Inilah Daya Tarik Objek Wisata Gua Jatijajar

gua jatijajar

Gua Jatijajar merupakan destinasi wisata yang menarik di daerah Kebumen Jawa Tengah. Dahulu tempat ini adalah ladang pertanian yang berada di atas gua. Pada suatu saat ada seorang warga yang mencabut rumput dan terjatuh ke lubang yang ternyata adalah ventilasi langit-langit gua.

Pembangunan tempat wisata ini dimulai pada tahun 1975 dengan area gua setinggi 24 meter dan garis tengah 4 meter. Penamaan Gua Jatijajar ini berasal dari adanya dua pohon jati yang tumbuhnya berjajar berdampingan sejajar.

Daya tarik gua Jatijajar

Gua Jatijajar

Yang menarik dari gua Jatijajar ini adalah adanya stalagtit dan stalagmit. Stalagmit adalah batuan yang menggantung di atas langit-langit gua. Hal ini terbentuk dari tetesan air hujan yang bereaksi saat menembus batuan kapur di atasnya.

Sedangkan stalagmit adalah tiang kapur yang muncul dari dalam tanah. Perpaduan keduanya menyuguhkan keindahan yang sempurna.

Pembentukan stalagtit dan stalagmit ini terjadi secara alami dan dalam jangka waktu yang lama. Dalam jangka waktu 1 tahun biasanya hanya bertambah satu cm. Bila berkunjung di sana, jangan pernah merusaknya agar tetap terjaga keindahannya.

Hal lain yang menarik adalah di dalam gua terdapat 8 diorama patung yang terdiri dari 32 patung. Diorama ini menceritakan tentang kisah Raden Kamandaka atau yang lebih kita kenal sebagai Lutung kasarung.

Pemandangan di dalam gua semakin diperindah dengan banyak penerangan yang menyorot ke diorama sehingga memungkinkan para wisatawan dapat melihatnya dengan jelas.

Menurut para masyarakat, jaman dahulu saat Raden Kamandaka dikejar prajurit Kadipaten Pasir Luhur, beliau bersembunyi di Gua Jatijajar. Dia mengaku sebagai putra Raja Pajajaran. Dari situlah munculnya sejatine yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah “sebenarnya” dan Pajajaran.

Baca juga  Inilah Informasi Mengenai Candi Lumbung

Selain itu kamu juga akan menemukan mata air di dalam gua yang airnya tidak pernah surut walaupun saat kemarau. Beberapa sendang yang ditemukan di dalamnya menyimpan mitos yang berbeda-beda.

Berdasarkan kepercayaan yang beredar, sendang Puser Bumi dan Jombor airnya berguna untuk berbagai macam tujuan. Bila kamu ingin awet muda , gunakanlah airnya untuk cuci muka ataupun mandi. Sedangkan air sungai kantil ini dipercaya dapat membuatmu dapat mencapai cita-cita. Nah, sangat menarik bukan? Jadi kamu bisa menjadikan Gua Jatijajar ini sebagai pilihan wisatamu.

 

Baca Juga : Inilah Daya Tarik Kampung Batik Semarang Yang Sangat Mengagumkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *