Film tilik belakangan viral di berbagai media sosial sejak penayangan perdananya pada tanggal 17 Agustus, tepat dihari kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Daripada penasaran berikut fakta dibalik film tilik yang memboyong banyak penghargaan ini.

Sutradara.

Wahyu Agung Prasetyo, merupakan seorang pemuda yang lahir di Jakarta pada 5 Agustus 1993. Sejak kecil, ia selalu berimajinasi ingin menjadi seorang pilot dan pembalap. Namun, saat beranjak dewasa, ia baru menyadari bahwa menjadi pilot dan pembalap hanyalah sebatas permainan imajinasinya sewaktu kecil saja. Tanpa sengaja ia akhirnya terbawa untuk mengenal sebuah dunia seni bernama film. Jogja merupakan kota yang mempertemukannya dengan film.

Cerita.

Film ini mengisahkan tentang Dian, seorang kembang desa. Karena paras wajahnya yang cantik, tidak sedikit lelaki yang mendekatinya bahkan sampai datang melamarnya. Karena itulah banyak warga desa bergunjing tentang status lajang Dian.

Dalam sebuah kesempatan saat para ibu-ibu melakukan perjalanan naik truk. Dalam rangka menjenguk (Tilik) Bu Lurah di rumah sakit di kota, sosok Dian terus menjadi bahan gosip oleh Bu Tedjo.

Selain itu, ada juga sosok Yu Ning (Briliana Desy) yang selalu mengingatkan Bu Tedjo untuk tidak memfitnah tentang Dian. Perjalanan naik truk itu malah menjadi penuh gosip oleh para ibu-ibu.

Sosok Viral Bu Tejo.

Bu Tejo merupakan pemeran utama dalam Film Tilik yang sempat memperoleh penghargaan Piala Maya 2018 dalam kategori Film Cerita Pendek Terpilih. Sosok Bu Tejo menjadi fenomenal karena perannya menjadi seorang tukang gosip yang sering memanfaatkan media sosial untuk bahan gosipnya.

Pelajaran yang bisa dipetik.

Di akhir cerita film pendek tersebut ternyata rombongan para ibu-ibu tidak bisa menjenguk Bu Lurah yang ternyata masih di ICU. Akibat kesalahan informasi dari satu orang perjalanan mereka ke rumah sakit akhirnya menjadi sia-sia. Melihat hal itu Bu Tejo terlihat sangat senang dan menjadi besar kepala.

Baca juga  Film Yang Akan Tayang Di Bulan Juni 2019.

Hal tersebut berkaitan dengan kondisi di masyarakat saat ini, saat seseorang terlihat salah akan membuat kita besar kepala. Seharusnya dalam keadaan apa pun bersikaplah sewajarnya, karena manusia tidak ada yang sempurna.

Untuk menangkap sebuah informasi juga harus diperhatikan dengan baik. jangan melapnya mentah-mentah. Penyebaran informasi saat ini terjadi dengan sangat cepat. Perkembangan teknologi saat ini sangat ceppat dan canggih membuat sebuah informasi bisa sampai ke belahan dunia manapun hanya dalam satu kedipan mata.

Namun, tidak semua informasi yang ada di dunia maya itu bisa dipercaya. Banyak juga berita hoax yang beredar sangat cepat. Oleh karena itu, lebih baik pastikan dahulu kebenaran sebuah informasi sebelum menyebarluaskannya. Jangan sampai informasi yang kita sebar itu nantinya merugikan orang lain atau bahkan menjadi sebuah fitnah.

Lokasi Syuting.

Desa Terong, Dusun Saradan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Daerah yang terkenal dengan wisata hutan pinus yang berada jauh dari pusat kota. Salah satu yang cukup populer yaitu Hutan Pinus Mangunan.

Saking populernya, Presiden Joko Widodo menyebut Hutan Pinus Mangunan sebagai tempat wisata yang instagramable. Orang nomor satu di Indonesia itu sempat mengunjungi Hutan Pinus Mangunan untuk menghadiri Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Pameran Usaha Kehutanan pada September 2018.

Selain Hutan Pinus Mangunan, terdapat Hutan Pinus Asri yang juga terlihat dalam film. Tak jauh berbeda dari Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Asri juga menyajikan keindahan hutan pinus dengan udara segar khas pegunungan.

Pemain Film Tilik.

Siti Fauziah ( Bu Tejo ). Siti Fauziah Saekhoni, biasa disapa dengan nama Ozy. Seorang Aktris Indonesia yang lahir di Blitar, Jawa Timur pada tanggal 19 Desember 1988. Ia sering muncul dalam beberapa teater dan film. Brilliana Desy ( Yu Ning ). aktris yang karib disapa Mami Brilli itu sempat di-casting menjadi Bu Tejo. Aktris yang sudah 11 tahun menekuni dunia seni peran ini lahir

Baca juga  Drakor yang Pernah Dibintangi Ji Chang Wook!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here