Fakta Menarik Film Bebas, Didaptasi dari Film Korea!

Bebas adalah film Indonesia 2019 yang disutradarai Riri Riza dan diproduseri Mira Lesmana. Film ini akan ditayangkan pada 3 Oktober 2019. Film yang diadaptasi dari Film Korea ini bercerita tentang Vina (Maizura), seorang remaja SMA yang berasal dari sebuah kota kecil di Jawa Barat, baru saja pindah ke SMA Negeri bergengsi di ibu kota Jakarta.

Pada hari pertama di sekolah, Vina ditertawakan karena logat bicaranya dan juga diintimidasi oleh seorang siswa cowok. Beruntung, Vina ditolong dan dibantu beradaptasi oleh empat cewek dan seorang cowok yang disegani di sekolah.

Ada Kris (Sheryl Sheinafia) sang pemimpin, Jessica (Agatha Pricilla) yang lucu dan terobsesi pada kecantikan, Gina (Zulfa Maharani) yang pemberani dan anak terkaya di grup, Suci (Lutesha) yang cantik dan misterius, serta Jojo (Baskara Mahendra) satu-satunya cowok dalam pertemanan mereka.

Vina dengan cepat menjadi bagian dari geng mereka, yang lalu dikenal dengan nama GENG BEBAS. Kebersamaan mereka terusik saat terjadi peristiwa tragis yang menyebabkan keenam sahabat ini harus dipisahkan. Duet Kembali Riri Riza dan Mira Lesmana.

Siapa yang tak mengenal Mira Lesmana dan Riri Riza? Duo sineas kondang Tanah Air ini telah banyak memproduksi film laris di pasaran dan selalu mendapat apresiasi positif dari banyak pihak. Sebut saja Petualangan Sherina, Laskar Pelangi, hingga Kulari ke Pantai yang telah dirilis pada Juni tahun 2018 lalu.

Tak ingin membuat penggemarnya terlalu lama merindu karya-karyanya, pada tahun ini duo tersebut kembali akan merilis sebuah film berjudul Bebas. Film tersebut merupakan adaptasi dari film Korea berjudul Sunny yang mana menjadi box office dengan perolehan pendapatan kotor mencapai 51,1 juta dollar atau setara sekitar Rp 722 M.

1. Diminta remake langsung oleh pihak CJ Entertainment Korea.

CJ Entertainment yang menawarkan Mira Lesmana untuk membuat remake film Sunny tersebut. Pihak CJ Entertainment meminta Mira Lesamana lantara terpukau pada film Ada Apa dengan Cinta? yang digarap Mira bersama Riri.

Baca juga  Aneka Lomba Yang Selalu Ada Saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Namun awalnya Mira belum tertarik menerima tawaran tersebut. Pihak CJ Entertainment juga membebaskannya agar sesuai dengan lokal konten di Indonesia.

2. Diadaptasi dari film box office Korea.

Ada cukup banyak pemain utama dalam film ini. Beberapa di antaranya, yakni Sheryl Sheinafia, Agatha Pricilla, Baskara Mahendra, Susan Bachtiar, Baim Wong, Marsha Timothy, Indy Barends, dan Widi Mulia.

3. Tiga penyanyi dalam barisan pemain utama.

Geng Bebas remaja dan dewasa semua terhitung sebagai pemain utama. Tiga di antara pemeran Geng Bebas remaja yakni Sheryl Sheinafia, Maizura, dan Agatha Pricilla adalah penyanyi.

Sheryl dan Maizura diorbitkan sebagai penyanyi di bawah label Musica Studios, sementara Agatha Pricilla adalah grup vokal Blink yang kini merintis karier bermusik bersama label independen Sun Eater.

4. CJ Entertainment memberikan dana Rp 14 Miliar.

Untuk menggarap film Bebas ini CJ Entertainment mengeluarkan dana sebesar Rp 14 Miliar. Dan tersebut digelontorkan oleh CJ Entertainment karena mereka mendukung penuh pembuatan film Bebas ini. 5. Pengembangan karakter pria dalam film Bebas. Geng Bebas terdiri dari empat perempuan dan satu pria.

Dalam film Sunny, seluruh anggota Geng Bebas sebetulnya perempuan karena mereka bersekolah di sekolah perempuan. Pengembangan karakter Jojo dalam Geng Bebas untuk menambah nuansa nusantara, Indonesia didominasi sekolah negeri.

