Terakurat.com – Cara mengatasi Crossbrowser – Beberapa waktu belakangan ini, muncul sebuah virus yang menyamar menjadi sebuah peramban atau browser yang dikenal sebagai Cross Browser. Virus ini akan menggantikan beberapa browser yang terinstal pada komputer kita, baik itu google chrome, Mozilla dan lainnya.

Crossbrowser merupakan sebuah plugin adware yang bekerja dengan cara menampilkan sebuah iklan atau promosi saat kamu menjelajah internet. Selain sangat mengganggu, aplikasi ini dapat membuat kinerja menjadi lambat.

Crossbrowser akan berusaha melacak data pribadi penggunanya berupa data email, ID dan password, nomor kartu kredit dan lainnya. Nah, berikut ini cara mengatasi Crossbrowser yang susah di uinstal.

Sebelum membasminya alangkah baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu gejala infeksinya. Cara mengenalinya seperti berikut ini :

  • Banner iklan dan promosi akan selalu tampil ketika kamu membuka sebuah situs.
  • Saat menggunakan program antivirus, crossbrowsere akan terdeteksi oleh antivirus tersebut. Namun, antivirus tersebut tidak dapat membersihkannya dari komputer anda.
  • Munculnya update atau paket instalasi yang direkomendasikan.
  • Beberapa data penting akan terhapus secara otomatis oleh crossbrowser.

Apbila komputer kamu mengalami gejala-gejala seperti diatas, maka hal yang harus kamu lakukan adalah menhapus crossbrowser dengan benar. Berikut ini cara mengatasi crossbowser dengan meng-uinstallnya.

Via Control Panel

  • Pertama tutup terlebih dahulu browser yang sedang menampilkan Crossbrowser.
  • Jika kamu menggunakan Windows XP, Vista dan Windows 7 : klik tombol Start, kemudian Control Panel. Jika pada Windows 8, letakan pointer mouse di tepi kanan layar dan cari Control panel.
  • Kemudian cari “Uinstal a Program” dan klik cross browser untuk di uinstall.

Via Registry

Setelah berhasil menghapus programnya via control panel, kini kamu harus menghapusnya juga di di registry yang berkaitan dengan Crossbrowser tersebut.

  • Restart komputer yang kamu gunakan terlebih dahulu, setelah menyala kembali tekan tombol F8 pada keyboard.
  • lalu “Mode aman dengan jaringan” atau “Safeboot_option=network”
  • Buka task dengan menekan tombol CTRL+DEL+ALT secara bersamaan untuk menghentikan program yang terkait dengan crossbrowser.
  • Buka registry editor lalu telusuri file-file yang berkaitan dengan crossbrowser tersebut.
Baca juga  Aplikasi Kamera Iphone Terbaik dan Terpopuler yang Wajib Kamu Coba

Menggunakan Software

Cara ini menggunakan Software Mallware Byte untuk menguinstall crosbrowsernya. Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu disini.

Setelah terunduh, tutup semua program dan browser yang sedangkamu gunakan. Setelah terinstal kamu hanya perlu menekan “FIX NOW”. Lalu pilih meni “Scan” dan dilanjutkan untuk memilih “Threat Scan”.

Software mallware Anti-Mallware akan segera memeriksa pembaharuan jika kamu memilih tombol “Update Now”.

Setelah selesai memindai, virus-virus tersebut akan ditampilkan, lalu hal yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah mengklik tombol “Quartine All” dan Apply Now.

Selanjutnya reboot perangkat komputer anda untuk memastikan semua virus sudah terhapus dengan baik.

Menggunakan Software HitmanPro

Selain menggunakan Mallware Byte kamu juga dapat menggunakan HitmanPro untuk membersihkan adware dan mallware.

HitmanPro adalah scanner yang dirancang untuk menghapus sisa-sisa yang dari perangkat lunak berbagaya atau file yang tidak dapat dihapus.

Program ini dikembangkan oleh Cloud Computing Technology yang memberikan deteksi mallware yang sangat mengesankan dan memungkinkan memeriksa mallwar dan adware secara menyeluruh.

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mendownload software Hitman Pro terlebih dahulu.

Setelah terunduh kamu tinggal klik file bernama “HitmanPro.exe” pada windows 32bit, sedangkan untuk 64 bit kami klik “HitmanPro_x64.exe”.

Selanjutnya setelah programnya terbuka, lalu klik “Next”. Jika sudah maka HitmanPro secara otomatis akan melakukan pemindaian. Setelah pemindaian selesai maka kamu dapat bisa menekan tombol “Next” untuk menghapus virus yang disebabkan oleh Crossbrowser.

Pastikan kamu mengikuti cara menghapus crossbrowser dengan benar agar tidak ada virus, adware dan mallware yang tertinggal pada perangkat komputer yang kamu ginakan. Jagalah komputer tetap bersih dari crossbrowser dengan cara mengunduh program atau software yang memiliki lisensi saja.

Baca juga  Tips Untuk Mengatasi Rasa Malas!

Namun perlu di ketahui, crossbrowser dapat datang dari mana saja, meski kamu telah mengunduh sebuah program dari situs resmi ataupun program yang berlisensi. Maka dari itu kamu harus berhati-hati setiap kali mengunduh sebuah program atau file dari internet.

Baca juga : Menghapus Cache di Android Hingga Bersih Dengan CC Cleaner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here