Terakadang film documenter jarang sekali dilirik, namun ternyata justru memiliki pesan yang sangat mnyentil dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi di masyarakat. Misalnya saja film ‘Tilik’ yang viral dengan kararter bu Tejo. Untung saja You Tube bisa dimanfaatkan sebagai media yang bisa mengexplore karya-karya anak bangsa yang penuh dengan kreatifitas.

Film pendek tetaplah sebuah film yang perlu kita dukung dan apresiasi. Karena terkadang film-filmpendek tersebut justru memberikan pesan moral dan pelajaran hidup yang penting untuk kita ketahui.


Anak Lanang.


Film pendek Indonesia ini disutradarai juga oleh Wahyu Agung Prasetyo. Menceritakan tentang empat orang anak sekolah dasar yang dalam perjalanan membahas kehidupan sehari-hari mereka di atas becak dan ternyata adalah hari ibu. Diambil menggunakan teknik one shot, kalian akan menyaksikan bagaimana serunya para bocah ini berdebat selama perjalanan diatas becak.


Natalan.


Film karya Sidharta Tata ini bercerita tentang pulangnya seorang anak laki-laki bernama Resnu yang berjanji akan merayakan misa pada malam Natal bersama sang ibu tercinta di Yogyakarta. Kegelisahan dan rindu terhadap ibunya terus menggelayuti pikiran Resnu selama perjalanan dari Jakarta bersama istrinya. Cukup menbuat dada sesak, dan siap-siap banjir air mata guys!

Lemantun.


Film pendek karya Wregas Bhanuteja yang berjudul Lemantun. Mengisahkan seorang ibu yang membagikan warisan kepada lima orang anaknya. Warisan tersebut bukan berupa tanah, bukan berupa uang, tapi berupasebuah lemari. Tri sebagai anak tengah, tidak tahu harus membawa pulang lemari itu ke mana. Film ini akan memperlihatkan perbedaan sifat dari lima orang saudara dengan ending yang sangat menyentuh.

Unbaedah.


Rekomendasi film pendek Indonesia berikutnya ada Unbaedah. Dibintangi oleh Siti Fauziah, film ini bercerita tentang Baedah yang terbiasa “ndobel” melakukan aksinya kembali di acara tujuh harian kematian tetangganya. Mardiyah yang tidak mendapatkan nasi berkat karena ulah Baedah menjadi marah dan akhirnya mengajak warga untuk menakut-nakuti Baedah dengan berpura-pura menjadi arwah gentayangan.

Baca juga  Film 'Crawl' : Melawan Buaya dan Aligator yang Kembali ke Daratan!

Kisah di Hari Minggu.

Film ini memulai ceritanya pada pagi hari, seorang ibu rumah tangga yang diribetkan segala tugas, menyiapkan anak-anak ke sekolah, menyiapkan sarapan namun sang suami masih tidur dan tidak peduli dengan tugas istrinya. Istri meminta suami mengantar anak ke sekolah, tapi suami tetap tidur. Hal tersebut membuat istrinya marah, namun dia tetap membawa anaknya ke sekolah. Dia tidak menyadari bahwa itu adalah hari Minggu. Kisah sederhana yang akan memperlihatkan realita kehidupan sehari-hari yang terjadi dalam rumah tangga..

Something Old, New, Borrowed, and Blue.


Something Old, New, Borrowed, and Blue digarap oleh Mouly Surya. Kisahkan percakapan seorang ibu dan anak, detik-detik sebelum upacara pernikahan Islam-Jawa di mana sang mempelai wanita disembunyikan karena dia tidak perlu hadir dalam upacara tersebut. Hanya melalui ayahnya saja ia akan dipersatukan dengan calon suaminya. Menggambarkan seorang perempuan Indonesia dan budaya patriarki. Meskipun hanya berdurasi sebentar, pesan yang ada dalam film ini sangat mendalam.

Ji Dullah.


Film ini mengiisahkan tentang Dullah, seorang haji baru yang ditawari tetangganya untuk menjadi kepala desa. Merasa tertarik dengan gaji dan status sosial yang akan didapatnya, Dullah rela merogoh kocek untuk menjadi seorang Kepala Desa. Film ini cukup Jenaka dan sekaligus memotret masyarakat Indonesia, film ini disutradarai oleh Alif Septian.

Mars (Jangan Pipis Sembarangan).


Film komedi berjudul Mars (Jangan Pipis Sembarangan) ini menceritakan tentang Ipul (12 tahun). Dia sangat ingin ikut study tour ke Planet Mars bersama teman-teman sekolahnya. Mereka pergi ke Planet Mars dengan menggunakan bus IPIG (Interplanetary Planet in Galaxy). Ibu Ipul kemudian membekali pispot kepada Ipul yang sering buang air kecil. Setelah menjelajahi planet Mars, tiba-tiba Ipul ingin pipis. Dia pipis sembarangan di tanah planet Mars. Karna ulahnya itu, Ipul akhirnya diculik oleh alien sebagai hukuman karena pipis sembarangan. Film pendek yang kocak banget ini dijamin bisa bikin kamu ngakak guys!

Baca juga  Park Seo Joon Akan Bintangi Drama 'Itaewon Class'.

Menanti Keajaiban (2020).


Sebuah Film karya Angga Dwimas Sasongko. Bercerita tentang dua tokoh dalam cerita yang saling jatuh cinta, selain seru film ini juga bisa bikin kamu jadi senyum-senyum sendiri lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here