2 Cara Mengatasi Gusi Bengkak

gusi bengkak

Apakah kamu merasakan gangguan gusi bengkak yang menyakitkan? Bagi sebagian orang, mengalami gangguan gusi yang satu ini mampu membuat badan menjadi merasakan imbasnya. Selain menyakitkan, dengan adanya gangguan gusi juga membuat makan terasa tidak enak.

Jika kamu pernah mengalaminya, mungkin kamu juga pernah bertanya-tanya mengenai cara untuk mengatasinya. Kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Namun sebelum menuju ke cara mengatasi gangguan gusi ini, kamu perlu memahami beberapa penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab gusi bengkak

gusi bengkak

Gusi dalam kondisi bengkak biasanya disebabkan oleh adanya lak atau karang gigi yang telah menumpuk. Karena plak merupakan hasil reaksi dengan bakteri, maka bakteri juga akan menginfeksi gusi. Kesehatan gusi akan terganggu jika plak atau karang gigi dalam skala yang besar.

Selain itu, penyebab lain adalah kurangnya asupan vitamin C pada tubuh atau yang dikenal dengan nama skorbut. Jika plak menjadi faktor utama adanya gusi yang membengkak disertai kekurangan vitamin C maka kondisinya akan lebih parah.

Penyebab lainnya yang mungkin mendasari adanya gusi bengkak adalah adanya kesalahan dalam pemasangan gigi palsu, kemudian alergi terhadap pasta gigi serta adanya virus lain.

Setelah membahas mengenai penyebabnya, kini beralih kedalam sesi cara mengatasinya.

Bengkak ringan

Bagi kamu yang memiliki gangguan gusi yang masih ringan pembengkakannya, kamu bisa mengatasinya dengan menjaga kebersihan mulut. Sikat gigi dua kali sehari harus menjadi kebiasaan kamu.

Intinya, fokus kamu adalah pada kebersihan gigi. Flossing dan memilih jenis makanan yang baik dibutuhkan untuk menyehatkan gusi.

Bengkak parah

Untuk kondisi pembengkakan yang sudah parah, maka kamu harus menemui dokter untuk mengatasinya. Dokter biasanya akan melakukan pengecekan terhadap faktor yang mempengaruhi pembengkakan tersebut.

Baca juga  Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Jika pembengkakan disebabkan oleh plak, maka dokter akan melakukan proses pembersihan bernama scalling. Beberapa prosedur pengobatan mungkin akan dilakukan jika kasusnya berbeda.

Untuk itu, jika kamu mengalami pembengkakan gusi, sebaiknya segera kunjungi dokter gigi jika tidak kunjung reda dalam waktu satu minggu. Hal ini akan mempercepat pengobatan sehingga pengaruhnya ke badan menjadi berkurang. Jangan salah, terkadang gusi bengkak mampu membuat kepala pusing dan badan seperti demam.

 

Baca Juga : Inilah Informasi Seputar Disleksia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *