Kita tidak pernah mengerti kondisi kejiwaan seseorang, bahkan beberapa kondisi yang fatal tersebut kerap kali dianggap hanya gurauan semata. Beberapa film berikut ini menunjukan betapa pentingnya memahami tingkat depresi seseorang terhadap masalah yang dihadapinya.

Girl, Interrupted.

Film ini menceritakan Susanna Kaysen (Winona Ryder) yang dianggap mengalami gangguan kejiwaan. Dia diduga melakukan percobaan bunuh diri dan mengalami halusinasi, sehingga harus dirawat di Claymoore Hospital.

Rumah sakit tersebut khusus menangani masalah gangguan mental dan jiwa cewek-cewek untuk menjalani terapi dan pengobatan agar kembali normal. Selain Ryder, film Girl, Interrupted dibintangi oleh Angelina Jolie dan Whoopie Goldberg.

Film ini diangkat dari buku dengan judul yang sama yang merupakan kisah nyata dari penulisnya Susanna Kaysen. Menceritakan hubungan cinta, pertemanan, serta penemuan jati diri. Film ini juga kasih kamu pemahaman self-conciousness, kejiwaan, serta permasalahan seorang cewek remaja yang beranjak menjadi dewasa.

To The Bone.

To The Bone adalah film original dari Netfix yang rilis di tahun 2017. Dengan tokoh utama seorang gadis bernama Ellen, yang diperankan oleh Lily Collins. Ellen menderita anorexia atau penyakit gangguan makan yang menyebabkan dirinya terobsesi dengan berat badan dan apapun yang dimakannya.

Di tengah masalah yang dihadapi, Ellen dimasukkan ke dalam rumah yang ditinggali orang-orang dengan riwayat serupa yang diurusi oleh dokter agak aneh yang ia temui. Saat itulah perjuangan Ellen menghadapi hidup diuji.

The Perks of Being a Wallflower.

Film ini berkisah tentang Charlie (Logan Lerman), seorang remaja dengan gangguan kesehatan mental yang tertutup dan kesulitan dalam bergaul. Namun, semua itu berubah saat dia mengenal Sam (Emma Watson) dan kakak tirinya Patrick (Ezra Miller). Charlie pun mulai memiliki banyak teman. Namun, masalah baru pun datang ketika dia diam-diam menyukai Sam.

Baca juga  Rekomendasi Film Komedi Romantis Indonesia yang Sangat Seru dan Menghibur

Film ini tentang seorang remaja yang menderita Post-traumatic stress disorder (PTSD). Film ini juga kasih pemahaman bahwa bisa aja orang-orang introvert yang kamu kenal mungkin punya trauma di masa lalu. Buat kamu yang mungkin punya orang terdekat yang kisahnya sama seperti Charlie jangan dianggap aneh, ya! Justru kamu harus dukung orang terdekatmu supaya bisa pulih dari kondisi mentalnya.

Manchester By The Sea.

Film yang rilis tahun 2016 ini menceritakan tentang seorang pria bernama Lee Chandler yang diperankan oleh Casey Affleck, ia bekerja sebagai tukang di sebuah perumahan apartemen. Lee memiliki sifat penyendiri dan mudah marah. Suatu waktu ia mendapat kabar dari kampung halamannya, Manchester, bahwa saudara laki-lakinya yang berpenyakit jantung meninggal dunia dan ia terpaksa harus mengambil alih untuk merawat keponakan laki-lakinya. Sejak saat itu dirinya diuji terlebih ketika keponakannya menginginkan tetap menetap di Manchester dan sedikit demi sedikit luka lama Lee di kota itu terungkap.

Berkat film ini serta aktingnya sebagai orang yang depresi tampak begitu nyata, Casey Affleck mendapatkan piala Oscar untuk Pemeran Aktor Utama Terbaik lho!

Veronika Decides To Die.

Film yang rilis di tahun 2015 ini adalah sebuah adaptasi dari penulis novel terkenal, Paul Coelho dengan judul yang sama. Menceritakan tentang seorang gadis berumur 20-an bernama Veronika yang beberapa kali melakukan upaya bunuh diri. Ia menikah, punya anak, namun semua itu tidak berjalan lancar.

Suatu waktu tiba-tiba ia terbangun di rumah sakit jiwa. Setelah diawasi oleh seorang psikiater yang agak tidak biasa, Veronika pun kemudian mengetahui bahwa waktu yang dimilikinya untuk hidup tidak lama lagi.

It’s Kind of a Funny Story.

Menceritakan Craig Gilner (Keir Gilchrist), seorang remaja berumur 16 tahun yang pergi ke rumah sakit setelah hampir bunuh diri. Selama satu minggu di rumah sakit, Craig bertemu dengan orang-orang yang memiiki masalah serupa dengan dirinya. Selain Keir Gilchrist, film ini dibintangi oleh Emma Roberts dan Zach Galifianakis.

Baca juga  Drama Korea 'Golden Garden' Pasangkan lagi Lee Sang Woo dan Han Ji Hye.

Film ini bakal kasih kamu pemahaman bahwa depresi bukan suatu hal yang bisa kamu anggap remeh. Depresi yang udah terlalu berat bisa membawamu buat melakukan hal-hal ekstrem seperti bunuh diri. Di film ini juga menunjukkan pentingnya buat jangan pernah meremehkan kondisi mental orang lain.

About Alex.

Dapat ditebak berdasarkan dari judul film yang rilis di tahun 2014 ini menceritakan tentang seorang lelaki bernama Alex. Namun ternyata film ini tidak bertumpu pada satu tokoh cerita saja lho!

Diawali pada suatu waktu Alex (Jason Ritter) melakukan upaya bunuh diri. Tak lama teman-teman lama semasa kuliahnya melakukan pertemuan dengan tujuan untuk memberi support kepada Alex.

Colorful.

Film animasi garapan Aniplex yang rilis tahun 2010 ini menyajikan drama depresi yang cukup berbeda. Menceritakan roh manusia yang gagal lulus dalam siklus reinkarnasi karena dosa yang ia miliki, tak disangka ia memenangkan undian untuk kembali hidup di dunia dan mengingat kembali dosa yang diperbuat.

Kemudian ia pun menggantikan hidup seorang anak SMP kelas tiga bernama Makoto Kobayashi yang melakukan upaya bunuh diri. Perlahan ia menyadari kehidupan Makoto sebelumnya tidak begitu menyenangkan dan lingkungannya sangat buruk.

P.S. I Love You.

Film ‘P.S. I Love You’ ini sungguh menyesakkan, bagaimana tidak? Film yang rilis tahun 2007 ini menceritakan seorang wanita cantik dan cerdas bernama Holly (Hillary Swank) menjelang umur ke 30-nya ia terpaksa berstatus janda karena kehilangan suami yang dicintainya. Holly pun perlahan bangkit dari keterpurukkannya setelah mengetahui mendiang suaminya meninggalkan beberapa surat untuknya.

The Bachelors.

Walaupun tidak begitu kelam, film drama komedi keluarga yang rilis tahun 2017 ini cukup menggambarkan seseorang yang tengah depresi lho! Ditinggal meninggal lebih dulu istrinya, Bill Pallet diperankan oleh aktor kawakan J.K. Simmons memiliki duka yang begitu mendalam hingga memutuskan pindah rumah ke kota besar bersama anak lelaki remajanya, Wes, untuk memulai lembaran baru.

Baca juga  Drama Korea Tayang Bulan April 2020!

Mereka pun perlahan mulai memiliki ketertarikan dengan hal baru di kota ini terutama dalam hal asmara, walaupun begitu perjalanan mereka tidak mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here