mengatasi-kulit-kering– Kulit yang kering akan membuat kita merasa tidak nyaman, selain berkerak juga bisa menimbulkan pecah-pecah yang perih jika terkena sabun. Biasanya bagian tubuh yang rentan mengalami hal ini adalah lengan dan bagian kaki. Jikasudah begitu, menghidrasi kulit merupakan jalan terbaik, kamu bisa memperbanyak minum air mineral dan menggunakan pelembab. Tidak hanya itu saja, berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kering yang bisa kamu ikuti.

Cara Mengatasi Kulit Kering.

Suhu Ruangan.


Pernahkah kamu merasa kulit agak kencang seperti ketarik saat berada diruangan ber-AC ? itu karena udara dingin yang dikeluarkan dari AC menyedot kelembaban kulit. Kulit yang kehilangan kelembabannya akan menimbulkan retakan pada lapisan terluar, hal ini bisa menyebabkan kulit mengelupas dan mengalami kerusakan.

Jangan Mandi Terlalu Lama.


Membersihkan diri atau mandi memang baik untuk menjaga kebersihan tubuh. Tapi jangan terlalu lama, karna bisa mengikis kelembaban kulit dan membuatnya menjadi kering. Sebaiknya mandi tidak lebih dari lima menit. Terlalu lama terkena air, larutan lemak dalam kulit bisa semakin larut dan membuat kulit menjadi kering. Padahal lemak tersebutlah yang dapat menjaga kelembaban kulit. Kondisi kulit yang kering juga bisa membuat sel-sel kulit menjadi rapuh dan bakteri mudah masuk dan menimbulkan masalah-masalah kulit.

Pilih Sabun yang Tepat.

Meski sabun ampuh membersihkan kulit dari bakteri, debu, hingga kotoran lainnya, ada beberapa sabun yang jika dipakai terlalu sering bisa membuat kulit menjadi kering. Misalnya saja, sabun yang memiliki pH tinggi dan bisa mengganggu lapisan luar kulit sehingga menimbulkan peradangan dan kekeringan. Dengan demikian kamu bisa menggunakan sabun dengan pH yang sesuai dengan keadaan kulitmu.

Baca juga  Jenis Celana Pria Kekinian

Gunakan Tangan.

Para ahli mengatakan, membersihkan kulit dengan tangan baik di bagian muka atau bagian lainnya masih lebih baik ketimbang menggunakan kain atau sponge. Kedua bahan tersebut memiliki tekstur kasar yang malah bisa memecah permukaan kulit. Tidak hanya itu saja, jika tidak rutin dibersihkan kedua alat bantu tersebut cenderung menyimpan bakteri. Menggunakan alat-alat tersebut justru lebih rendan terjadi infeksi pada kulit.

Gunakan Pelembab.

Pelembab sangat membantu untuk menjaga kelembaban dan melindungi kulit dalam waktu yang lama. Namun, jika kamu memiliki wajah yang berjerawat pilihlah pelembab kulit dengan cermat. Para ahli mengatakan kondisi kulit yang berjerawat sebaiknya menggunakan pelembab dengan kandungan glycolic acid atau salicylic acid. Selain dapat melembabkan, kedua bahan tersebut juga baik untuk mengatasi jerawat lho guys.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan pelembab saat kulit wajah masih dalam keadaan basah. Karena kondisi kulit yang masih basah dapat menyerap lebih efektif dan membantu mencegah pengelupasan.

Jika kamu tidak memiliki masalah dengan jerawat, sebaiknya kamu mencari pelembab yang mengandung asam lemak (Ceramide), kandungan zat ini memiliki fungsi untuk mengisi keretakan pada lapisan kulitmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here