terakurat.comfilm-motivasi– Dampak wabah COVID-19 bagi para pengusaha sangat besar. Mukai dari sepinya pelanggan hingga pendapatang yang menurun drastis, bahkan sebagian pelaku usaha terpaksa memberhentikan karyawannya karena tidak bisa embayar upah. yang terparah adalah pelaku usaha yang harus menutup usahanya atau gulung tikar.

Berikut ini beberapa film yang bisa membangkitkan lagi semangat dan sekaligus memberikan motivasi bagi para pelaku usah untuk berusaha hidup kembali di tengah pandemi ini.

Filosofi Kopi (2015).

Filosofi Kopi merupakan salah satu film yang diangkat dari antologi cerpen berjudul sama, karya Dewi Lestari. Film yang mengisahkan Ben dan Jody, dua sahabat penyuka kopi dan membangun bisnis kedai kopi bersama yang dinamai Filosofi Kopi.

Kedua sahabat ini bisa dibilang mempunyai modal sempurna untuk dapat membuat kedai kopi mereka sukses. Jody yang mempunyai ilmu bisnis dari universitas luar negeri dan Ben pencinta kopi yang juga jago meracik kopi.
Ternyata, mempunyai latar belakang yang bagus pun tidak membuat Filosofi Kopi berjalan lancar. Mereka terlilit utang besar dan harus berusaha melunasinya juga ingin mempertahankan bisnis mereka.

Perjalanan Ben dan Jody inilah yang akhirnya dapat memberikan pemahaman lain kepada penonton tentang membangun bisnis. Bahwa banyak hal yang bisa kita pelajari saat kerugian menghampiri.

Pirates of Silicon Valley.

Film yang terinspirasi dari kehidupan Steve Jobs dan Bill Gates ini tentu sangat layak dijadikan sebagai salah satu inspirasi. Dalam film ini, diceritakan bagaimana perubahan serta perkembangan pesat yang terjadi di bidang teknologi selama belasan tahun belakangan. Kelihaian dan optimisme, kedua hal ini jelas disampaikan film ini.

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar (2014)

Diangkat dari perjalanan hidup seorang Merry Riana, perempuan berdarah Tionghoa yang berhasil menjadi miliarder di usia 26 tahun. Film ini menceritakan perjuangan awal Merry yang diperankan Chelsea Islan menghadapi krisis di Indonesia dan kelamnya nasib keturunan Tionghoa saat itu. Keluarga Merry pun berusaha menyelamatkan anak gadis mereka dengan menerbangkan Merry ke Singapura.

Baca juga  Film Tentang Teror Buaya yang Menegangkan!

Meski secara keseluruhan film cerita hanya sampai Merry berhasil lulus dari universitas di Singapura, tapi perjuangannya cukup dapat menginspirasi kita sebagai penonton. Terlebih para pengusaha yang selalu takut untuk memulai bisnis, bisa belajar dari kegigihan Merry berjuang demi meraih kesuksesan di negeri orang.

Office Space.

Terkadang dalam suatu waktu, hidup ini membosankan meskipun memiliki pekerjaan. Hal inilah yang dirasakan Peter Gibbons setelah menyadari bahwa ternyata pekerjaannya terasa semakin berat untuk dijalani.

Bekerja selama bertahun-tahun dan menjalani rutinitas yang sama di kantor membuatnya lelah, terutama ketika berhadapan dengan atasannya Bill Lumbergh yang selalu membuatnya geram. Inilah yang menjadi titik yang mendorong Peter mengambil keputusan untuk berhenti bekerja dan memulai usaha.

Glengarry Glen Ross.

Bagaimana cara menarik dan mendapatkan pelanggan, dari film ini Anda akan mengetahuinya. Menjadi salesman yang menjual real estate ternyata memerlukan kecerdasan dan rasa percaya diri yang tinggi. Segala cara tampak wajar untuk dilakukan agar target yang ditetapkan tercapai dan kemudian mendapatkan reward.

Apa yang bisa dipelajari entrepreneur dalam film ini adalah dunia bisnis bagaikan hutan rimba yang berisi banyak bahaya. Untuk bertahan, Anda harus cepat dalam memikirkan caranya dan memanfaatkan sebaik-baiknya peluang yang ada. Ceroboh dan gegabah sekali saja, siap-siap keganasan dunia bisnis melahap Anda.

Citizen Kane.

Film bergenre drama yang sudah sangat lawas ini juga layak dijadikan inspirasi. Terkadang pebisnis yang terlalu sibuk dengan usahanya tidak lagi merasa membutuhkan siapa-siapa dalam kehidupannya.

Charles Foster Kane, pemilik surat kabar besar di New York, menjadi kaya raya berkat usahanya tersebut. Ironisnya, ia meninggal dalam kesepian di rumahnya yang mewah. Menjelang akhir hayatnya, Kane ternyata menyesali apa yang telah dijalaninya selama ini. Kekayaannya tidak membuatnya bahagia.

Baca juga  Kristen Stewart, Bintangi Charlie's Angles 2019.

Crocodile in The Yangtze.

Disajikan dalam bentuk dokumenter, Crocodile in The Yangtze berkisah tentang kehidupan Jack Ma, pendiri alibaba.com. Dari guru kemudian menjadi pemilik startup, perjalanan Jack Ma tergambar jelas dalam film ini, termasuk perkembangan alibaba.com. Bagi Anda yang berkeinginan membangun startup, menonton Crocodile in The Yangtze merupakan pilihan yang tepat.

The Pursuit of Happiness.

Film motivasi bergenre drama ini menceritakan kisah nyata tentang Chris Gardner yang begitu gigih dalam mengejar mimpi-mimpinya. Dalam film ini, dikisahkan bagaimana Chris jatuh bangun dan harus menjalani kehidupan yang sangat sulit bersama anaknya. Bahkan, mereka harus kehilangan rumahnya. Jalan menuju sukses tidak selalu mulus dan mudah. Begitu kira-kira pesan yang disampaikan film ini.

The Social Network.

Facebook telah menjadi salah satu startup yang paling sukses yang pernah ada. Tentu sangat menarik untuk mengetahui sisi kehidupan sang pendirinya. Film ini menceritakan tentang Mark Zuckerberg yang sukses memulai dan mengembangkan ide Facebook-nya yang awalnya sekadar iseng. Dalam The Social Network, Anda bisa melihat bagaimana Mark memulai dan menjalankan Facebook.

Moneyball.

Moneyball akan mengajarkan bagaimana sebuah usaha selalu membutuhkan inovasi dan kreativitas yang tinggi. Film ini menceritakan sebuah tim yang telah sukses, tetapi tersandung masalah yang kemudian membuat mereka kehilangan banyak uang.

Bukan hanya itu saja, sang manajer juga harus menerima kenyataan bahwa anggota timnya banyak yang hengkang ke tim lain yang lebih kaya. Brad Pitt yang berperan sebagai manajer kembali membangun timnya dari awal dan membuat mereka berbeda dengan tim sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here