Jojo juga representasi karakter pria yang bisa berbaur dan dipercaya oleh teman-teman perempuan dalam sebuah geng. Sebagai potret zaman, seperti dikatakan Mira Lesmana belum lama ini, pria seperti itu di zaman dulu belum diterima baik seperti sekarang. Selain karkater Jojo, peran yang dimainkan Giorgino Abraham dan Jefri Nichol juga pengembangan untuk menunjukkan nuansa sekolah negeri di Indonesia.

Baca juga  Kuas Lukis Terbaik

6. Dua nama penyanyi besar Indonesia ikut dalam film Dua personel Geng Bebas.

Kris dan Vina cukup kewalahan dengan pemberian nama mereka. Kepanjangan nama mereka sendiri adalah Krisdayanti dan Vina Panduwinata. Alasan pemilihan kedua nama itu salah satunya banyak penyanyi yang tenar di era 90-an berasal dari Jawa Barat. 7. Indy Barends dan Agatha Pricilla tampak senyawa untuk karakter Jessica. Pribadi karakter Jessica yang diperankan Agatha Pricilla (remaja) dan Indy Barends (dewasa) seperti menemukan titik temu. Agatha dan Indy sama-sama memiliki karakter yang mampu memecah suasana dan cukup lantang bersuara, di samping sifatnya yang suka bercanda.

8. Maizura, gadis Makassar yang fasih berbahasa Sunda.

Maizura sukses mengelabui seluruh penonton saat beraksi dalam film Bebas. Kefasihannya berbahasa Sunda bukan karena dia berasal dari daerah Sumedang, seperti diceritakan dalam film. Bahasa Sunda dipelajari beberapa bulan untuk film Bebas. Maizura sendiri berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan dan belum lama ini berkarier di Jakarta.

9. Film Indonesia pertama yang syuting di MRT.

Film bebas ini merupakan film Indonesia pertama yang syuting di MRT (Moda Raya Terpadu) Jakarta. Awalnya akan dilakukan syuting di KRL namun karena tidak memadai akhirnya berubah ke MRT. Hal tersebut untuk mempresentasikan tentang kota modern. Syuting pun dilakukan sebelum peresmian MRT di Jakarta.

10. Indonesia jadi negara keempat yang remake film Sunny.

Indonesia menjadi negara keempat yang memproduksi ulang film Sunny. Sebelumnya Jepang, Vietnam, dan Amerika Serikat telah lebih dulu membuat remake film Sunny.

11. Ada tiga karakter perempuan di film Sunny yang diubah menjadi laki-laki di film Bebas.

Produser sekaligus penulis skenario film Bebas, Mira Lesmana mengungkapkan ada dua karakter lagi yang diubah dalam film adaptasi film Korea berjudul Sunny itu. Selain Jojo yang awalnya merupakan karakter perempuan di film Sunny, ada dua karakter lagi yang diganti menjadi perempuan dimainkan oleh Giorgino dan Jefri Nichol.

Baca juga  Projector Terbaik

Perubahan karakter tersebut menurut Mira karena hal tersebut lebih lokal, dan dengan itu bisa memperlihatkan bagaimana laki-laki menghormati perempuan serta anggapan perempuan terhadap laki-laki.

12. Banyak Artis Ternama yang Turut Main.

Tak hanya punya alur cerita yang menarik, film Bebas juga diperankan oleh aktor, aktris, dan selebriti ternama yang tentu sudah tak asing lagi didengar. Beberapanya seperti Oka Antara, Sarah Sechan, Jefri Nichol, Bisma Karisma, dan Irgy Fahrezy, yang menjadi pemeran pendukung.

13. Judul Film Diambil dari Lagu Iwa K.

Untuk judul filmnya, pihak Miles Film tidak menggunakan nama yang sama seperti versi Korea Selatan. Melainkan terinspirasi dari lagu Iwa K berjudul “Bebas”. Alasan dipilihnya judul dari salah satu lagu Iwa K karena untuk memberi gambaran suasana yang sama dengan era di film ini, yaitu era 1990-an.

Film Bebas disutradarai Riri Riza dengan naskah dari Mira Lesmana bekerja sama dengan Gina S. Noer. Mira Lesmana juga bergerak sebagai produser film dari Miles Films, bekerja sama dengan CJ Entertainment. Film bebas dibagi menjadi dua masa yakni 1995 dan 2019.

Adaptasi dari cerita Sunny, menyesuaikan rasa lokal Indonesia mulai dari sudut pengambilan gambar hingga tren mode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: