Terakurat.com – Fakta menarik Golongan darah O – Darah manusia  pada dekade pertama 1900-an di klasifikasikan menjadi 4 jenis oleh Karl Leindsteiner, seorang dokter asal Austria. Sejak saat itu, sangat penting bagi manusia untuk mengetahui golongan darahnya. Terutama saat dalam situasi Darurat, misalnya untuk transfusi darah yang aman.

Jika darah kamu golongan O berarti darahmu tidak langka, terutama jika kamu pergi ke daerah Amerika Selatan, karena disana hampir 100%  masyarakatnya bergolongan darah O.

Orang yang berdarah O juga dikenal sebagai orang yan gmemiliki sifat seperti bunglon, alias dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jika kamu bertipe darah O, berikut ini fakta menarik golongan darah O ini.

fakta menarik golongan darah O

Pendonor Universal

Tidak seperti golongan darah A,B dan AB pada umunya yang memiliki Antigen, Pemilik golongan darah O merupakan satu-satunya tipe golongan darah yang tidak memiliki antigen.

Hal ini membuat pemilik golongan darah O beresiko lebih kecil untuk menimbulkan reaksi tranfusi darah. Karena, seseorang yang memiliki golongan darah O negatif dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan darah. Hal inilah yang membuat golongan darah O dijuluki sebagai Pendonor Darah Universal.

Lebih banyak disimpan di Bank darah

Hampir di semua bank darah dan dirumah sakit seluruh dunia meminta persediaan golongan darah O lebih banyak, terutama golongan darah O rhesus negatif.

Hal ini dikarena Golongan darah O dianggap beresiko lebih rendah untuk menimbulkan reaksi transfusi, sehingga dapat digunakan oleh pasien yang membutuhkan darah darurat.

Meski demikian bukan berarti pemilik golongan darah lain harus berkecil hati karena setiap tetesan darah yang disumbangkan, memiliki peran yang begitu besar dalam menyelamatkan nyawa seseorang.

Masalah kesuburan

Wanita dengan golongan darah O kerap kali dianggap lebih beresiko terkena masalah kesuburan, Anggapan ini masih menjadi perdebatan yang kontroversial.

Baca juga  Fakta Tentang Kartu Pra Kerja Yang Harus Kamu Tahu

Ada studi yang menunjukan bahwa rata-rata wanita yang golongan darahnya O memiliki hormon FSH yang lebih banyak dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Kadar FSH yang tinggi dapat menyebabkan jumlah cadangan sel telur didalam rahim menjadi lebih sedikit, sehingga beresiko untuk sulit hamil.

Sementara itu ada juga studi lain yang membantah anggapan tersebut dan tidak menemukan kaitannya antara resiko masalah kesuburan dengan golongan darah O atapun golongan darah lainnya.

Jika kamu adalah wanita yang memiliki golongan darah O, kamu tidak perlu khawatir karena, kondisi kesuburan tidak ditentukan oleh golongan darah melainkan sejumlah faktor lain yang juga ikut mempengaruhi kesuburan diantaranya, Usia, Pola makan Gaya hidup, genetik atau keturunan, hingga konsoso medis tertentu.

Agar kamu selalu sehat dan kesuburan tubuh terjaga, anda tetap perlu mejalani gaya hidup sehat dengan cara rajin mengkonsumsu makanan bergizi dan rajin berolah raga serta mempraktikkan hubungan seks yang aman.

Efektifitas diet khusus golongan darah O

Diet golongan darah merupakan aturan pila makan yang harus disesuaikan dengan golongan darah seseorang. Metode diet ini menyarankan agar pemilik golongan darah O untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki protein yang uckup tinggi dan rendah karbohidrat seperti daging tanpa lemak, sayuran, ikan, buah-buahan dan minyak zaitun.

Meski sudah cukup banyak orang yang mengikuti efektifitas diet ini, faktanya hingga saat ini efektifitas diet golongan darah O ini belum terbukti lebih sehat dan lebih baik jika dibandingkan dengan jenis diet lainnya.

Oleh karena itu, apapun jenis golongan darah yang anda miliki, anda tetap saja disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Jika kamu memiliki kondisi medis yang khusus lebih baik kamu mengikuti tios diet yang diberikan dokter berdasarkan golongan darahnya.

Baca juga  Urutan Film Harry Potter, Dari Awal Hingga Kematiannya Voldemort

Pilihan olahraga untuk pemilik Golongan darah O

Selain diet ada jenis olahraga yang sangat disarankan untuk pemilik golongan darah O. Golongan darah O lebih cocok untuk melakukan olahraga dengan intensitas gerakan tinggi seperti berenang, bersepeda, lompat tali, dan zumba.

Nah, itulah beberapa fakta menarik golongan darah O yang wajib kamu ketahui. Namun beberapa fakta menarik golongan darah o diatas masih perlu pembuktian lebih lanjut.

baca juga : Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here