terakurat.comkhasiat– Chamomile merupakan bunga berwarna putih yang memiliki karakteristik seperti bunga Daisy. Nama bunga ini berasal dari bahasa Yunani, khamaimlon, yang berarti apel bumi. Chamomile atau Chamomile Jerman adalah tumbuhan semusim dari keluarga bunga Matahari Asteraceae. Tanaman ini tumbuh di seluruh wilayah Eropa dan wilayah Asia yang memiliki 4 musim.

republika.co.id

Chamomile juga telah tersebar luas di Amerika Utara dan Australia oleh manusia. Chamomile memerlukan tanah yang terbuka untuk dapat tumbuh, biasanya tumbuh secara liar di pinggir jalan, tempat penampungan sampah, atau di ladang-ladang. Tanaman chamomile dapat tumbuh setinggi 15 sampai 60 cm.

Daunnya yang panjang dan kecil berkelompok dua atau tiga daun dalam satu tangkai. Bunga chamomile yang paling umum digunakan untuk menjadi teh adalah Chamomile Jerman (Matricaria recutita) dan Chamomile Roma (Chamaemelum nobile). Tradisi minum teh dari chamomile ini dapat dilacak sampai ke zaman Mesir Kuno di mana teh chamomile berfungsi untuk menyembuhkan demam dan pilek.

doktersehat.com

Teh chamomile juga menjadi minuman yang sering ditemui dalam hidangan kekaisaran Roma. Teh chamomile dipercaya orang sebagai salah satu bentuk pengobatan tradisional yang masih bertahan hingga sekarang. Dalam sebuah jurnal berjudul ‘Chamomile: A herbal medicine of the past with bright future’ mengatakan salah satu keuntungan mengonsumsi teh chamomile adalah adanya penurunan tingkat risiko kanker.

Teh Chamomile juga mengandung Chamazulene, senyawa kimia aromatik yang memiliki sifat antiinflamasi, analgesik, dan antispasmodik. Mau tau manfaat apa saja yang kamu dapatkan jika meminum teh Chamomile?

1. Mencegah arthritis.

Arthritis adalah suatu kondisi yang merupakan hasil peradangan pada persendian dan jaringan otot. Ini adalah kondisi menyiksa yang termasuk pada kategori penyakit kronis. Namun, kemampuan anti-inflamasi yang terkonsentrasi dari minyak esensial chamomile membantu menembus lapisan kulit secara mendalam dan menenangkan peradangan pada persendian.

Baca juga  7 Pola Makan Diet Sehat Terbaik

Manfaat minyak chamomile juga dapat diterapkan di bagian lain tubuh lain seperti punggung bawah atau lutut untuk menghilangkan rasa sakit. Meski banyak manfaat chamomile yang bisa Anda dapatkan, hal lain yang juga tidak boleh luput dari perhatian adalah chamomile bisa berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki seperti alergi.

Orang dengan riwayat alergi parah harus menghindari chamomile, karena reaksi alergi bisa bertambah parah seiring berjalannya waktu. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

2. Mengatasi gangguan perut.

Beberapa masalah perut seperti gangguan pencernaan, kram, asam, dan gas mampu diminimalkan secara efektif dengan teh chamomile. Sebab kandungan sifat antibakteri dan anti inflamasi di dalamnya mampu menurunkan rasa sakit di usus yang menyebabkan berbagai macam masalah perut.

3. Menyembuhkan luka.

Sejak jaman dahulu, teh chamomile dikenal sebagai obat alami untuk mempercepat penyembuhan luka. Bermanfaat agar luka cepat mengering.

4. Menyehatkan radang kulit.

Pembengkakan dan peradangan pada kulit mampu disembuhkan dengan teh chamomile. Sebab tanaman ini mempunyai efek untuk melawan bakteri penyebab infeksi.

5. Menyembuhkan migrain.

Migrain mampu membuat Anda merasa mual, mengaburkan penglihatan, dan tentu saja rasa sakit yang amat sangat. Apabila Anda menderitanya, maka cobalah untuk mengonsumsi teh chamomile. Kandungan alami di dalamnya baik untuk meringankan serangan migrain.

6. Mengatasi depresi.

Manfaat minyak chamomile sering kali digunakan untuk mengatasi masalah depresi. Hal ini lantaran aroma minyak chamomile mampu menenangkan pikiran. Pengobatan depresi menggunakan minyak chamomile sendiri telah dilakukan oleh orang Italia, Sardinia hingga Brazil sejak lama.

