Inilah 3 Fungsi Hati Yang Paling Penting

fungsi hati

Dalam pelajaran IPA yang diajarkan di sekolah, fungsi hati dibahas sedemikian rupa dalam versi ilmiah. Ada banyak fungsi hati yang bisa dirasakan oleh manusia. Namun ada 4 fungsi utama hati yang membuatnya menjadi organ penting yang harus dijaga.

Bagi kamu yang belum memahami hati, hati merupakan salah satu organ penting manusia yang terletak di perut sebelah kanan atas. Nah, hati merupakan salah satu organ dalam paling penting bagi manusia karena perannya yang sangat berpengaruh terhadap tubuh manusia. Jika kamu penasaran dengan fungsi dari organ berwarna coklat ini, kamu perlu menyimak informasi dibawah ini.

fungsi hati

Fungsi hati: Pembersih darah

Salah satu fungsi organ cokelat yang paling penting adalah sebagai pembersih darah. Darah yang mengandung racun, alcohol bahkan obat-obatan akan dibersihkan oleh darah. Jika darah tidak dibersihkan, maka penyakit akan menumpuk.

Selain itu, hati juga menghancurkan sel darah merah yang telah menua. Akibat dari penghancuran ini, feses bisa berwarna coklat.

Menyimpan energy

Fungsi hati selanjutnya adalah sebagai tempat untuk menyimpan energy. Hati menyimpan energy dalam bentuk glikogen. Jika tubuh memberi sinyal butuh tambahan energy, maka ia akan mengubah glikogen menjadi glukosa atau gula yang mampu menambah energy.

Hal ini berkaitan juga dengan darah rendah atau anemia. Ia akan mengubah glikogen menjadi glukosa agar tubuh tidak terasa lemas.

Memproduksi zat penting

Hati diketahui sebagai organ untuk menyimpan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah protein. Protein diperlukan sebagai sumber energy dan membantu dalam proses pembakaran kalori tubuh.

Selain itu, hati juga akan memproduksi enzim atau zat penting seperti albumin dan cairan empedu. Albumin berguna untuk membantu sistem metabolism tubuh. Sedangkan cairan empedu berguna untuk membantu proses pencernaan.

Baca juga  Cara Menurunkan Darah Tinggi Yang Sehat Tanpa Obat

Ada pula senyawa lain seperti kolesterol baik dan trigliserida yang bermanfaat dalam metabolism tubuh, terlebih ketika tubuh melakukan aktivitas berat.

Kini, kamu lebih memahami pentingnya hati yang mampu mendukung beberapa aktivitas di dalam tubuh. Untuk itu, kamu perlu menjaga kesehatan hati dengan rajin memeriksa dan menjalani pola hidup yang sehat. Dengan begitu, fungsi hati akan menjadi maksimal.

 

Baca Juga : Inilah Informasi Lengkap Tentang Sakit Pinggang Yang Kamu Harus Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *