kecelakaan-pesawat– Pesawat terbang bisa dibilang lebih aman dibandingkan lainnya. Kecelakaan pesawat sangat jarang terjadi dibandingkan dengan kecelakaan transportasi darat atau laut. Akan tetapi jika kecelakaan pesawat terjadi, maka akan berakibat sangat fatal dan merengut lebih banyak korban jiwa. Untuk menyelediki penyebab kecelakaan pun tidak mudah. Karena penyelamat harus menemukan kotak hitam yang ada pada pesawat.

Karena hal tersebut berita kecelakaan pesawat selalu menjadi trending topik yang menggemparkan seluruh negeri. Tak jarang para sineas juga terinspirasi dari kejadian-kejadian tersebut. Berikut ini beberapa film yang mengangkat tentang peristiwa kecelakaan pesawat yang mengerikan dan banyak menelan korban jiwa.

United 93.

Film United 93 terinspirasi dari kejadian pembajakan pesawat yang terjadi di Amerika pada September 2001 silam. Empat pesawat tersebut dibajak untuk menabrak menara kembar WTC. Dari empat pesawat yang dibajak tersebut, pesawat United Airlines Flight 93 lah satu-satunya pesawat  yang tidak mengenai target. Akan tetapi, pesawat jatuh di Pennsylvania, AS.

Menceritakan tentang aksi heroik para penumpan pesawat untuk menggagalkan rencana dari sang teroris. Perjuangan para penumpang yang melawan pembajak di ruang kokpit terekam di kotak hitam. Naas, semua kru pesawat dan penumpang dalam pesawat tersebut meninggal dunia.

Flight.

Film ini mengisahkan tentang aksi heroik seorang pilot bernama Whip Whitaker saat berusaha mengendalikan pesawat yang mengalami kerusakan mesin. Whip sangat handal dalam menghadapi tantangan yang mengancam nyawanya dan seluruh penumpang. Hebatnya, ia bahkan mengendalikan pesawat dalam keadaan terbalik agar mendapatkan kestabilan. Sayap pesawat yang dikendalikannya tersebut sempat menabrak bagian atas gedung sebelum akhirnya mendarat di sebuah lapangan.

Namun sayangnya, Whip tetap didakwa bersalah karena malam sebelumnya dia mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Meskipun aksinya berhasil menyelamatkan banyak penumpang,  dia tetap dijatuhi hukuman karena hal tersebut.

Baca juga  Rekomendasi Film Kolosal Terbaik yang Mendominasi Box Office

Sully.

Film ini menceritakan tentang seorang pilot bernama Chesley “Sully” Sullenberger yang diperankan oleh aktor senior Tom Hanks. Film Sully ini diangkat dari kisah nyata perjuangan seorang pilot bernama Sully saat mesin pesawatnya mati akibat ditabrak oleh kawanan burung.

Akibat dari insiden tersebut, Sully akhirnya terpaksa mendaratkan pesawatnya di Sungai Hudson. Karena keputusannya yang sangat beresiko tersebut, akhirnya ia diinvestigasi. Film ini menggambarkan peran penting keputusan dan keahlian seorang pilot dalam situasi yang kritis.

Aftermath.

Ilm ini diangkat dari kisah nyata, sebuah tragedi tabrakan pesawat Tupolev Tu-154M milik Bashkirian Airlines dan pesawat kargo DHL. Pertama kali dirilis pada tahun 2017, dibintangi oleh aktor papan atas Arnold Schwarzenegger yang memeranan tokoh Roman. Diceritakan dalam film bahwa istri dan anak perempuan Roman menjadi korban dalam tabrakan maut tersebut.

Roman lalu mencari petugas pengatur lalu lintas udara yang bertugas pada saat itu. Namun, ternyata petugas tersebut sudah pindah dan mengganti identitasnya karena merasa bersalah atas peristiwa tersebut. Roman tetap tidak mau menyerah. Ia masih tetap berusaha mencari tahu untuk membalas kematian istri dan anaknya.

The Captain.

The Captain merupakan film yang diangkat dari kisah nyata. Film ini bercerita tentang pesawat Sichuan Airlines 8633 yang mengalami situasi darurat di atas Dataran Tinggi Tibet. Saat berada di atas ketinggian 32.000 kaki, Tiba-tiba kaca depan pesawat retak dan pecah. Seorang co-pilot terseret keluar tetapi beruntung dia masih bisa bertahan.

Ketegangan semakin memuncak karena pesawat di kelilingi oleh awan dan badai serta radio yang biasa digunakan untuk alat komunikasi tidak berfungsi. Sang Pilot harus mengambil keputusan yang tepat agar bisa mengemudikan pesawat tersebut dengan selamat. Tidak hanya Pilot yang berjuang, semua kru pesawat dan pramugari juga bekerja sama untuk menjaga keselamatan para penumpang.

Baca juga  Film-Film yang Raih Keuntungan Besar Dengan Budget Kecil !

Cast Away.

Film yang dirilis pada tahun 2000 ini disutradarai dan diproduser oleh Robert Zemeckis. Cast Away dibintangi oleh aktor kenamaan seperti Tom Hanks dan Helen Hunt. Film ini mengisahkan tentang Chuck Noland yang bekerja di perusahaan ekspedisi, FedEx. Mereka harus meninjau cabang perusahaan yang berada di Pasifik Selatan.

Namun naas, pesawat yang ditumpanginya jatuh. Semua awak dalam pesawat itu meninggal, kecuali dirinya. Dia terdampar di sebuah pulau tidak berpenghuni di tengah samudera. Film ini lah yang akhirnya membuat Tom Hanks dinominasikan sebagai aktor terbaik di Academy Awards ke-73.

Alive.

Rilis pada tahun 1993, film ini disutradarai oleh Frank Marshall. Alive dibintangi oleh Ethan Hawke, Josh Hamilton, Vincent Spano, Bruce Ramsay, John Haymes Newton, Illeana Douglas, and Danny Nucci.

Film ini menceritakan tentang kecelakaan pesawat yang ditumpangi oleh para pemain rugby dari Uruguay. Pesawat yang ditumpangi mereka jatuh di kawasan Gunung Andes pada 13 Oktober 1972. Dari 45 penumpang yang berada dalam pesawat tersebut, hanya 16 orang yang selamat. Untuk bertahan hidup, korban selamat terpaksa harus memakan jenazah temannya sendiri. Tim pencari yang dikerahkan kesulitan untuk mendeteksi lokasi kecelakaan dikarenakan sulitnya medan.

I Love You From 38.000 ft.

Film yang dibintangi oleh Michele Ziudith dan Rizky Nazar ini terinspirasi dari kisah seorang pramugari yang ikut menjadi korban dalam kecelakaan pesawat lion air. Sang Pramugari menuliskan “I Love You From 38.000 ft” di dalam sebuah kertas yang di tempelkan pada jendela pesawat saat sedang terbang

Film ini menceritakan tentang seorang wanita yang akan dijodohkan, namun lari ke suatu tempat. Disana ia bertemu dengan seorang pria dan akhirnya mereka saling jatuh cinta. Namun saat ingin menyusul wanita yang telah lebih dulu kembali ke jakarta, pesawat yang ditumpangi pria tersebut mengalami kecelakaan karena pengaruh cuaca.

Baca juga  Kisah Hidup Nikola Tesla Yang Difilmkan!

Nah guys, itulah tadi tragedi kecelakaan pesawat yang difilmkan. Memang menakutkan dan bisa membuat kita ‘parno’ untuk naik pesawat, tapi kembali lagi pada Tuhan guys. Kita tidak pernah tahu takdir yang dirahasiakan Tuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here