terakurat.com-dunia-pararel– Dunia Paralel merupakan sebuah dunia yang berjalan sejajar dengan dunia nyata. Di samping kehidupan yang sedang kita jalani sekarang, ada satu atau lebih kehidupan lain yang juga berjalan secara bersamaan dalam sebuah dunia paralel.

Pada awalnya dunia paralel hanya sebuah imajinasi dalam sebuah cerita fiksi, tapi sekarang ini makin banyak teori yang mendukung keberadaan dunia paralel. Para ilmuwan fisika berada di garis depan sebagai pakar yang mencoba menjelaskan kemungkinan keberadaannya.

Jika kamu pernah menonton film ‘The One’ yang dibintangi Jet Li, mungkin akan sedikit mengerti dengan definisi dunia paralel. Film tersebut menceritakan bahwa perpindahan dari dunia satu ke dunia yang lain adalah mungkin.

Berikut ini beberapa Film yang mengangkat tema tentang dunia pararel:

Journey to the Far Side of the Sun/ Doppelganger (1969).

Pinterest.com

Menceritakan tentang sekelompok astronot yang menemukan sebuah planet mirip Bumi. Kemudian mereka melakukan perjalanan kesana dan menyadari bahwa mereka telah terdampar di planet yang salah.

Film ini mengusung tori cermin, yang percaya bahwa di suatu tempat yang jauh disana yang sama persis dengan yang ada di Bumi, namun aktivitas yang mereka lakukan terbalik. Seperti jika kita membaca mulai dari kiri ke kanan, maka mereka membaca mulai dari kanan ke kiri.

Frequency (2000).

latterboxd.com

Frequency menceritakan tentang seorang anak bernama Johnny Sullvan (Daniel Henson) yang kehilangan ayahnya (Dennis Quaid) karena sebuah kebakaran. Ia menggunakan radio lama milik ayahnya namun terjadi hal aneh, tiba-tiba ia bisa berkomunikasi dengan ayahnya dimasa lalu karena terjadi Aorora Borealis yang bisa menghubungkan masa depan dan masa lalu.

Saat itulah ia menceritakan kebakaran yang akan menimpa ayahnya, karna itulah akhirnya ia bisa menyelamatkan ayahnya. Namun, ketika ayahnya berhasil diselamatkan ia tanpa sadar telah mengubah masa depan dan membuat seorang penjahat selamat dari kematian dan membunuh ibunya.

Donnie Darko (2001).

moma.org

Film ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Donnie Darko (Jake Gyllenhaal). Seorang pemuda yang terlihat rapuh keadaan psikologisnya. Suatu ketika ia menjadi sangat urakan dan berandalan namun terkadang ia juga bisa menjadi sangat bijaksana dan kata-kata yang disampaikan bermakna dalam.

Donnie terpaksa dikirim ke psikiater karena perilaku masa lalunya. Ia juga suka berjalan saat tidur, sering mendengar suara-suara aneh dan bahkan melihat seekor kelinci sebesar ukuran manusia bernama Frank (James Duval).

Kelinci itu memberitahu bahwa kiamat akan terjadi pada 28 hari 6 jam 42 menit dan 12 detik lagi. Donnie yang mengetahui hal itu tidak langsung percaya begitu saja. Namun, kejadian yang ia alami tiap hari membuatnya percaya. Apalagi sampai-sampai ada mesin jet yang jatuh di kamarnya.

Baca juga  Aktor Drakor yang Dijuluki 'Hot Daddy'.

The Butterfly Effect (2004).

screenslate.com

Film ini menceritakan tentang Evan yang menunjukkan perilaku tidak normal di sekolah. Hal tersebut kemudian membuatnya dibawa ke psikiater. Dikhawatirkan Evan ‘mewarisi’ kegilaan ayahnya (yang dirawat di rumah sakit jiwa).

Namun, tidak ditemukan hal yang aneh pada fisik Evan. Evan disuruh menulis buku harian oleh psikiaternya agar dia tidak melupakan hal-hal yang terjadi. Sejak itu Evan mulai menulis buku hariannya. Enam tahun berlalu, Evan yang sudah menginjak remaja berteman akrab dengan Tommy, Kayleigh (adik Tommy) dan Lenny. Suatu hari mereka bermaksud membuat ‘ledakan’ yang justru berakibat fatal bagi persahabatan mereka.

Tujuh tahun kemudian, Evan yang sudah duduk dibangku kuliah, membaca lagi buku harian yang pernah ditulisnya. Kemudian dia melihat masih banyak halaman-halaman kosong di buku hariannya, yang tidak bisa diingat. Kemudian Evan kembali ke kampung halamannya untuk bertanya kepada para sahabatnya dulu. Namun tidak ada yang mau mengungkit hal tersebut, bahkan Kayleigh bunuh diri setelah bertemu dengannya.

Kemudian ia pun menyadari bahwa lewat buku hariannya, Evan bisa kembali menjadi dirinya yang muda dan mengubah apa yang ia rasa perlu diubah. Hasilnya, ia tidak hanya mengubah hidupnya, tetapi juga hidup ketiga sahabatnya, bahkan ibunya sendiri.

Namun apapun yang ia ubah, alih-alih mendapatkan kebahagiaan, ia justru frustasi dengan keadaan. Sampai akhirnya, ia harus mengambil keputusan, manakah yang benar-benar harus ia ubah untuk mengembalikan kehidupannya. Kekasih, sahabat atau keluarganya.

The Lake House (2006).

syfy.com

Alex Wyler (Keanu Reeves) adalah seorang arsitek. Hidupnya terlihat baik-baik saja sampai ia menemukan sebuah surat misterius di rumah barunya. Surat tersebut ditulis pada tahun 2006, sedangkan Alex hidup pada tahun 2004. Awalnya Alex mengira bahwa sang penulis salah menulis tahun surat tersebut.

Ternyata yang menulis surat itu adalah seorang wanita bernama Kate, yang mengaku pernah menempati rumah tersebut sebelumnya.

Kate Forster (Sandra Bullock) merupakan seorang dokter yang kesepian. Ia menghabiskan hidupnya hanya untuk lembur kerja di rumah sakit. Ia mulai mendapat surat dari seorang pria misterius yaitu Alex. Kate bingung karena selain suratnya yang ditulis pada tahun 2004, ia juga tidak pernah merasa tinggal di rumah danau milik Alex.

Alex dan Kate tambah kebingungan saat melihat kotak surat mereka bergerak-gerak sendiri. Saat itulah mereka menyadari bahwa mereka telah mengirim surat melintasi waktu yang berjarak dua tahun.

Karena merasa tertarik, akhirnya mereka melanjutkan surat-menyurat hingga keduanya menjadi semakin dekat dan saling jatuh cinta. Banyak yang mereka ceritakan seperti misalnya tentang masalah yang mereka hadapi, jalan-jalan atau bahkan ngedate meskipun mereka tak bisa bersentuhan atau menatap satu sama lain.

Baca juga  Film Duet Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt Tayang Bulan Juli 2019.

Konflik terjadi saat Alex bertemu dengan Kate, dimana pada saat itu Kate belum mengenalnya. Coba bayangkan, bagaimana bisa kamu mencintai seseorang yang tidak pernah bertemu ? bahkan tidak akan pernah menemuinya ?

Déjà vu (2006).

pinterest.com

Setelah ledakan feri, agen AFT Doug diberitahu, bahwa ditemukan sesosok mayat wanita. Demi menangkap pelakunya, Doug kemudian bergabung dengan FBI dan kembali ke masa lalu untuk mengidentifikasi mayat tersebut.

Déjà vu adalah sebuah frasa Prancis yang memiliki arti secara harafiah adalah “pernah lihat”. Dengan kata lain, mengalami sesuatu pengalaman yang pernah dialami sebelumnya.

Another Earth (2011).

youtube.com

Rhoda Williams (Brit Marling) adalah seorang gadis cerdas berusia 17 tahun yang menghabiskan masa mudanya untuk belajar astronomi. Gembira mengetahui bahwa ia diterima masuk Institut Teknologi Massachusetts, Rhoda merayakannya dengan minum bersama teman-temannya, lalu ia pulang dalam kondisi keracunan.

Mendengarkan cerita di radio tentang planet mirip bumi yang baru saja ditemukan, ia memandang keluar dari jendela mobilnya dan menatap ke arah bintang-bintang. Kemudian secara tidak sengaja menabrak mobil yang berhenti di persimpangan, membuat John Burroughs (William Mapother) koma dan menyebabkan istrinya yang sedang hamil anak laki-laki meninggal dunia.

Setelah menjalani hukuman penjara selama empat tahun, Rhoda memilih bekerja sebagai petugas kebersihan di sekolahnya yang dulu dan menjaga jarak dari orang lain. Mendengar lebih banyak berita tentang planet lain yang menyerupai bumi, Rhoda kemudian mengikuti kontes esai yang disponsori oleh seorang pengusaha yang menawarkan penerbangan ruang angkasa ke planet tersebut.

