Terakurat.com – Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi – Setiap smartphone pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan Smartphone Xiaomi, brand asal Tiongkok. Xiaomi kerap kali menjadi sorotan publik, mengingat beberapa model ponsel ini dikenal dengan sebutan Flagship killer.

Xiaomi sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun pada tahun 2010 dan saat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di China.

Di pasar indonesia sendiri, Xiaomi berhasil menduduki posisi kedua mengalahkan Oppo dan Vivo. Salah satu yang menjadi daya tarik ponsel Xiaomi adalah harganya yang yang cenderung murah dan kualitasnya pun juga baik.

Namun, dibalik larisnya ponsel Xiaomi di Indonesia, smarphone yang dikenal murah dan memiliki spesifikasi yang berkualitas ini ternyata memiliki kekurangan dan kelebihan.

Nah, berikut ini kelebihan dan kekurangan Xiaomu yang dirangkum dari berbagai sumber.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi

Source : GeekTech

Kelebihannya

  • Harga yang Relatif Murah

Smartphone keluaran Xiaomi hampir semuanya dibandrol dengan harga yang murah. Bisa dikatakan harganya relatif lebih murah dibanding dengan spesifikasi yang sama dari yang lain.

Penerapan harga yang relatif murah ini merupakan hal yang wajar, mengingat segmen pasar Xiaomi adalah menengah ke bawah.

Usut punya usut, harga ponsel xiaomi ini bisa menjadi murah seperti ini karena menggunakan strategi Hungry Marketing.

Hungry Marketing sendiri adalah cara mengelola perusahaan dengan membawa produknya ke pasaran dengan harga yang menarik untuk memikat hati pelanggan potensial yang kemudian dibatasi pasokannya.

Pembatasan pasokan inilah yang membuat rasa penasaran dipasar, sehingga permintaan menlonjak naik. Dalam penerapannya strategi tersebut, Xiaomi menggunakan cara penjualan flash sale dengan jumlah pasokan barang yang terbatas.

  • Dukungan Komunitas yang Kuat
Baca juga  Fakta-Fakta Unik Quokka, Hewan Berkantung Paling Bahagia di Dunia

Karena harga smartphone Xiaomi relatif murah, lantas membuat orang menjadi penasaran dengan produk asal Negri China ini. Hingga akhirnya para pengguna Xiaomi banyak yang membuat komunitas, komunitas tersebut diberinama sebagai Mi Fans.

Hadirnya komunitas tersebut, menjadikannya salah satu strategi penjualannya Xiaomi. Hingga pada akhirnya Xiaomi lebih memanjakan komunitas dibanding harus melakukan pemasarannya ke media.

Hal ini terlihat dari diizinkannya para pengguna untuk melakukan ekploitasi system atau root tanpa menghanguskan garansi.

Tak hanya itu saja, Xiaomi juga memberikan keuntungan lain bagi komunitasnya diantaranya memanjakan komunitas dengan melibatkannya ke even perluncuran produk baru xiaomi.

  • MIUI

Tak hanya Komunitas besarnya saja, kelebihan ponsel Xiaomi lainnya dapat ditemukan pada perlengkapannya. MIUI dikenal karena memiliki tampilan yang mirip seperti iOS dan TouchWizz.

Xiaomi memiliki Interface MIUI, MIUI sendiri adalah firmware dari Xiaomi atau bisa dibilang OS berbasis android yang telah ditambahkan beberapa fitur agar lebih nyaman saat menggunakannya.

Produksi Perusahaan yang Inovatif

  • Diproduksi oleh Perusahaan yang Inovatif

Xiaomi banyak melakukan gebrakan dalam mengembangkan perusahaannya, hal inilah yang membuat Xiaomi banyak dilirik dan di perbincangkan oleh publik.

Bahkan Xiaomi sendiri mampu mengungguli perusahaan besar seperti Intel, Huawei, Dell dan Honda.

Diakui sebagai perusahaan yang inovatif dikarenakan produk Xiaomi khususnya Smartphone memiliki value yang tinggi.

  • Desain yang Elegan

Smartphone yang di produksi oleh Xiaomi hadir dengan desain yang unik dan elegan. Desain yang dirancang untuk ponselnya ini ingin menunjukan identitas agar dikenali dan menjadi kelebihan tersendiri dari produknya.

Kelemahan Smartphone Xiaomi

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi

Meski memiliki beragam kelebihan, ponsel ini tak luput dari kekurangan. Nah, berikut ini beberapa kelemahan Smartphone Xiaomi.

  • Terlalu Banyaknya Distributor
Baca juga  Game Seru Buat Ngabuburit Nunggu Waktu Buka Puasa Tiba

Bagi kamu yang ingin memiliki ponsel Xiaomi, harap berhati-hati karena banyak tipe ponselnya yang akhirnya masuk tanpa melalui jalur yang resmi, atau biasa disebut dengan garansi distributor.

Xiaomi bergaransi distributor jika mengalami kendala pada software atau hardware maka dapat dipastikan tidak akan bisa di perbaiki di gerai resmi Xiaomi.

  • Rom Abal-Abal

Jika kamu membeli Xiaomi dengan garansi resmi maka dipastikan tidak akan mendapat ROM yang abal-abal. Berbeda dengan distributor karena ROM abal-abal meski tidak semuanya.

Hadirnya Xiaomi dengan ROM abal-abal ini merupakan efek dari terbatasnya stok ponsel Xiaomi yang masuk ke indonesia, padahal permintaanya cukup tinggi.

Untuk menyiasati hal tersebut, banyak distributor yang mengambil langsung ponsel xiaomi langngng dari China agar bisa dibawa ke indonesia maka ROM-nya telah diganti menjadi versi distributor.

Jika sudah begini maka anda tidak bisa melakukan upgrade MIUI Official.

  • Harga Jual Anjlok

Jika anda berniat menjual kembali Ponsel Xiaomi lama mu, maka sebaiknya jangan berharap banyak terhadap harganya. Pasalnya harga jual smartphone Xiaomi lama dikenal cukup anjlok, hal ini dikarenakan Xiaomi sering mengeluarkan produk ponsel bari.

Nah, itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi yang harus kammu tahu sebelum membeli produk Xiaomi ini.

Baca juga : Android 11 dirilis? Ini dia Beberapa Fitur Barunya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here