark di Kota Medan, Merdeka Walk.

Tempat Wisata Medan ini berada di jantung Kota Medan.

Disini kamu akan menjumpai berbagai macam aneka kuliner, dari makanan kecil hingga makanan utama nya.

Tempat wisata Medan yang satu ini hanya bisa kamu jumpai di malam hari, dan juga di sini seringkali dijadikan tempat festival musik, konser musik dan berbagai macam event seru lainnya.

Oh ya, disini juga terdapat berbagai macam perlombaan juga lho!

Dan banyak atraksi lainnya yang diselenggarakan seperti atraksi sepeda, atraksi parkour dan masih banyak yang lainnya. Tempat wisata Medan yang satu ini berlokasi di JL Balai Kota, Lapangan Merdeka, Medan.

Simak juga wisata seru lainnya seperti tempat wisata di Garut dan Cimory Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: