Schizophrenia Adalah Penyakit Apa?

Schizophrenia Adalah Penyakit Apa?

Schizophrenia adalah salah satu penyakit yang cukup unik. Penyakit ini akan menyebabkan halusinasi dan pikiran yang kacau bagi para penderitanya. Penyakit ini juga sering dikaitkan dengan gangguan mental. Gangguan mental yang terjadi pada penderita menyebabkan penderita merasa kesulitan dalam merasakan apa yang terjadi pada kenyataan dan yang ada pada halusinasinya.

Baik laki-laki maupun perempuan bisa mengidap penyakit ini. Usia yang paling rentan untuk mengidap penyakit ini adalah antara 15 tahun hingga 35 tahun. Sebenarnya, apa penyebab dari penyakit Schizophrenia?

Penyebab dan Pengobatan Schizophrenia

Schizophrenia Adalah Penyakit Apa?

Para ahli menyebutkan bahwa penyakit Schizophrenia disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan dan juga faktor keturunan. Namun, para ahli juga belum bisa memastikan apa sebenarnya penyebab dari penyakit ini.

Penderita Schizophrenia harus segera mendapatkan penanganan khusus dari dokter. Jika penderita Schizophrenia dibiarkan begitu saja, nantinya gangguan mental yang terjadi akan semakin parah. Oleh karena itu, segera bawa penderita ke dokter kejiwaan atau psikiater untuk mendapatkan penanganan.

Berikut beberapa gejala dari penyakit Schizophrenia yang penting untuk kamu ketahui:

  1. Penderita dari penyakit ini sering mengalami halusinasi sehingga ia akan menceracau sendiri dan bicara tidak jelas. Bahkan nada bicaranya terlihat sangat datar
  2. Produktivitas kerja atau pun prestasi belajar akan menjadi semakin menurun seiring terjadinya halusinasi pada dirinya
  3. Gangguan dan gejala yang telah disebutkan pada nomor 1 dan 2 tersebut terjadi begitu saja bukan karena efek dari obat.

Ketika gejala-gejala tersebut telah ditunjukkan, maka penanganan secara  khusus harus dilakukan. Hal ini untuk mencegah penyakit Schizophrenia ini semakin parah. Dokter spesialis kejiwaan yang menangani biasanya akan memberikan obat-obatan antipsikotik.

Selain diharuskan mendapatkan pengobatan dari dokter, penderita Schizophrenia juga harus mendapatkan dukungan dari keluarga dan kerabat secara penuh. Adanya dukungan yang baik dari kerabat dan sahabat akan mempercepat kesembuhan bagi para penderitanya.

Baca juga  4 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Yang di Waspadai

Meskipun telah sembuh, penderita Schizophrenia harus tetap mendapatkan monitor dari dokter untuk mengantisipasi penyakit ini kambuh kembali. Nantinya, dokter akan memberikan resep obat untuk mencegah kambuhnya penyakit Schizophrenia lagi.

Jadi Schizophrenia adalah Penyakit yang menyebabkan halusinasi dan pikiran yang kacau bagi para penderitanya.

 

Baca Juga : Segala Hal Tentang Lansoprazole, Cara Kerja, dan Cara Mengonsumsinya Dengan Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *