Asuransi menjadi hal yang penting bagi seseorang yang memiliki kendaraan bermotor. Dengan asuransi, berbagai kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan maupun pencurian bisa dihindari. Namun ingat, ketika sudah mendaftarkan diri di perusahaan asuransi tertentu, jangan lupa untuk selalu pantau cek status asuransi mobil secara berkala. Hal ini tentu penting dilakukan agar saat melakukan klaim atas suatu asuransi tidak mengalami kendala apapun atau kemungkinan ditolak.

Cara Cek Status Asuransi Mobil

Jika sudah mengetahui tentang bagaimana cara mengklaim asuransi ketika terjadi kerusakan atau kehilangan, maka sekarang saatnya untuk mengetahui cara memantau cek status asuransi mobil. Ada banyak cara dan layanan yang disediakan oleh pihak asuransi bagi pelanggan untuk mengecek status asuransi, yaitu sebagai berikut.

  1. Melalui Telepon
Cara Cek Status Asuransi Mobil beserta Penjelasannya Lengkap

Cara cek status asuransi mobil yang paling konvensional adalah dengan menghubungi langsung pihak asuransi untuk menanyakan status klaim asuransi. Dengan menelpon nomor yang sudah disediakan perusahaan asuransi, akan ada petugas yang melayani konsultasi dari para pelanggannya selama 24 jam, jika ingin menanyakan tentang status asuransi sewaktu-waktu.

2. Melalui Website Resmi

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, maka cek status asuransi mobilpun caranya juga semakin mudah dan berkembang. Asal ada koneksi internet, proses cek-mengecek status asuransi bisa dilakukan kapan saja melalui website resmi perusahaan asuransi yang digunakan.

Cara cek status asuransi mobil yang satu ini sangat mudah dilakukan. Yang harus dilakukan adalah membuka website resmi perusahaan asuransi lalu mencari di bagian menu. Setiap perusahaan tentu memiliki tampilan website yang berbeda-beda, namun untuk mengecek status asuransi kemungkinan besar ada di bagian menu layanan.

Jika sudah berhasil menemukan layanan tersebut, maka tinggal ikuti saja perintah selanjutnya yang tertera di website. Misalnya, pihak tertanggung akan diminta untuk mengisi nomor polis dan juga nomor jaminan untuk mengecek status polis. Isikan data dengan benar lalu tekan tombol yang ada dan dalam sekejap status asuransi tersebut akan ditampilkan di layar.

Baca juga  WordPress Down? Ini yang Harus Kamu Lakukan!

3. Melalui Aplikasi

Cara Cek Status Asuransi Mobil beserta Penjelasannya Lengkap

Tidak hanya web, cek status asuransi mobilkini juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Beberapa perusahaan asuransi menyediakan aplikasi mobile yang semakin memudahkan pelanggannya untuk melakukan pengecekan status asuransi maupun melakukan klaim asuransi.

Pada setiap aplikasi tersebut sudah disediakan fitur klaim asuransi mobil. Cukup dengan dengan membuka fitur Claim Status pada aplikasi, anda dapat langsung mengetahui sejauh mana pengerjaan untuk klaim asuransi yang dilakukan. Sehingga, cek status asuransi mobil pun menjadi lebih mudah dan sederhana.

Prosedur Klaim Asuransi Mobil

Cara Cek Status Asuransi Mobil beserta Penjelasannya Lengkap

Untuk mengklaim asuransi mobil atas kerusakan atau kerugian yang terjadi, anda harus memastikan sekali lagi jenis asuransi yang didaftarkan, apakah itu TLO (Total Loss Only) atau All Risk. Karena diantara kedua jenis ini ada beberapa perbedaan dalam kerugian yang ditanggung. Langsung saja setelah cek status asuransi mobil, berikut ini adalah prosedur umum untuk mengklaim asuransi mobil.

1. Memfoto Bagian Mobil yang Terkena Kerusakan

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin mengklaim asuransi adalah mengambil foto bagian yang rusak. Apalagi jika mobil yang ditunggangi itu mengalami kecelakaan dan mendapat kerusakan yang cukup parah. Foto ini berguna sebagai bukti yang digunakan agar bisa klaim asuransi.

2. Menghubungi Perusahaan Asuransi

Setelah memiliki foto bagian yang rusak tersebut, tentu Anda perlu menghubungi pihak asuransi yang digunakan. Persiapkan juga dokumen-dokumen penting diantaranya adalah surat polis asuransi, KTP, SIM, dan jika ada surat keterangan kepolisian apabila mobil tersebut terkena kecelakaan atau tindakan kriminal.

3. Membawa Mobil ke Bengkel Rekanan Asuransi

Jika dokumen yang butuhkan sudah lengkap, maka langkah berikutnya adalah membawa mobil itu ke bengkel yang telah ditunjuk menjadi rekanan atau afiliasi dari perusahaan asuransi yang didaftarkan. Jika bengkel bukan rekanan pihak asuransi maka jelas pengajuan klaim akan ditolak.

Baca juga  Tips Memperbaiki Sepatu Kulit yang Mengelupas

4. Isi Formulir

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang disediakan oleh pihak asuransi. Isi formulir tersebut dengan sejelas dan sejujur mungkin. Dari salah satu poin yang ada di formulir tersebut, akan diminta keterangan mengenai detail kecelakaan baik itu tempat maupun jam dan juga mengenai kerusakan yang dialami.

Jika data tersebut diisi dengan sembarangan atau dengan tidak jujur, maka pihak asuransi atau bengkel dapat mengetahuinya. Sehingga, jika ada perbedaan besar antara data yang tulis atau isikan dengan fakta di lapangan, klaim yang diajukan kemungkinan besar akan ditolak.

Jika sudah selesai dengan semua prosedur di atas, maka tinggal menyerahkannya kepada bengkel yang menangani perbaikan kendaraan Anda.  Disana, seorang pemilik polis bisa menanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan perbaikan ke pihak bengkel, namun ingat juga bahwa lama pengerjaan tersebut tergantung seberapa parah kerusakan yang dialami. Bisa dari 1-2 hari sudah selesai, namun bisa juga hingga mencapai satu bulan.

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan cek status asuransi mobil yang sudah disediakan oleh pihak asuransi. Anda tinggal memilih mana yang paling sesuai dan mana yang paling mudah. Tentunya setiap perusahaan asuransi selalu menyediakan yang terbaik bagi pelanggannya, meskipun memberikan layanan yang berbeda satu sama lain. Selain mengukur dan memantau status asuransi, jangan lupa juga untuk melakukan prosedur klaim asuransi dengan baik dan benar sesuai petunjuk di atas.

Untuk informasi mengenai asuransi mobil dan keuangan maupun investasi lainnya, Anda bisa membuka portal website informasi https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/ Dengan begitu pengetahuan keuangan Anda bisa semakin bertambah dan bisa berkonsultasi perihal keuangan dan asuransi dengan mudah!

Baca juga  Whatsapp Web di Komputer, Cara Menginstal Dan Menggunakannya.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here