Suatu hari Rhoda melihat John yang meletakkan mainan di lokasi kecelakaan. Lalu ia mengunjungi rumah John dan bermaksud untuk meminta maaf. Saat John membuka pintunya, Rhoda kehilangan keberanian. Ia malah berpura-pura menjadi pelayan yang menawarkan hari bebas pembersihan. John yang tidak mengetahui identitas Rhoda, akhirnya menerima tawaran tersebut dan bahkan John memintanya untuk kembali minggu depan. Hubungan John dengan Rhoda pun semakin dekat, mereka bahkan mulai berhubungan intim.

Rhoda memenangkan kontes esai, namun John melarangnya karena merasa bahwa mereka bisa memiliki masa depan bersama. Namun Rhoda akhirnya memberitahu identitas yang sebenarnya, hal tersebut membuat john marah dan mengusir Rodha dari rumahnya.

Empat bulan kemudian, pada hari berkabut, Rhoda mendekati rumahnya. Ia kemudian bertemu dengan dirinya sendiri dari bumi lain dan berdiri di depannya.

Coherence (2013).

hollywoodreporter.com

Film ini bercerita tentang 8 orang yang sedang melakukan diner 4 pria dan 4 wanita, mereka mengobrol dan bercanda seperti biasanya. Sampai pada akhirnya lampu dirumah mereka mati akibat komet yang lewat beberapa tahun sekali. Namun yang aneh adalah saat semua lampu mati, ada 1 rumah yang lampunya tidak mati. Saat rumah tersebut dihampiri hal mengejutkan pun terjadi.

Baca juga  Ji Sung Menjadi Ahli Anastesi Dalam Drama Dokter Room / Dokter John.

Coherence dalam bahasa Indonesia berarti koherensi. Koherensi adalah pengaturan rapi antara kenyataan, gagasan, fakta, dan ide menjadi suatu untaian yang logis sehingga mudah memahami pesan yang dihubungkannya. Dan film ini bercerita tentang hal tersebut. Jadi sebelum menonton pahami dulu makna dari koherensi dan persiapkan mental kamu dengan kejutan yang ada difilm ini.

Parallels (2015).

youtube.com

Pararrels merupakan film petualangan menembus satu demi satu dunia kembar itu. Tokoh utamanya kakak beradik Ronan Carver (Mark Hapka) dan Beatrix Carver (Jessica rothe), Harold (kawan Ronan) yang masuk ke dalam sebuah gedung bertingkat misterius karena petunjuk ayah dari kakak beradik ini bernama Alex (Yorgo Costantine).

Ternyata gedung itu adalah kendaraan untuk menjelajah dunia pararel, masing-masing dunia hanya 36 jam. Ketiganya harus keluar dari tiap dunia yang mereka jelajahi dalam waktu 36 jam atau mereka akan terdampar selamanya, dan mereka juga tidak tahu ada berapa dunia harus dijelajahi oleh mereka sebelum kembali.

Di dalam gedung itu mereka bertemu seorag gadis misterius bernama Poli (Costance Wu) yang tidak diketahui datang dari dunia yang mana. sementara ayah mereka sedang menunggu di suatu tempat. Poli dan ayah mereka ternyata punya agenda rahasia. Di dunia itu jejak genetik terhubung dengan akun bank dan ada laptop transparan. Ronan juga tidak pernah dilahirkan di suatu dunia.

Paradox (2016).

myfilmviews.com

Film ini merupakan film science fiction yang mengusung tema time travel. Cerita bermula dari sekumpulan peneliti muda yang bekerja pada sebuah mesin waktu sebagai proyek rahasia mereka. Setelah berhasil dibuat, mesin waktu tersebut kemudian dicoba. Percobaan pertama dimulai dengan mengirim rekan mereka pada 1 jam yang akan datang.

Namun apa yang terjadi? Setelah rekan mereka kembali, ia memohon pada tim-nya untuk segera mematikan mesin tersebut. Mengapa? Karena pada waktu 1 jam yang akan datang ia menemukan bahwa mereka semua akan mati. Lalu apa yang terjadi?

The One (2001).

pinterest.com

Seorang Polisi yang bertarug dengan wujud dirinya dalam dunia pararel. Ia percaya jika bisa mengalahkan dirinya sendiri yang berada dalam dunia yang lain tersebut, maka dirinya akan abadi. Film ini disutradarai oleh James Wong yang skenarionya ditulis bersama Glen Morgan. Film yang diperankan oleh Jet Li ini sangat menarik untuk ditonton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here