terakurat.comfilm-dolittle – Merasa tidak asing dengan film Dr. Dolittle? Memang film adaptasi Dr. Dolittle pernah terkenal dengan triloginya yang ditayangkan pada tahun 1998 silam, Film tersebut diperankan oleh Eddie Murphy sebagai Dr. Dolittle. Namun, Dolittle di tahun 2020 ini berbeda dengan Dr. Dolittle di tahun 1998 dan bukan juga sebuah remake. Akan tetapi, mengadaptasi langsung dari novel anak-anak yang berjudul Doctor Dolittle karya Hugh Lofting.

Jadi, Dolittle yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. ini tidak bisa disamakan dengan trilogi Dr. Dolittle versi tahun 1998, karena menggunakan setting waktu dan dunia yang sangat berbeda.


Mengisahkan Seorang Dokter Hebat yang Hidup Bersama Para Hewan.

Kehadiran John Dolittle, seorang dokter yang mampu berbicara dengan berbagai macam hewan. Dirinya bisa mengobati manusia maupun hewan tanpa masalah apapun. Ketenarannya pun meluas, hingga Ratu Kerajaan Inggris mencarinya saat membutuhkan seorang dokter.

Sejak istrinya meninggal dunia, ia cendurung menutup diri dan menjauh dari keramaian. Istrinya meninggal saat sedang melakukan petualangan. John Dolittle selalu mengurung dirinya di rumahnya.

Namun seketika hal tersebut berubah. Ketika Stubbins, seorang anak yang lebih memilih untuk berteman dengan hewan daripada memburunya. Stubbins tak sengaja melukai seekor tupai saat ia dipaksa untuk belajar berburu oleh pamannya.

Dalam usahanya untuk menyelamatkan si tupai, Stubbins lalu bertemu dengan Poly. Poly merupakan seekor burung kakak tua yang menuntunya masuk ke dalam kediaman Dolittle secara diam-diam.

Di sana, Stubbins juga bertemu dengan seorang wanita bernama Lady Rose. Wanita tersebut diutus dari Kerajaan Inggris untuk bertemu dengan Dolittle juga. Ia menyampaikan pesan bahwa Sang Ratu Victoria telah jatuh sakit hingga membutuhkan pengobatan yang cepat dari Dolittle.

Baca juga  Kristen Stewart, Bintangi Charlie's Angles 2019.

Sempat ragu, Dolittle akhirnya menyanggupi permintaan untuk menyembuhkan Sang Ratu Inggris. Namun ia harus bergegas karena ternyata sakit yang diderita oleh Ratu Victoria hanya dapat disembuhkan oleh buah langka. Dan buah tersebut berasal dari Pohon Eden.

Apakah Dolittle bisa mendapatkan buah tersebut sebelum waktunya?

Singkat dan Terkesan Terburu-buru.


Mengambil setting waktu dan dunia yang berbeda serta memiliki kesan lebih fantasi atau fiksi. Dolittle sanggup menyuguhkan sebuah film keluarga yang menarik karena berbagai hewan yang turut membantu Dolittle. Mulai dari hewan kecil seperti bebek, burung kakak tua, anjing, sampai beruang kutub dan gorila.

Kemampuan Dolittle tidak hanya sekedar berbicara dengan hewan mamalia saja, tapi juga dengan ikan dan serangga. Hal tersebut diperlihatkan di sepanjang film berlangsung.

Aksi dan perbincangan Dolittle dengan para hewan ini juga terlihat lucu oleh manusia lain yang hadir di dalam film. Dan tidak ketinggalan juga suara para hewan yang menggemaskan sesuai dengan kepribadian unik masing-masing karakter.


Tapi sayangnya, hal tersebut tak berbanding lurus dengan alur kisah serta plot yang akan disampaikan. Premisnya memang cukup sederhana, namun eksekusi dari plot yang terjadi di Dolittle (2020) ini terasa terlalu diburu-buru dan singkat. Sehingga rasa penasaran yang sudah memuncak harus kembali jatuh dalam waktu yang terlalu pendek.

Plot tersebut juga tidak memberikan ruang untuk para karakter baik itu manusia ataupun hewan yang hadir di dalam film. Dolittle ini memiliki kesempatan untuk menceritakan asal-usul mereka maupun perkembangan karakter yang lebih mendalam lagi. Mengingat durasi film hanya 102 menit, sepertinya perkembangan karakter yang sangat dalam memang mustahil dilakukan.

Cocok Ditonton Oleh Anak-anak dan Keluarga.

Meski memiliki durasi yang lebih pendek dan alur kisah terlalu diburu-buru. Dolittle (2020) mampu memberikan sekilas informasi penting yang mudah diikuti oleh berbagai usia. Sehingga cukup masuk akal untuk ditonton oleh keluarga dan anak-anak. Penonton juga tidak perlu mengikuti cerita Dolittle terdahulu, baik versi layar lebar maupun versi buku cerita anak-anak aslinya.

Baca juga  Live-Action Yang Akan Tayang Hingga Tahun 2020.

Film Dolittle (2020) ini jelas bisa menjadi pilihan yang bagus untuk ditonton anak-anak maupun keluarga. Tapi jika Anda membayangkan sebuah film dengan plot dan perkembangan karakter yang sangat dalam, lebih baik hilangkan ekspektasi tersebut.

Jangan terlena juga dengan jajaran artis yang bermain di film Dolittle (2020), jika Anda tak ingin merasa kecewa saat menontonnya. Lebih baik duduk manis, nikmati saja film yang berlangsung, tanpa harus berpikir keras maupun berekspektasi tinggi saat menontonnya.

  • Tanggal rilis: 15 Januari 2020 (Indonesia).
  • Genre: Adventure, Fantasy.
  • Durasi: 102 menit.
  • Sutradara: Stephen Gaghan.
  • Para pemain/pengisi suara: Robert Downey Jr., Antonio Banderas, Michael Sheen, Emma Thompson, Rami Malek, Kumail Nanjiani, John Cena, Octavia Spencer, Tom Holland, Craig Robinson, Ralph Fiennes, Selena Gomez, Marion Cotillard.
  • Studio: Universal Pictures.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here