Berniat Untuk Menggapai Kawah Ratu di Gunung Salak? Siapkan Nyalimu Dulu!

kawah ratu c

Pernah mendengar tentang Kawah Ratu? Kawah ini merupakan kawah yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa indah. Siapa sangka jika kawah mengagumkan ini ternyata berada di tempat yang dianggap memiliki aura mistis tinggi dan tersembunyi di Gunung Salak. Ciri khas paling menonjol dari objek wisata ini dapat kamu rasakan dari jarak radius 5 kilometer. Dalam jarak tersebut kamu sudah bisa mencium bau menyengatnya belerang.

Rute Mencapai Kawah Ratu

kawah ratu

 

Kawah ini memiliki tiga pilihan jalur, yaitu;

1. Jalur Gunung Bunder via Pasir Rengit

Jalur pertama untuk menuju ke Kawah Ratu ini memiliki panjang jalur 3.5 kilometer. Sedangkan untuk waktu tempuh normal dibutuhkan 2.5 jam.

2. Jalur Gunung Bunder via Curug Seribu

Jalur kedua ini memiliki panjang tracking 5 kilometer yang kira-kira dapat ditempuh kurang lebih dalam waktu 3 sampai 4 jam perjalanan normal.

3. Via Bumi Perkemahan Cidahu-Sukabumi

Jalur ketiga ini berjarak sekitar 4.5 kilometer. Diantara ketiga jalur tersebut, jalur Bumi Perkemahan Cidahu-Sukabumi inilah yang paling jauh.

Tips Wisata Alam ke Kawah Ratu

  • Pilihlah waktu terbaik untuk berkunjung ke sini

Kawah ratu merupakan salah satu kawah yang masih aktif dan selalu mengeluarkan asap belerang, sehingga jika kamu ingin berkunjung ke sini, waktu terbaiknya adalah saat pagi hari. Saat pagi, kawah belum terlalu mengeluarkan asap dengan bau belerang yang kuat. Sedangkan semakin siang dan sore, belerang akan semakin besar di keluarga sehingga baunya pun sangat menyengat.

  • Tidak direkomendasikan untuk berkemah di dekat kawah

Belerang memiliki dua mata, baik positif maupun negative. Belerang di Kawah Ratu termasuk sangat berbahaya jika tercium oleh hidup manusia terlalu banyak. Jadi tips menjelajah wisata alam Kawah Ratu berikutnya adalah untuk tidak berkemah di dekat kawasan kawah.

Baca juga  Rekomendasi Tempat wisata di Batam Paling Keren

 

  • Persiapkan Fisik dan Mental

Persiapan fisik dan mental sangat dibutuhkan untuk menjelajah alam liar. Rute menuju ke Kawah Ratu cukup ekstrem dengan jalan berliku. Terdapat pula jalan setapak dan hutan-hutan yang dihuni oleh berbagai jenis binatang buas, diantaranya babi hutan, ular, dan macan.

  • Wajib membawa pendamping atau tour guide

Semahir apapun kamu menjelajah ke alam liar, jangan sekali-kali untuk pergi ke Kawah Ratu seorang diri tanpa seorang pendamping atau tour guide. Selain keganasan trek, kawasan yang masih termasuk wilayah Gunung Salak sangat kental dengan aura mistisnya, jadi berhati-hatilah.

Memang cukup sulit untuk bisa menggapai Kawah Ratu yang terkenal dengan panorama keindahannya yang mampu menghipnotis setiap mata yang memandangnya. Meskipun demikian, jika kamu para petualang sejati pasti tidak akan menjadikan itu semua rintangan, bahkan sebaliknya bisa memacu adrenalin. Bonusnya lagi di sepanjang perjalanan menuju kawah kamu akan disuguhi pemandangan yang aduhai menawan luar biasa, lengkap dengan udaranya yang sejuk dan suara merdu nyanyian alam hewan liar seperti burung dan serangga.

 

Baca Juga : INILAH GUNUNG WAYANG : GUNUNG PEMASOK ENERGI DI PULAU JAWA DAN BALI DENGAN CERITA SASAKALANYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *