terakurat.comparasite– Film parasite sepertinya membuat banyak orang menjadi penasaran. Terutama setelah dinobatkan menjadi pemenang ‘Best Picture’ dalam penghargaan Oscar 2020. Banyak orang yang seakan ingin tahu apa sebenarnya dibalik pembuatan film ini. Sehingga menjadi begitu hebat bahkan meraup 8 Juta penonton hanya dalam waktu 17 hari !

1. Membawa Pulang 4 Piala di Oscar.

cultura.id

Sesuai prediksi, Parasite membawa pulang Piala Oscar 2020 kategori Best Internasional Feature Film. Dalam malam puncak Piala Oscar 2020, Parasite mengalahkan empat nomine lain yakni, Corpus Christi (Polandia), Honeyland (Makedonia Utara), Les Misérables (Prancis), serta Pain and Glory (Spanyol). Seperti diketahui, Parasite dalam bursa Oscars 2020 meraih 6 nominasi yakni Film, Sutradara, Film Berbahasa Asing, Skenario Asli, Penyunting Gambar, dan Tata Artistik Terbaik. Film besutan Bong Joon-ho ini meraik 4 piala oscar sebagai film terbaik, film berbahasa asing terbaik, penyutradaraan terbaik dan skenario asli terbaik.

2. Menyinggung Kapitalisme dan Ketimpangan Sosial.

Penuh intrik dan simbol-simbol, banyak orang membuat ulasan mengenai ‘Parasite Ending Explained’. Para pecinta film pun setuju jika Parasite merupakan film non bahasa Inggris pertama yang memenangkan Oscar tersebut menyinggung mengenai kapitalisme dan ketimpangan sosial. Perbedaan gaya hidup antara si miskin dan si kaya yang dikemas secara satire membuat penonton dan kritikus terpesona dengan film ini.

3. Banyak Simbol Tersembunyi di Dalam Cerita.

Jika Anda menyimak dan mendalami film Parasite, banyak simbol tersembunyi sepanjang jalan cerita. Misalnya saja batu dan air yang dianggap mewakili realita versus harapan palsu. Hal tersebut juga banyak dijelaskan dalam sejumlah review Parasite. Untuk memahaminya, selain review tak jarang para penonton akan membaca spoiler film Parasite.

4. Terinspirasi dari Kisah Hidup Sutradaranya Sendiri.

Banyak review film Parasite yang menyebutkan jika jalan ceritanya sangat unik. Tak heran jika dalam Oscar 2020, film tersebut juga memenangkan ‘Best Original Screenplay’ dan ‘Best Director’. Tak disangka jika cerita film Parasite terinspirasi dari kisah hidup sang sutradara. Dikatakan Bong Joon Ho, dulu ia juga pernah jadi tutor anak orang kaya ketika kuliah. Sayangnya, baru dua minggu sutradara andal itu dipecat.

Baca juga  Jordan Peele Hadirkan Film Terbarunya 'Us'

5. Butuh 540 Tahun.

Salah satu simbol yang menunjukkan perbedaan kelas atas dan kelas bawah dalam film ini adalah rumah mewah keluarga Park. Karakter Kim Ki Woo pun bermimpi untuk bisa membeli rumah tersebut di akhir cerita film Parasite. Namun pada kenyataannya butuh keajaiban dan kerja keras untuk dapat mewujudkannya karena Ki Woo perlu 540 tahun dengan gaji orang biasa untuk bisa membeli rumah tersebut.

6. Para Pemain yang Belum Tahu Jalan Cerita.

Fakta menarik lain mengenai film Parasite adalah kebanyakan pemainnya tidak tahu jalan cerita sebenarnya. Namun Song Kang Ho dan Choi Woo Shik yang sebelumnya sudah sering menjadi pemain film Bong Joon Ho setuju dan percaya saja dengan sang sutradara andal. Begitu juga dengan Park So Dam yang hanya tahu ia akan menjadi anak dari Song Kang Ho.

