Terakurat.com – Cara menghapus cache di android – Cahce merupakan sebuah file yang sengaja dibuat untuk menyimpan data sementara. Fungsi paling utama dari cache adalah untuk mempercepat loading pada aplikasi maupun pada website dari sebuah situs atau mempercepat kinerja.

Dengan adanya cache maka sebuah browser tidak perlu mengunduh data dari website yang pernah kita akses, sehingga loadingnya menjadi cepat.

Hal yang sama juga berlaku pada aplikasi dan game yang berada di Android. Aplikasi dan Game android juga sering menyimpan data di cache mereka untuk meningkatkan kinerja.

Meski memiliki banyak kelebihan, akan tetapi adanya cache terkadang menimbulkan kerugian. Semakain banyak aplikasi yang menggunakan memori sehingga cache semakin banyak maka semakin banyak pula kapasitas memori yang di gunakan.

Meski berbagai aplikasi dan browser akan secara otomatis menghapus cache yang tersimpan dalam jangka waktu tertentu. Namun terkadang sering ada masalah yang membuatnya tidak dapat terhapus secara otomatis. Jika sudah begitu maka kamu harus menghapusnya secara manual

Berikut ini cara menghapus cache di android dengan cara yang mudah

Mengapus cache pada aplikasi android sangatlah cocok buat kamu yang memiliki aplikasinya sering bermasalah. Menghapus cache dengan cara ini juga tidak akan menghapus cache dari aplikasi lainnya yang berjalan normal. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Buka menu Setelan lalu Aplikasi Terinstal
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cachenya
  • Setelah terbuka akan tampil berapa ukuran cache yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Kamu harus menklik tombol hapus cache jika ingin menghapusnya.

Menghapus semua Cache Aplikasi di android

Jika ponsel android yang kamu gunakan mulai terasa melambat namun kamu tidak tahu aplikasi apa yang memperlambat ponselmu. Maka cara yang paling ampuh untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CC Cleaner.

Baca juga  Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Aplikasi CC Cleaner merupakan salah satu aplikasi terbaik dalam urusan membersihkan cache. Karena aplikasi ini dapat menghapus cache dari setiap aplikasi satu persatu ataupun sekaligus.

Aplikasi ini dapat mengoptimalkan perangkat android dengan beberapa kali klik saja. Selain itu CC Cleaner memiliki antarmuka pengguna yang sangan simpel, intuitif dan mudah digunakan.


Terdapat juga beberapa fitur menarik yang membuat proses pembesihan cache menjadi lebih mudah. Fitur menarik diantaranya adalah:

Automatic Cleaning

Fitur ini akan melakukan penghapusan cache secara otomatis dan kamu akan mendapatkan pemberitahuan ketika proses pembersihan cache sedang berlangsung.

Selain itu pemindaian cache dan pemindaian ukuran cache dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Tak hanya itu saja, Automatic Cleaning juga dapat menyortir apa saja yang ingin dibersihkan seperti file apk yang belum dipasang, sampah iklan, folder kosong, dan clipboard.

Booster

Fitur yang satu ini berfungsi untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Media Overview

Fitur CC Cleaner yang satu ini sangat membantu kamu terutama yang gemar menyimpan foto, vidio dan musik. Fitur ini akan menganalisa dan menganalisis foto yang duplikat.

Apps Overview

Fitur yang terakhir ini dapat menganalisa memori yang digunakan oleh aplikasi yang terinstal di perangkat android. Selain itu aplikasi Overview ini tertanam fitur Quick Boost yang dapat mepercepat kinerja ram.

Kelebihan CC Cleaner

  • Mempercepat ponsel dan membersihkan sampah dengan aman
  • Membersihkan cache aplikasi, folder unduhan, riwayat browser, isi clipboard, dan lain sebagainya
  • Menghemat Ruang Penyimpanan
  • Memperlancar kinerja ponsel pintar atau tablet Android Anda
  • Menghapus instalan berbagai aplikasi yang tidak diinginkan secara cepat dan mudah
  • Memperluas ruang penyimpanan yang selalu dibutuhkan di perangkat Anda
  • Membersihkan sampah, seperti file usang dan sudah tak terpakai
  • Menganalisis dan mengoptimalkan ruang penyimpanan dengan penganalisis Penyimpanan
  • Mendeteksi aplikasi penguras data
  • Mencari aplikasi penguras baterai
  • Mencari aplikasi tak terpakai dengan Pengelola Aplikasi
Baca juga  Tips Merawat Batrai Ponsel Agar Hemat dan Tahan Lama

Kekurangan CC Cleaner

Aplikasi pembersih ini tersedia dalam dua versi yang berbeda. Yaitu versi berbayar dan versi gratis. Versi gratisnya kamu hanya dapat menikmati fitur pembersihan cache. Sedangkan fitur pro nya kamu dapat menikmati fitur yang di atas tadi tanpa adanya iklan yang mengganggu.

Baca Juga : Cara Mirroring Android ke Laptop Tanpa Harus Root!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here