terakurat.comrazor-burn– Kulit merupakan bagian tubuh paling utama yang harus dilindungi bagi wanita maupun pria. Tidak hanya wanita saja, namun bagi pria kulit yang bersih dan sehat merupakan investasi dari bagian tubuh yang harus dilindungi. Terutama kulit pada bagian wajah, biasanya wajah pria sering ditumbuhu bulu-bulu halus berupa jenggot atau kumis. Agar tetap terlihat bersih biasanya para pria mencukurnya berkali-kali menggunakan pisau cukur. Perlu diketahui, tindakan ini terkadang bisa menimbulkan iritasi atau biasa disebut Razor Burn.

Razor Burn biasanya ditandai dengan munculnya ruam merah pada kulit setelah mencukur. Selain itu, kamu juga bisa merasa lemek, Panas dan terasa seperti kebakar setelah mencukur bagian tertentu. Untuk melindungi kulit wajah dari Razor Burn, sebaiknya perhatikan juga beberapa tips berikut ini.

Cara Mencegah Razor Burn:

  1. Menggunakan lotion cukur atau krim tanpa pewangi.
  2. Memilih pisau cukur dengan jumlah pisau empat/lima agar iritasi cepat hilang.
  3. Bercukur ke arah bawah dengan lembut agar iritasi tidak bertambah parah.
  4. Jangan mencukur dengan menekan kulit secara keras.
  5. Mencukurlah searah dengan bulu rambut yang tumbuh.
  6. Gunakan alat cukur yang khusus untuk pribadi, jangan bertukar dengan orang lain.
  7. Bilaslah alat cukur setelah digunakan, agar selalu dalam keadaan bersih.
  8. Mengoleskan krim atau lotion yang mengandung lidah buaya atau vitamin E untuk menenangkan  harus dilindungi, kulit dan meredakan kemerahan.
  9. Basuhlah area yang baru saja dicukur dengan air dingin untuk menutup pori-pori.
  10. Atur jadwal mencukur agar tidak terlalu sering.

Namun, jika kamu sudah terlanjur terkena Razor Burn, jangan panik! Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan cara berikut.

Cara Mengatasi Razor Burn:

  1. Untuk meredakan rasa panas dan gatal, kamu bisa menggunakan kain lembut dengan air dingin untuk mengompres bagian kulit yang terkena Razor Burn. Kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya atau buah alpukat, kamu bisa langsng mengoleskannya saja seperti menggunakan masker.
  2. Untuk mengatasi iritasi dan kulit kering yang disebabkan oleh Razor Burn, kamu bisa membilasnya dan tunggu mengering dengan sendirinya. Ingat, jangan menggosok karena hanya akan membuat iritasi semakin parah. Lalu kamu juga bisa mengoleskan balm atau pelembab.
  3. Jika kamu menemukan benjolan kecil, oleskan dengan salep atau kamu juga bisa minum obat dan vitamin. Jika peradangan tak kuncung sembuh atau semakin parah, sebaiknya konsultasin dengan dokter kulit.
Baca juga  Rekomendasi Lip Balm Berwarna !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here