7. Kerjasama Aktor dan Sutradara Unggulan.

Sebelum menang Oscar, sejak awal film Parasite sudah menarik perhatian di Korea karena aktor dan sutradara unggulan langganan penghargaan. Beberapa karya Bong Joon Ho yang jadi perbincangan internasional, seperti Memories od Murder, Mother, The Host, Snowpiercer, dan Okja. Sedangkan aktor Song Kang Ho bermain dalam Mr. Vengeance, Memories of Murder, The Host, Snowpiercer, A Taxi Driver, The Face Reader, hingga The Attorney. Keduanya memang sudah sering bekerja bersama dalam film. Bahkan jika Song Kang Ho tidak mau terlibat dalam film, Bong Joon Ho terancam membatalkan film Parasite.

8. Menipu Awal dari Semua Bencana.

Bagi Anda yang belum menonton film Parasite Korea mungkin bingung dengan jalan ceritanya. Sinopsi film Parasite yang juga menang di Golden Globes hingga SAG Awards adalah mengisahkan keluarga yang terdiri dari para pengangguran. Salah satu anaknya kemudian direkomendasikan untuk menggantikan temannya sebagai tutor anak orang kaya. Namun ia harus berpura-pura jadi orang kaya agar bisa diterima. Dari situlah berbagai penipuan dilakukan yang akhirnya membawa bencana.

Baca juga  Pelajaran Berharga The World of The Married!

9. Membangun Rumah di Dalam Tanki.

Keluarga Ki Taek tinggal di semi basement yang umum dihuni orang-orang Korea. Tapi sebenarnya rumah dalam film Parasite dibangun dalam set yang juga berfungsi sebagai tangki air.

10. Selanjutnya Akan Dibuat Mini Series.

Ramai diberitakan bahwa Parasite akan dibuatkan versi mini series-nya oleh HBO. Namun versi tersebut akan menggandeng sutradara, penulis, dan pemain yang berbeda. Direncanakan jika mini series tersebut tayang pada musim semi 2020 dan akan disiarkan di Netflix.

11. Parasite Adalah Satu dari Dua Film Korea yang Meramaikan Festival Film Cannes.

Tahun ini rupanya bukan hanya film Parasite yang akan tayang di Festival Film Cannes ke-72. Selain Parasite, film The Gangster, the Cop, the Devil yang dibintangi oleh Ma Dong Seok serta Kim Moo Yeol juga masuk dalam jajaran film yang masuk dalam kompetisi kategori Midnight Screenings.

12. Mie Menjadi Representasi.

Film Parasite Korea yang menang Oscar 2020 juga membuat sebuah makanan jadi tren. Yakni Jjapaguri Sirloin yang juga menjadi representasi bertemunya orang kaya dan orang miskin. Jjapaguri adalah paduan mie Jjappagetti dan Nuguri yang sebelumnya sudah populer di Korea. Ditambahkan dengan sirloin, dikatakan jika daging itu adalah metafora dari hubungan simbiosis antara parasit dan inangnya.

13. Film Asia Pertama Penerima Oscar “Naskah Asli Terbaik”.

Tahun ini, Parasite mencetak sejarah lantaran menjadi film Asia pertama yang memenangkan kategori skenario. Parasite menjadi film Asia pertama yang meraih nominasi ganda untuk Film Terbaik dan Film Berbahasa Asing Terbaik. Sebelumnya, film Crouching Tiger, Hidden Dragon pada 2001.

14. Mendapat Banyak Penghargaan Bergengsi.

Tidak hanya terjadi di Asia saja, namun film ini juga sukses di seluruh dunia. Selain berkesempatan tayang di beberapa negara seperti Perancis, Jerman, Spanyol, Polandia dan banyak negara lainnya. Parasite juga masuk ke beragam nominasi penghargaan film internasional. Sebut saja penghargaan Palme d’Or, Festival Cannes, Golden Globe, SAG Awards, dan terakhir yang menjadi pemenang di Oscar.

Baca juga  Fakta Menarik Kim Soo Hyun

15. Memikat 8 Juta Penonton Hanya dalam Waktu 17 Hari.

Meraih 8 juta penonton hanya dalam waktu 17 hari di Korea Selatan. Kesuksesan film Parasite tak hanya di Negeri Gingseng saja tetapi juga di beberapa negara lainnya. Contohnya di Prancis, film ini mengalahkan dua blockbuster Hollywood, Men in Black: International dan X-Men: Dark Phoenix, begitu diwartakan Korea Herald. Di Indonesia, film ini menjadi film Korea Selatan terlaris sepanjang masa di Indonesia mengalahkan The Battleship Island pada tahun 2017 silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here