7. Mencegah insomnia.

Mengidap insomnia ternyata juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya membuat Anda lebih lemah dan lesu, insomnia juga memicu penyakit lain. Namun, insomnia dapat diatasi dengan minyak chamomile. Manfaat chamomile ini didapatkan karena karena aroma dari minyak chamomile akan membuat Anda lebih rileks dan mengantuk, sebuah kondisi yang membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Baca juga  Kenalilah 7 Penyebab Hipoglikemia

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika Anda rajin mengonsumsi lebih dari 2 cangkir teh chamomile sehari, maka sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat dengan tajam. Sebab unsur antibakteri di dalamnya baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat.

9. Mengurangi nyeri haid.

Manfaat chamomile juga bisa didapatkan oleh wanita yang sedang haid. Beberapa penelitian telah menghubungkan teh chamomile dengan kemampuannya mengurangi keparahan kram saat menstruasi. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi teh chamomile selama sebulan bisa mengurangi kram dan nyeri saat menstruasi.

10. Mencegah diabetes.

Mengonsumsi teh chamomile secara rutin setiap hari baik untuk menurunkan kadar gula darah. Sehingga Anda pun dapat terhindar dari penyakit diabetes. 11. Memperlambat osteoporosis Manfaat chamomile yang tidak disangka adalah kemampuannya mengatasi osteoporosis. Osteoporosis adalah hilangnya kepadatan tulang secara progresif.

Kondisi ini meningkatkan risiko patah tulang dan postur membungkuk. Orang-orang yang berisiko tinggi mengembangkan osteoporosis adalah wanita menopause. Selain itu, kondisi ini juga bisa terkait dengan hormon estrogen pada tubuh wanita. Sebuah penelitian menemukan bahwa teh chamomile memiliki efek anti-estrogenik.

Dimana hal inilah yang membantu mempromosikan kepadatan tulang. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan terkait manfaat chamomile ini.

12. Pencegahan kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh chamomile dapat melawan sel kanker dan mencegah sel-sel tersebut berkembang. Meski begitu, temuan terkait hal itu harus dilakukan penelitian lanjutan karena beberapa penelitian masih dilakukan pada hewan.

13. Kesehatan jantung.

Manfaat minyak chamomile lainnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoidnya tinggi. Flavonoid dipercaya mengurangi ketegangan di pembuluh darah. Sifat menenangkan chamomile bermanifestasi dalam minyak esensial untuk menenangkan sistem saraf yang memungkinkan aliran darah yang cukup ke-dan-dari jantung.

Baca juga  Cefadroxil itu Obat Apa? Petunjuk dan Manfaat Obat Antibiotik Cefadroxil

14. Baik untuk rambut.

Banyak orang merasakan manfaat dari teh chamomile pada rambutnya. Dengan zat anti inflamasinya, teh chamomile yang rutin di konsumsi akan meringankan iritasi kulit kepala bagi Anda yang suka gatal di kepala. Selain itu senyawa fenoliknya mampu membuat rambut indah Anda kuat per helainya, serta rambut terlihat lebih lebat dan lembut.

15. Berfungsi sebagai antiaging.

Antioksidan ini juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel dan jaringan. Teh chamomile juga membantu mengencangkan pori-pori dan memperlaba penuaan. Gunakan seduhan teh chamomile untuk masker setiap minggu untuk hasil yang maksimal.

16. Mencerahkan kulit.

Chamomile dapat digunakan sebagai pemutih kulit. Hal ini berdasar pada manfaat bunga chamomile yang dapat digunakan untuk cleansing (membersihkan) dan melembabkan kulit, mengandung antioksidan yang kuat, dan efek anti-penuaan (anti-aging).

Karena khasiat dan manfaat bunga chamomile untuk kecantikan, tak heran jika banyak produk perawatan kecantikan yang mengandung chamomile. Misalnya teh chamomile, bedak, serum, pelembab dan sebagainya. Hal ini bisa menjadi alternatif produk perawatan kecantikan anda.

Pilihlah yang telah terdaftar di bpom yang terjamin keamanan dan kualitasnya. Namun, tetap rawat kecantikan anda secara langsung dengan banyak minum air putih, banyak makan buah dan sayur, olahraga dan istirahat secukupnya. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here